Sukses

8 Kegiatan Ngabuburit Bersama Anak di Rumah

Lakukan kegiatan seru saat ngabuburit bersama anak.

Liputan6.com, Jakarta Kegiatan ngabuburit bersama anak di rumah tentu akan sangat bermakna jika sudah dipersiapkan sejak awal. Anak akan menjadi lebih bisa memaknai momen menunggu buka puasa tiba dengan gembira. Tidak merasa terbebani dan justru membuatnya ketagihan dengan adanya momen puasa di bulan Ramadan.

Anak bisa menjadi lebih produktif dan tidak malas-malasan. Karena kebanyakan anak-anak bahkan kita juga seringkali malas-malasan kalau sudah merasa lapar. Apalagi kalau sudah sore hari, perut sudah keroncongan dan hausnya luar biasa. Pasti sudah bisa membayangkan bagaimana perasaan anak yang tidak biasa berpuasa bukan? Jadi penting sekali untuk merencanakan kegiatan ngabuburit bersama anak di rumah.

Manfaat dari kegiatan ngabuburit bersama anak di rumah ini juga tidak hanya anak yang akan merasakan. Tetapi orang tua juga akan menjadi lebih bersemangat karena melihat anaknya begitu bahagia dan gembira di dekatnya. Jika dibandingkan dengan membiarkannya bermain di luar rumah, tentu akan lebih tenang ketika mereka ada di dalam rumah dan bisa dipantau bukan?

Nah, berikut kegiatan ngabuburit bersama anak di rumah yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (17/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kegiatan Ngabuburit Bersama Anak di Rumah

1. Crafting

Kegiatan ngabuburit bersama anak di rumah salah satunya adalah dengan crafting atau membuat kerajinan tangan. Misalnya saja melukis, membuat kotak untuk wadah mainan, membuat mainan seperti layang-layang, merangkai bunga, atau juga membuat hiasan-hiasan kamar. Dengan kegiatan ini tentu anak menjadi lebih produktif dan menjadi lupa kalau sedang menahan haus dan lapar.

Kerajianan yang dibuat bisa disesuaikan dengan yang disenangi anak ya. Karena kalau anak tidak suka dengan kerajinan yang mereka buat, justru akan membuatnya cepat bosan. Coba sesekali tanya kemauan anak dan pahami apa yang mereka senangi.

Jika anak sudah terbiasa dan merasa dihargai pendapatnya, barulah kita mengajaknya membuat sesuatu yang lebih bermakna. Misalnya saja mengajak anak untuk membuat celengan sedekah dari botol. Dengan celengan ini, anak akan lebih memahami dan lebih rajin bersedekah karena celengannya dibuat sendiri.

2. Berolahraga

Olahraga ini kegiatan yang seringkali dilupakan saat bulan Ramadan tiba. Namun siapa sangka sebenarnya anak-anak ini menyukainya. Bukan olahraga yang berat seperti lari, lompat, dan bersepada. Tetapi olahraga untuk mengisi kegiatan ngabuburit bersama anak di rumah bisa dengan mengajaknya yoga atau senam-senam ringan.

Coba saja, pasti anak akan lebih bahagia menimati momen menunggu buka puasa tiba. Selain bahagia, mereka juga pasti akan lebih memahami makna berolahraga dan puasa. Karena berpuasa belum tentu tidak bisa berolahraga.

3 dari 5 halaman

Kegiatan Ngabuburit Bersama Anak di Rumah

3. Memasak

Memasak ini bisa dijadikan salah satu kegiatan ngabuburit bersama anak di rumah. Misalnya saja dengan memintanya memotong sayuran, memecah telur, menguleni adonan, membuat es buah, sampai menyiapkan makanan di meja makan. Tetapi setelah anak selesai membantu, jangan lupa untuk memberinya apresiasi agar besok pagi dia akan lebih bersemangat lagi.

4. Bersih-Bersih

Kagiatan bersih-bersih ini bisa dilakukan untuk menunggu waktu buka puasa tiba loh. Apalagi kalau bersih-bersihnya ini ditemani oleh anak. Pasti akan lebih lucu dan seru. Misalnya saja dengan mengajak anak membersihkan rumah dan mainan bersama. Sampai menyapu halaman rumah dan menyiram tanaman di kebun belakang rumah. Karena tidak ada anak yang tidak suka bermain air bukan?

Nah, kegiatan bersih-bersih ini tentu akan membuat anak lebih produktif dan tidak malas-malasan lagi. Selain itu juga bisa mengajarkan anak untuk lebih bertanggung jawab, inisiatif, dan mandiri. Dan yang tidak kalah penting, kegiatan ini juga bisa meningkatkan bonding antara ibu dan anak.

 

4 dari 5 halaman

Kegiatan Ngabuburit Bersama Anak di Rumah

5. Beribadah

Mengajak anak belajar membaca iqro dan mengenalkannya pada huruf hijaiyah. Mengajarnya cara salat yang benar, memakai sarung, atau juga mukena dan hijab yang benar. Kegiatan ini juga menarik untuk mengisi kegiatan ngabuburit bersama anak di rumah, sambil menanti adzan maghrib tiba. Sedangkan untuk anak-anak yang lebih kecil, bisa mengajaknya mendengarkan huruf-huruf hijaiyah dari youtube.

6. Menonton Film

Kagiatan ngabuburit bersama anak di rumah ini bisa diisi dengan menonton film juga loh. Karena tidak hanya orang dewasa yang menyukai film, anak-anak juga suka. Apalagi kalu menonton film kesukaannya.

Tapi jangan melulu menurutinya ya. Sesekali coba ajak dan bujuk anak untuk menyaksikan film yang menceritakan kisah para Nabi dan sahabatnya. Cara berdoa dan beribadah yang benar dari tayangan kartun Islami. Tanpa disadari juga mengisi kegiatan ngabuburit dengan menonton film ini sekaligus membuat anak mendapat bonus pengetahuan sejarah.

 

5 dari 5 halaman

Kegiatan Ngabuburit Bersama Anak di Rumah

7. Mendongeng

Mendongeng ini juga bisa dijadikan salah satu kegiatan ngabuburit bersama anak di rumah loh. Tidak harus mendongengkannya dengan kaku dengan membaca buku. Karena kebanyakan anak juga pasti akan bosan dan mengantuk jika si pendongeng sibuk melihat buku.

Kegiatan mendongeng ini bisa dengan menceritakan kisah sederhana dengan tetap fokus melihat mata anak ya. Dengan teknik ini anak akan menjadi lebih antusias mendengarkannya. Sampai membuat mereka lupa dengan rasa lapar dan haus yang sempat dikeluhkannya.

Bisa juga kegiatan mendongeng ini dengan mencoba melibatkan anak untuk mengajukan pertanyaan. Selain bisa merangsang kognitif dan logikanya tentu anak akan menjadi lebih senang. Apalagi jika dongeng yang dibawakan bersifat humor. Pasti gelak tawa juga akan terdengar di dalam rumah.

8. Bermain

Sesekali bisa dengan mengajak anak bermain untuk mengisi kegiatan ngabuburit bersama anak di rumah. Selain anak bisa beristirahat, pikiran anak juga akan lebih segar dan tidak terlalu tertekan dengan aktivitas-aktivitas berat selama di sekolah. Jangan lupa untuk bertanya kepada anak tentang permainan yang disukainya ya. Karena jika mengajak anak bermain tetapi anak tidak menyukai justru akan membuatnya marah dan bosan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini