Sukses

Bacaan Niat Sholat Tarawih dan Witir Beserta Artinya

Berikut niat salat tarawih sendiri, sebagai imam, dan sebagai makmum.

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadhan telah tiba. Semua ibadah yang dijalani oleh umat muslim akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Tak hanya ibadah wajib, kita pun dianjurkan untuk melaksanakan ibadah sunnah di bulan Ramadhan. Salah satu ibadah sunnah yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan yaitu sholat tarawih.

Sholat tarawih adalah ibadah sunnah yang hukumnya sunnah muakkad. Di bulan Ramadhan, sholat tarawih dilaksanakan setelah salat Isya secara berjamaah di masjid atau dilakukan sendiri di rumah.

Ibadah sholat ini disebut tarawih karena setiap orang yang mengerjakannya akan beristirahat sejenak di antara dua kali salam atau istirahat setiap empat rakaat.

Ada baiknya umat muslim tidak melewatkan sholat tarawih, ini karena sholat tarawih hanya ada di bulan Ramadhan dan pahalanya pun akan berlipat ganda. Berikut niat sholat tarawih dan witir sendiri, sebagai imam, dan sebagai makmum lengkap dengan caranya:

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Niat Sholat Tarawih

Niat Sholat Tarawih Sendiri

"Ushollii sunnatat-taroowiihi rok'ataini mustaqbilal qiblati lillaahi ta'alaa."

Artinya: "Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka'at menghadap kiblat karena Allah Ta'ala"

Niat Sholat Tarawih Sebagai Imam

Ushalli sunnatat Tarāwīhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā’an imāman lillaahi ta'alaa."

Artinya: "Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka'at menghadap kiblat, sebagai imam karena Allah Ta'ala"

Niat Sholat Tarawih Sebagai Makmum

"Ushalli sunnatat Tarāwīhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati adā’an ma’mūman lillāhi ta‘ālā."

Artinya: "Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka'at menghadap kiblat, sebagai makmum karena Allah Ta'ala"

3 dari 5 halaman

Niat Sholat Witir

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jumlah rakaat sholat tarawih yang umum dikerjakan antara 8 rakaat sholat tarawih ditambah 3 rakaat sholat witir. Meski begitu, masing-masing dikerjakan setiap 2 rakaat dan diakhiri dengan salam. Sholat tarawih sebaiknya ditutup dengan sholat witir yang jumlah rakaatnya ganjil.

Berikut niat sholat witir bervariasi, umumnya 1 rakaat atau 3 rakaat.

Niat sholat witir 1 rakaat salam

“Ushallii sunnatal witri rok 'ataini (mustaqbilal qiblati) lillaahi ta'alaa.”

Artinya: Saya niat salat witir satu rakaat (menghadap qiblat) karena Allah ta'alaa.

Niat sholat witir 3 rakaat 1 kali salam

“Ushallii sunnatal witri tsalaasa roka'aatain (mustaqbilal qiblati) lillaahi ta'alaa.”

Artinya: Saya berniat salat witir tiga rakaat (menghadap kiblat) karena Allah ta'alaa.

4 dari 5 halaman

Diperbolehkan Sholat Berjamaah di Masjid

Sejumlah kegiatan masyarakat sudah dilonggarkan menyusul kasus covid-19 yang sudah melandai. Di antara kelonggaran itu, dibolehkannya shalat tarawih berjemaah di masjid.

"Kita bisa longgarkan dan mudahkan untuk lakukan ibadah Ramadan dengan cara bisa lakukan ibadah salat tarawih di masjid, asalkan jaga protokol kesehatan," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat jumpa pers daring, Rabu 23 Maret 2022 lalu.

Menkes Budi Gunadi melanjutkan, guna meminimalisir adanya potensi penularan, masyarakat diminta kesadarannya untuk bisa melaksanakan vaksinasi secara lengkap dua dosis serta booster.

"Jadi pastikan suntikan vaksinasi sudah lengkap (dua dosis) plus booster. Pemerintah benar-benar mencoba memberi ruang lebih besar bagi seluruh umat Muslim di seluruh Indonesia untuk kali ini," tuturnya.

"Insya Allah kita bisa merayakan Ramadan dan Idul Fitri mendekati normal, tarawih bersama dan berkumpul bersama keluarga tanpa membahayakan," harap Budi.

Sementara itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) memperbolehkan salat berjemaah, baik rawatib, Jumat, tarawih, hingga id digelar dengan saf rapat. Pelonggaran ini menyusul kasus Covid-19 di Indonesia yang terus melandai.

5 dari 5 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.