Sukses

Romantisme Pasangan Tertua Asal Solo Tak Pudar di Tanah Suci

Kulit keduanya pun sudah keriput. Tetapi keduanya masih bersemangat ke Tanah Suci.

Liputan6.com, Jakarta - Usia lanjut tak menghalangi kemesraan pasangan suami istri jemaah calon haji Mubin Safaan Sanadi dan Toyimah Ahmad Ngali asal Boyolali, Solo, Jawa Tengah. Mubin berusia 91 tahun dan Toyimah lima bulan lebih tua.

Kulit keduanya pun sudah keriput. Tetapi keduanya masih bersemangat ke Tanah Suci. Gurat usia di paras tak mampu menutup aura bahagia mereka.

"Alhamdulillah saget minggah haji, Alhamdulillah ya Alloh nggih mas (Alhamdulillah bisa naik haji, Alhamdulillah ya Allah ya mas)," ujar Toyimah, Rabu 1 Agustus 2018.

Pada pukul 10.00 waktu Arab Saudi (WAS), pasangan renta yang tergabung pada kloter 51 Embarkasi Solo ini tiba di asrama. Mereka tergabung dengan 355 jemaah dan lima petugas dari Boyolali. Keduanya menjadi jemaah calon haji tertua di kloter itu.

Toyimah mengaku sangat bahagia. Meski harus mengurus sang suami karena secara fisik jauh lebih lemah darinya, dia berjanji tak akan merepotkan orang lain selama di Tanah Suci menjalankan ibadah haji. Dia bertekad mengurus sang suami sekuat tenaga.

"Ngladeni bojo kanti ikhlas niku jalaran Allah paring sehat kalih kulo. (Melayani suami dengan ikhlas itulah penyebab Allah memberikan kesehatan kepada saya)," kata Toyimah sembari menyuapi suami tercinta.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kunci Sehat

Toyimah yang memiliki lima anak dan 23 cucu ini mengaku tidak mengonsumsi obat maupun jamu untuk menjaga kesehatannya. Satu-satu kunci sehat, kata dia, adalah menerima pemberian Allah dengan ikhlas dan terus bersyukur.

"Kulo kalih mbah kakung wes sepuh nanging kulo mboten bade ngrusuhi rencang jamaah sanese. (Saya dan kakek sudah tua tetapi kami tidak akan merepotkan jemaah yang lain)," tegas Toyimah.

 

Reporter : Eko Huda S

Sumber  : Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.