Sukses

Kocak Pertanyaan Rafathar: Pak Ustaz, Puasa kan Harus Sabar, tapi Kenapa Mama Marah-Marah?

Pak Ustaz menjawab pertanyaan Rafathar. Bedakan antara "marah" dengan "marah-marah".

Liputan6.com, Jakarta Rafathar Malik Ahmad ikut kajian bersama ayah dan ibunya. Salam sesi tanya jawab, anak berusia 7 tahun itu bertanya sesuai dengan apa yang dibisiki oleh ayahnya, Raffi Ahmad.

"Pak Ustaz kalau puasa kan harus sabar, tapi kenapa Mama saya marah-marah?" kata Rafathar dengan polos yang disambut tawa para jamaah. Ini dikutip dari YouTube Rans Entertainment, Senin (10/4/2023).

Ustaz Hilman Fauzi lantas menjelaskan bahwa "marah" tidak sama dengan "marah-marah". Keduanya harus dibedakan. Menurut sang ustaz, marah-marah berarti sudah menjadi karakter seseorang.

Sementara bila merujuk pada pertanyaan Rafathar, mungkin yang dia maksud adalah marah. Marah disebabkan karena ada hal yang menurut orang tersebut tidak berjalan sesuai dengan aturan.

"Itu boleh untuk meluruskan pada sesuatu yang tidak baik jadi baik. Meluruskan dari yang enggak benar jadi tambah benar, itu boleh. Itu namanya tegas. Ada kasar, ada tegas, itu beda," sang ustaz memaparkan.

"Kalau kasar, enggak ada ada angin enggak ada hujan, mukul, itu kasar. Tapi kalau keras, dia punya aturan, punya sesuatu yang disepakati kemudian dilangggar, lalu dia menghadirkan komitmen itu, itu namanya keras. Itu boleh. Tapi kalau marah-marah ya jangan," sambungnya.

 

2 dari 3 halaman

Harus Bisa Mengontrol Emosi

Dan di bulan Ramadhan, setiap muslim tentu harus menjaga emosinya agar puasa yang dijalankan tidak sia-sia. Terakhir, sang ustaz memberi nasihat yang berkenaan dengan ilmu parenting.

"Tidak ada anak yang bodoh, yang ada hanya kita yang tidak sabar mengajarkan anak-anak kita. Tidak ada anak yang nakal, yang ada kita yang tidak memahami karakter anak-anak. Setiap anak dilahirkan dengan segala kebaikan dan kelebihannya," tutup Ustaz Hilman Fauzi.

3 dari 3 halaman

Rafathar Sudah Berpuasa Ramadhan

Diberitakan sebelumnya, putra sulung Nagita Slavina dan Raffi Ahmad juga sudah mulai menjalani puasa Ramadhan. Saat berbincang-bincang dengan guru Bahasa Inggris-nya, Rafathar mengatakan bahwa berpuasa tidak sulit.

"Enggak, enggak berat," kata Rafathar dikutip dari akun Instagram pengasuhnya, Lala, Minggu (9/4/2023). Selama puasa, dia juga mengurangi aktivitas fisik yang menguras energi seperti bermain bola. Rafathar juga tidur siang agar puasanya tidak terasa lama dan berat.