Sukses

Tak Akan Terjadi Kiamat Selama Masih Ada yang Mengamalkan Ini

Hari kiamat sudah pasti terjadi, sebagaimana janji Allah SWT dalam Al-Qur’an surah al-Hajj ayat 7. Dalam ayat tersebut ditegaskan bahwa hari akhir itu akan tiba. Tidak ada lagi keraguan lagi tentang datangnya hari kiamat.

Liputan6.com, Jakarta - Hari kiamat sudah pasti terjadi, sebagaimana janji Allah SWT dalam Al-Qur’an surah al-Hajj ayat 7. Dalam ayat tersebut ditegaskan bahwa hari akhir itu akan tiba. Tidak ada lagi keraguan lagi tentang datangnya hari kiamat.

وَّاَنَّ السَّاعَةَ اٰتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيْهَاۙ وَاَنَّ اللّٰهَ يَبْعَثُ مَنْ فِى الْقُبُوْرِ 

Artinya: “Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur.”

Meski sudah pasti terjadi, namun waktu datangnya hari kiamat tidak ada yang mengetahui selain Allah SWT. Bahkan, Rasulullah SAW sebagai kekasih-Nya pun tidak diberi tahu ihwal kapan kiamat terjadi.

يَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ السَّاعَةِ اَيَّانَ مُرْسٰىهَاۗ قُلْ اِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّيْۚ  لَا يُجَلِّيْهَا لِوَقْتِهَآ اِلَّا هُوَۘ ثَقُلَتْ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ  لَا تَأْتِيْكُمْ اِلَّا بَغْتَةً ۗيَسْـَٔلُوْنَكَ كَاَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَاۗ قُلْ اِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللّٰهِ وَلٰكِنَّ اَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُوْنَ 

Artinya: “Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang Kiamat, “Kapan terjadi?” Katakanlah, “Sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat itu ada pada Tuhanku; tidak ada (seorang pun) yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia. (Kiamat) itu sangat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi, tidak akan datang kepadamu kecuali secara tiba-tiba.” Mereka bertanya kepadamu seakan-akan engkau mengetahuinya. Katakanlah (Muhammad), “Sesungguhnya pengetahuan tentang (hari Kiamat) ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” (al-A'raf: 187)

Kendati demikian, tanda-tanda yang mendekati kiamat telah dibocorkan dalam sejumlah ayat di Al-Qur’an dan hadis-hadis nabi. Di antara tanda-tanda kiamat sudah dekat berdasarkan hadis nabi adalah munculnya kabut (dukhan), munculnya Dajjal, munculnya Dabbah, terbitnya matahari dari barat, keluarnya Ya’juj dan Ma’juj, keluarnya Nabi Isa AS, adanya tiga gerhana di timur, barat, dan jazirah Arab, serta adanya api yang muncul dari Yaman kemudian menggiring manusia menuju tempat berkumpul.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menyebut Nama Allah

Dalam hadis nabi disebutkan bahwa hari kiamat tidak akan terjadi selama masih ada orang-orang yang menyebut nama Allah. Rasulullah SAW bersabda,

لا تقوم الساعة على أحد يقول: الله الله

Artinya: “Kiamat tidak akan terjadi selama masih ada orang yang menyebut nama Allah.” (HR: Al-Tirmidzi)

Mengutip Dream.co.id, selama masih ada orang yang mengingat Allah dengan senantiasa berzikir dan beribadah kepada-Nya, kiamat tidak akan terjadi.

Namun kita tidak perlu disibukkan dengan memikirkan kapan kiamat akan terjadi. Lebih baik berusaha meningkatkan ibadah dan menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi semua larangan-Nya.

Dalam surah al-Ahzab ayat 41, Allah SWT berfirman,

Wahai orang-orang beriman ingatlah kepada Allah dengan menyebut (nama-Nya) sebanyak-banyaknya.” (QS: Al-Ahzab: 41)

Wallahu’alam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.