Sukses

Banyak yang Geram Emak-Emak Asyik Joget di Masjid Al-Jabbar, Ini Adab di Tempat Ibadah

Banyak pihak dibikin geram oleh ulah emak-emak yang joget-joget di Masjid Al-Jabbar, Gedebage, Bandung. Video ini viral beberapa waktu yang lalu dan menuai banyak komentar negatif

Liputan6.com, Jakarta - Banyak pihak dibikin geram oleh ulah emak-emak yang joget-joget di Masjid Al-Jabbar, Gedebage, Bandung. Video ini viral beberapa waktu yang lalu dan menuai banyak komentar negatif.

Nyaris seluruh warganet menyayangkan aksi tak terpuji emak-emak yang justru joget-joget dan merekamnya dengan kamera ponsel. Diduga, mereka tengah bikin konten.

Tak urung, orang nomor satu di Provinsi Jawa Barat, M Ridwan Kamil juga buka suara. Secara tegas, Gubernur Emil meminta warga untuk menghargai tempat ibadah, terkait adanya aksi ibu-ibu yang asyik berjoget di Masjid Al-Jabbar, Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat, dan video tersebut viral di ranah dunia maya.

"Mau sampah, mau ketidaktertiban, mau PKL, tolong hargai yang namanya tempat ibadah untuk ibadah," kata Ridwan Kamil ketika dimintai pendapatannya tentang video viral emak-emak joget di Masjid Al Jabbar, Jumat, dikutip Antara.

Orang nomor satu di Provinsi Jawa Barat ini juga meminta kepada warga yang berkunjung ke sebuah tempat ibadah untuk tidak melakukan hal-hal yang tak pantas dilakukan di tempat ibadah, seperti berjoget.

"Jangan melakukan hal-hal non ibadah di tempat ibadah. Itu saja," kata dia.

"Kalau saya elaborasi, pilarnya banyak, ya. Menyampah seharusnya tidak di tempat ibadah, melanggar ketertiban, berenang di tempat yang tidak seharusnya, bikin konten tiktok. Jadi ibadahlah di tempat ibadah. Silakan lakukan hal lain-lain tapi jangan di tempat ibadah."

Semestinya seseorang, baik muslim maupun nonmuslim, menghargai tempat ibadah termasuk masjid. Mereka harus memiliki tata krama. Berikut ini adalah adab di masjid.

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Adab di Dalam Masjid

Masjid merupakan tempat ibadah orang Islam. Oleh karena itu masjid harus dijaga kesuciannya.

Sebagai tempat peribadahan, ketika berada di dalam masjid seseorang dianjurkan untuk memperbanyak ibadah seperti mengerjakan shalat sunnah tahiyatul masjid, membaca Al-Quran, berdzikir, berdoa, dan kegiatan peribadahan lainnya semisal mengadakan pengajian atau majelis taklim.

Di dalam masjid kita juga harus menjaga adab dan tata krama seperti berpakaian yang sopan dan rapih, datang dan duduk dengan tenang, membaca doa ketika hendak masuk dan keluar masjid, serta menjaga kebersihan masjid.

Mengutip laman Islam, nu.or.id, berikut ini tata krama dan adab ketika di masjid:

1. Berjalan menuju masjid dengan tenang dan sopan.

2. Tidak melakukan kepentingan yang bersifat mencari keuntungan duniawi.

3. Tidak meludah di dalam masjid.

4. Menjaga bau mulut dan bau badan.

5. Tidak melakukan transaksi jual beli di dalam masjid.

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.