Sukses

Dihubungkan dengan Tanda Kiamat, Ini 3 Fakta Ilmiah Penyebab Pegunungan Makkah Menghijau

Ramai kabar pegunungan di wilayah Makkah Arab Saudi menghijau, berubah warna menjadi hijau subur. Netizen menyorot pemandangan hijau yang tak lazim dan menghubungkannya dengan tanda-tanda kiamat

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu terakhir, warganey ramai membicarakan pegunungan Makkah menghijau. Perbukitan dan padang yang semula tandus berpasir berubah warna menjadi hijau subur.

Warganet menganggap fenomena ini tak lazim. Lantaran langka, segera saja warga Arab Saudi mengunjungi perbukitan nan hijau tersebut.

Situs New Arab melaporkan, banyak yang menikmati suasana hijau tersebut bersama dengan keluarga mereka, terutama di Al-Maghmas Park, Ain Shams, Al-Barza, Al-Bayda, Tafil, dan Hoda Al-Sham.

Sementara, warganet luar Arab Saudi, seperti Pakistan dan Indonesia, mengaitkan fenomena tersebut dengan tanda-tanda kiamat.

"Ini adalah salah satu tanda-tanda qayammat bahwa Makkah dan Medina akan hijau lagi," ujar seorang netizen Pakistan bernama Saqib.

Netizen Indonesia bernama Irfan menyebut "hari akhir sedang datang" dan saat ini adalah "zaman kegelapan."

Lantas apa sebenarnya yang membuat pegunungan Makkah Arab Saudi menghijau, benarkah kiamat sudah dekat? Berikut ini adalah fakta-fakta ilmiah yang mendukung menghijaunya perbukitan di Arab Saudi. 

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hujan Lebat

Mengutip situs The New Arab, Senin (9/1/2023), disebutkan bahwa pegunungan tersebut menghijau setelah hujan lebat yang turun di kerajaan Teluk dalam beberapa pekan terakhir.

Dalam video yang dibagikan di media sosial, wilayah pegunungan yang mengelilingi kota suci bagi umat Islam itu terlihat tertutup dengan warna hijau dan tanaman-tanaman, jauh dari sifat kering dan gersang biasanya.

Pemandangan pegunungan yang tidak biasa bahkan menarik perhatian akun Twitter resmi wilayah Makkah, yang kemudian memposting video tanaman hijau baru kota tersebut, mengumpulkan ribuan penayangan di media sosial.

3 dari 4 halaman

Hujan hingga Banjir di Barat dan Tengah Arab Saudi

Seperti diketahui, Kerajaan Teluk itu mengalami hujan lebat dan banjir di bagian barat dan tengah negara itu dalam beberapa pekan terakhir, mendorong sejumlah kota terendam air.

Curah hujan yang deras bahkan menyebabkan tertundanya debut Cristiano Ronaldo di Al-Nassr FC awal pekan ini, karena gangguan listrik di stadion.

4 dari 4 halaman

Tekanan Suhu dari Mesir dan Utara

Menurut situs Arabia Weather yang dikutip Senin 9 Januari 2023, hujan yang terjadi Arab Saudi karena adanya tekanan dari arah Mesir dan utara.

Di bagian barat Arab Saudi, tekanan tersebut terjadi bersamaan dengan adanya tekanan dari Laut Merah dan udara lembab di atmosfer. Walhasil, terjadi hujan yang terus-menerus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.