Sukses

Jemaah Haji Indonesia Diberangkatkan, Ini Doa Saat Tiba di Tanah Suci

Jemaah haji Indonesia mulai diberangkatkan ke tanah suci mulai hari ini, Rabu (24/5/2023). Berangkat haji adalah hari yang begitu diidamkan oleh umat Islam sedunia

Liputan6.com, Jakarta - Jemaah haji Indonesia mulai diberangkatkan ke tanah suci mulai hari ini, Rabu (24/5/2023). Berangkat haji adalah hari yang begitu diidamkan oleh seluruh umat Islam.

Bagaimana tidak, umat Islam seluruh dunia akan berkumpul di haramain untuk melaksanakan rukun Islam kelima. Tak semua orang memiliki kesempatan nan langka ini.

Terlebih, kini di Indonesia antrean daftar tunggu haji makin panjang. Meski merupakan kewajiban, namun ibadah haji sekaligus adalah rezeki dan nikmat Allah SWT yang harus disyukuri.

Salah satu yang paling ditunggu-tunggu adalah hari keberangkatan dan tiba di tanah haram. Jemaah haji Indonesia tiba di Bandara Madinah.

Selanjutnya, jemaah haji akan melakukan rangkaian panjang ibadah haji. Kemudian, jemaah akan menuju Makkah dan bertemu dengan ka'bah, Baitullah.

Berikut ini adalah doa tiba di tanah suci.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa Saat Tiba di Tanah Haram

اللَّهُمَّ زِدْ هَذَا الْبَيْتَ تَشْرِيْفًا وَتَعْظِيْمًا وَعِزَّةً وَمَهَابَةً وَزِدْ مِنْ شَرَفِهِ وَعَظِّمْهُ مِمَّنْ حَجَّهُ أَوْ اِعْتَمَرَهُ، تَشْرِيْفًا وَتَعْظِيْمًا وَتَكْرِيْمَا وَبِرًّا، اَللهم هَذَا حَرَمُكَ فَحَرِّمْ لَحْمِيْ وَدَمِيْ عَلَى النَّارِ، اللهم قِنِيْ عَذَابَكَ يَوْمَ تَبْعَثُ عِبَادَكَ، اللهم آمِنِّيْ مِنْ غَضَبِكَ وَعِقَابِكَ

Allâhumma zid hâdzal baita tasyrîfan wa ta’dhîman wa ‘izzatan wa mahabatan, wa zid min syarafihi, wa ‘adh-dhimhu mimman hajjahu au i’tamarahu, tasyrîfan wa ta’dhîman wa takrîman wa birran. Allâhumma hâdza haramuka fa harrim lahmî wa damî ‘alan-nâr. Allâhumma qinî ‘adzâbaka yauma tab’atsu ‘ibâdaka. Allâhumma âminnî min ghadlabika wa ‘iqâbika.

Artinya: “Ya Allah, tambahkanlah Baitullah ini kemuliaan, keagungan dan kewibawaan, tambahkanlah kemuliannya, agungkanlah ia dari orang yang haji atau umrah menujunya, muliakan, agungkan dan baguskan. Ya Allah, ini adalah tanah haram-Mu, maka haramkanlah daging dan darahku atas neraka. Ya Allah, jagalah aku dari siksa-Mu, di hari Engkau membangkitkan hamba-hamba-Mu. Ya Allah, amankanlah aku dari kemurkaan dan siksaMu.”

Demikianlah doa saat jamaah haji/umrah sampai di tanah haram yang dikutip dari kitab al-Wasail al-Syafi’ah karya al-‘Alim al-‘Allamah al-Muhaddits Muhammad bin ‘Ali Khirid al-Alawi al-Husaini al-Tarimi (Dar al-Hawi, cetakan kedua tahun 1999, hal. 238). Semoga menjadi haji yang mabrur, di terima Allah SWT. (Sumber: nu.or.id).

Tim Rembulan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.