Sukses

Mudik Lebaran 2023, Polisi Berlakukan Buka Tutup Rest Area hingga Batas Waktu Istirahat 30 Menit

Petugas akan berpatroli secara berkala melakukan pengawasan sehingga pemudik tidak berlama-lama di rest area dan dapat bergantian dengan pengguna lainnya.

 

Liputan6.com, Jakarta Selain fasilitas jalan dan strategi rekayasa arus lalu lintas di jalan, pemerintah juga memperhatikan titik penting lokasi para pemudik beristirahat yakni rest area di jalan tol. Rencananya, akan ada langkah buka tutup rest area secara situasional dan pembatasan istirahat selama 30 menit.

Direktur Keamanan dan Keselamatan Korlantas Polri Brigjen Ery Nursatari menyampaikan, jalan tol tentu masih menjadi pilihan utama para pemudik yang hendak pulang ke kampung halaman melalui jalur darat. Namun, seringkali perjalanan di jalan tol menjadi tidak nyaman lantaran beberapa rest area malah menjadi sumber kemacetan baru.

“Rest area ya memang kita kemarin dengan dari Kementerian Perhubungan, PUPR, sudah melakukan survei jauh-jauh hari. Kita mulai bulan Januari, Februari, kita sudah mulai sama-sama memetakan permasalahan-permasalahan tahun lalu, yang kita sama-sama kita diskusikan untuk gimana caranya mengatasi di tahun ini, jangan sampai terjadi (sumber kemacetan),” tutur Ery kepada wartawan, Senin (10/4/2023).

Menurut Ery, rest area tentu memiliki kapasitas daya tampung yang terbatas. Namun dengan adanya pengalaman arus mudik Lebaran di tahun-tahun sebelumnya, Kementerian PUPR sudah mengambil langkah dengan memperluas lahan-lahan parkir yang ada.

“Kemudian juga mengatur nanti mekanisme rekayasa lalu lintas di dalam rest area, sehingga para warga yang mudik, yang akan masuk rest area itu tidak langsung parkir seenaknya. Kita justru masukkan dia ke dalam, jadi kita atur di situ baik-baik,” jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Waktu Istirahat di Rest Area Selama 30 Menit

Bahkan, kata Ery, akan ada pembatasan waktu istirahat di rest area selama 30 menit. Petugas akan berpatroli secara berkala melakukan pengawasan sehingga pemudik tidak berlama-lama di rest area dan dapat bergantian dengan pengguna lainnya.

“Di rest area baik dari Jasa Marga segala macam ada di sini kita layani dengan baik. Sehingga memang rest area penuh, pasti akan kita tutup, bahkan untuk rest area berikutnya. Tapi sudah ada perubahan rest area yang sudah diperlebar untuk area parkir,” Ery menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.