Sukses

Doa Agar Lancar Berbicara di Depan Banyak Orang

Tidak semua orang memiliki kepandaian untuk berbicara di depan khalayak ramai

Liputan6.com, Jakarta - Tidak semua orang memiliki kepandaian untuk berbicara di depan khalayak ramai. Padahal kemampuan berbicara di depan umum adalah kemampuan yang wajib dimiliki oleh seseorang.

Terlebih bila orang tersebut harus sering melakukan presentasi, wawancara, pidato, atau dakwah. Selain berlatih untuk berbicara di depan khalayak ramai, ada doa untuk membantu melancarkan hal tersebut.

Ini berangkat dari kisah Nabi Musa AS yang tak lancar berbicara di depan umum. Alkisah, usai mendapat wahyu dari Allah SWT, Nabi Musa diperintahkan untuk menyampaikan wahyu tersebut kepada Firaun.

Namun beliau ragu dan takut tak lancar berbicara lantaran lidahnya akibat menelan bara api saat masih bayi. Untuk itu, Nabi Musa memanjatkan doa agar Allah memberikan kemudahan berbicara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bunyi doanya

Doa tersebut diabadikan dalam Al-Quran surat Thaha ayat 25-28. Berikut bunyinya:

"Robbishrohli shod'ri, wayassirlii amrii, wakhlul 'uqdatammil lisani, yafqohu qouli."

Arti doa tersebut adalah:

" Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku dan mudahkanlah untukku urusanku dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku supaya mereka mengerti perkataanku."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.