Sukses

Hendak Mudik Lebaran Idul Fitri 2023? Begini Cara Pastikan Rumah Aman Saat Ditinggal ke Kampung Halaman

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar rumah tetap aman saat ditinggal mudik Lebaran Idul Fitri 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang Lebaran Idul Fitri 2023, sebagian masyarakat telah melakukan perjalanan mudik sejak pekan lalu. Mudik ke kampung halaman ketika hari raya telah menjadi tradisi di Indonesia.

Tradisi yang sempat tertunda bagi sebagian orang selama pandemi COVID-19 itu, kini mulai kembali dihidupkan. Meski demikian, masyarakat yang hendak mudik, perlu memastikan keamanan rumah sebelum ditinggal ke kampung halaman untuk waktu yang cukup lama.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar rumah tetap aman saat ditinggal mudik, seperti dilansir Antara dari Pegipegi.

1. Memastikan semua pintu dan jendela rumah terkunci

Mengunci pintu dan jendela penting dilakukan ketika akan meninggalkan rumah. Ini karena pintu atau jendela biasanya jadi jalan utama yang bagi pencuri untuk masuk rumah.

Selain itu, disarankan untuk tidak meninggalkan kunci rumah di bawah pot, keset, atau tempat lainnya Kunci yang ditinggalkan di tempat-tempat tersebut akan mudah ditemukan oleh pencuri.

2. Matikan gas dan cabut semua colokan listrik

Kebakaran rumah kerap disebabkan oleh korsleting listrik. Jadi, sebelum mudik, periksa dan matikan semua perangkat elektronik yang ada di rumah serta cabut selang gas yang masih terpasang guna menghindari kemungkinan kebakaran.

3. Simpan barang berharga di tempat terkunci

Jik hendak meninggalkan rumah dalam waktu lama, disarankan untuk menyimpan barang berharga seperti perhiasan, surat-surat penting, atau uang di tempat yang memiliki kunci seperti laci kecil, lemari, atau safety box. Disarankan juga untuk membawa kunci tersebut saat mudik Lebaran agar tidak ada yang bisa membuka. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menutup Lubang Pembuangan

4. Tutup semua lubang pembuangan

Selain memastikan semua pintu dan jendela terkunci, Anda juga perlu menjaga kebersihan rumah selama ditinggal mudik. Tujuannya untuk menghindari hewan-hewan seperti kecoak, tikus, dan semut masuk.

Bersihkan seluruh ruangan di rumah dan tutup lubang-lubang pembuangan sebelum pergi. Pastikan tidak ada sampah di dalam rumah agar tidak meninggalkan bau busuk.

5. Jangan perlihatkan jika rumah sedang kosong

Rumah yang tampak kosong akan menarik perhatian para pencuri. Oleh karenanya penting untuk mengecoh orang jahat dengan beberapa hal yang mudah dilakukan.

Misalnya, memasang lampu yang bisa diatur kapan harus menyala dan mati sehingga bisa menyala otomatis ketika malam dan mati di pagi hari. Selian itu, Anda juga bisa menaruh sandal atau sepatu di depan rumah agar terlihat seperti ada orang di dalam.

 

3 dari 3 halaman

Lapor pada RT dan Petugas Keamanan Setempat

6. Melapor pada perangkat setempat

Calon pemudik disarankan untuk memberi tahu satpam komplek jika hendak meninggalkan rumah selama beberapa waktu. Dengan demikian, satpam komplek bisa membantu lebih mengawasi rumah setiap hari selama pemilik rumah mudik.

Anda juga bisa melapor pada Ketua RT setempat bahwa rumah kosong sehingga jika ada hal buruk terjadi, bisa segera ditindaklanjuti.

7. Pasang alarm pengaman dan CCTV

Meski sudah memastika semua pintu dan jendela rumah terkunci, akan lebih baik lagi jika memasang alarm di rumah demi keamanan ekstra. Anda juga bisa memasang gembok beralarm di pagar rumah. Dengan begitu, alamr akan berbunyi saat rumah dimasuki secara paksa dan tetangga serta petus keamanan bisa langsung bertindak ketika mendengar alarm.

Bahkan, Anda juga bisa memasang CCTV yang dapat dipantau dari jarak jauh. Pastikan Anda memasangnya di area-area akses vital seperti halaman depan, pintu masuk depan, pintu belakang, ruang tengah, hingga halaman belakang. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini