Sukses

Cerita Jemaah Malaysia Tersesat ke Kantor Haji Indonesia

Seorang jemaah haji asal negara tetangga Malaysia, tersesat dan diantar warga setempat ke Kantor Haji Indonesia di Madinah.

Liputan6.com, Madinah - Ribuan jemaah haji Indonesia sudah tiba di Madinah sejak keberangkatan hari pertama, Jumat 28 Juli 2017. Sejak hari itu, tidak sedikit jemaah haji Indonesia yang tersesat di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi.

Namun, tak hanya jemaah asal Indonesia yang tersesat. Seorang jemaah haji asal negara tetangga, Malaysia, juga tersesat dan diantar warga setempat ke Kantor Haji Indonesia di Madinah.

"Oh Indonesia (Kantor Haji Indonesia), bukan Malaysia?" tanya jemaah asal Malaysia yang diketahui bernama Mustafa ini di Kantor Jemaah Haji Indonesia daerah Madinah, Minggu 30 Juli 2017.

Meski bukan jemaah asal Tanah Air, Petugas Perlindungan Jemaah (Linjam) Jemaah Haji Indonesia tetap melayani Mustafa dengan ramah. Petugas Linjam membawa Mustafa masuk ke dalam kantor dan menawarkan Mustafa makanan.

Berdasarkan pengecekan identitas dan wawancara singkat, Mustafa berasal dari Kelantan. Dia pergi berhaji seorang diri tanpa ditemani istrinya yang sudah berhaji pada 2014.

Mustafa berusia 70 tahun, ia tiba di Madinah pada Minggu pagi hari dan tinggal di Zona 3. Dia tak tahu arah sepulang dari Masjid Nabawi dan akhirnya tersesat ke dekat Kantor Misi Haji Indonesia.

Kantor Misi Haji Indonesia merupakan pusat layanan haji yang juga berfungsi sebagai kantor Daerah Kerja (Daker) Madinah. Di tempat tersebut ada petugas data, bimbingan ibadah, Linjam, dan lain-lain. Di luar daker, petugas tersebar di sekitar Masjid Nabawi dan pemondokan.


Saksikan video menarik di bawah ini:

Â