Sukses

Lihat Hilal Ramadan, Baca Doa Ini

Untuk menentukan 1 Ramadan, umat Islam biasa menggunakan metode melihat hilal selain hisab.

Jakarta Sebentar lagi, umat Islam akan merayakan Bulan Suci Ramadan 2018. Untuk menentukan awal puasa, melihat hilal merupakan salah satu metode yang digunakan.

Metode ini sebenarnya bisa digunakan untuk menentukan awal tiap bulan. Tetapi, umat Islam lebih sering menggunakannya saat akan Ramadan dan Syawal serta Zulhijah.

Sebab, ketiganya adalah bulan inti dalam ajaran Islam. Ramadan adalah bulan puasa, Syawal merupakan bulan fitri, sedangkan Zulhijah dikenal bulan haji.

Hilal bisa disaksikan di ruang terbuka. Bisa dengan mata telanjang atau menggunakan alat.

Ketika melihat hilal, Rasulullah Muhammad SAW menganjurkan kita membaca doa ini. Doa tersebut terdapat dalam hadis riwayat Ahmad.

Allahu akbar, Allahumma ahillahu 'alainaa bilamni wal iimaan, wassalaamati wal islaami, wat taufiiqi limaa nukhibbu wa tardlaa, rabbanaa wa rabbukallaah.

Artinya:

"Allah Maha Besar, Ya Allah jadikanlah hilal itu bagi kami dengan membawa keamanan dan keimanan, keselamatan dan Islam, dan membawa taufik yang membimbing kami menuju apa yang Engkau cintai dan Engkau ridhai. Tuhan kami dan Tuhan kamu (wahai bulan), adalah Allah."

Sumber: Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini