Sukses

Zaskia Adya Mecca Ungkap Awal Pakai Hijab karena Terjebak, Sempat Ingin Lepas Jilbab Usai Menikah

Awalnya, Zaskia Adya Mecca berhijab hanya untuk menghormati acara. Berawal dari merasa terjebak, kini ia melewati perjalanan spiritual menakjubkan.

Liputan6.com, Jakarta Zaskia Adya Mecca sudah mengenakan hijab sejak usia remaja. Siapa sangka, dulu alasan istri Hanung Bramantyo pakai hijab sebenarnya hanya karena terjebak.

"Terjebak karena situasi. Itu satu cerita yang lain lagi. Saat itu aku datang ke suatu event, saat itu aku tidak terkenal. Aku pikir event biasa, ternyata event acara agama," kata Zaskia Adya Mecca dikutip dari YouTube She Talks About, Jumat (14/4/2023).

"Hari pertama datang masih pakai baju biasa. Tahunya pas di sana 'Ayo kita sujud syukur', ketika sujud syukur, bajuku pendek, celanaku hipster. Jadi cuma repot narik celana ke atas baju turun ke bawah," sambungnya.

Di seminar hari kedua, dia akhirnya berinisiatif memakai hijab. Setibanya di sana, mentor seminar menyangka bahwa Zaskia Adya Mecca sudah mantap berjilbab. Zaskia bahkan diminta untuk menceritakan pengalaman spiritualnya.

Tentu saja Zaskia kaget. Sembari berjalan ke depan, dia sudah bertekad untuk mengatakan sejujurnya bahwa tujuannya berhijab hanya untuk menghormati acara. Namun 400 pasang mata peserta seminar terlanjur menatapnya kagum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Minta Doa Agar Istikamah Memakai Hijab

"Sambil jalan ke depan ibu-ibu pada bilang: Masyaallah semoga anak saya kayak kamu. Wah entar ekspektasi orang pada drop. Akhirnya pas pegang mic enggak bisa bilang apa-apa lagi selain ya sudah doain aja semoga istikamah," ungkapnya.

"Pulang ke rumah, mama nangis terharu karena mama enggak pernah minta pakai jilbab. Tapi dari situ, pakai dulu ya paling tiga bulan, enam bulan, orang lupa," Zaskia Adya Mecca menambahkan.

3 dari 4 halaman

Zaskia Langsung Terkenal Setelah Berhijab

Ternyata setelah itu dia membintangi sinetron Kiamat Sudah Dekat. Dari artis kurang terkenal, namanya tiba-tiba melambung. Siapa yang tidak mengenal Zaskia Adya Mecca di era itu? Gaya hijabnya bahkan jadi tren.

"Jalan ke Tanah Abang sedikit saja (dengar pedagang teriak): Jilbab Zaskia Mecca, jilbab Zaskia Mecca. Jadi mendadak terkenal. Enggak mungkin nih aku lepas jilbab," urai bintang film Ayat-ayat Cinta.

4 dari 4 halaman

Berniat Lepas Hijab Namun Tak Jadi

Setelah menikah dengan Hanung Bramantyo, dia menceritakan hal ini kepada suaminya. Mendengar alasan sang istri yang berhijab karena terjebak, sutradara terkenal itu tidak mempermasalahkan jika suatu saat istrinya ingin menanggalkan hijab.

"Habis nikah, honeymoon mau lepas jilbab tapi enggak bisa. Ternyata ini sudah jadi bagian dalam diri aku, sudah bertahun-tahun aku berjilbab," tuturnya. Sejak itu, ia tak lagi berpikir alasan berhijab karena terjebak.

"Mas Hanung bilang: Sekarang benar ya, kamu pakai jilbab bukan karena terjebak, bukan karena ekspektasi orang. Ya, ternyata aku sudah butuh ini, ini sudah jadi part aku," tutup Zaskia Adya Mecca.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini