Sukses

Kurangi Angka Kecelakaan, Kemenhub Buka Layanan Mudik Gratis

Tak hanya dari Kementerian Perhubungan, 62 perusahaan BUMN melalui Jasa Raharja juga menawarkan fasilitas mudik gratis.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan menyediakan fasilitas mudik gratis bagi masyarakat. Pelayanan mudik gratis ini dilakukan pemerintah untuk meminimalisir angka kecelakaan pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Seperti ditayangkan Liputan6SCTV, Rabu (16/5/2018), berbagai moda transportasi disiapkan untuk mengangkut calon pemudik seperti bus, kereta, kapal laut, hingga Kapal Roro milik Kementerian Perhubungan. Tingginya minat calon penumpang membuat pendaftaran mudik gratis dengan menggunakan bus dan kereta untuk mengangkut motor sudah penuh.

"Jadi untuk yang mudik gratis di Kementerian Perhubungan, kapal laut dari Dirjen Kapal Laut, kereta api dari Dirjen Kereta api. Tapi kereta jauh hari sudah terpenuhi karena mereka polanya adalah masyarakat membeli tiket yang membawa sepeda motor langsung masuk hari itu juga," ujar Dirjen Hubungan Darat Kemenhub Budi Setyadi.

Namun demikian, calon pemudik tidak perlu khawatir karena masih ada tiga unit Kapal Roro yang masih tersedia. Sekitar 60 persen kursi masih terbuka untuk calon penumpang dengan tujuan Lampung, Semarang, dan Surabaya.

Tak hanya dari Kementerian Perhubungan, 62 perusahaan BUMN melalui Jasa Raharja juga menawarkan fasilitas mudik gratis dengan menggunakan bus, kereta, kapal laut, hingga pesawat, untuk 173 kota tujuan seluruh Indonesia. Bagi Anda yang tertarik ikut mudik gratis, Anda bisa mendaftar dengan datang langsung ke Kantor Kementerian Perhubungan di Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.