Sukses

54 Ribu Lebih Jemaah Haji Berangkat dari Bandara Soekarno Hatta

Sebanyak 54.992 calon jemaah haji diberangkatkan dari Bandara Internasional Soekarno Hatta, sejak 24 Mei 2023. Jumlah tersebut menjadi yang terbanyak dari 20 bandara dibawah manajemen PT Angkasa Pura II selama musim Haji 2023.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 54.992 jemaah haji diberangkatkan dari Bandara Internasional Soekarno Hatta, sejak 24 Mei 2023. Jumlah tersebut menjadi yang terbanyak dari 20 bandara dibawah manajemen PT Angkasa Pura II selama musim Haji 2023.

Seperti diketahui, sebanyak 6 bandara AP II ditetapkan sebagai embarkasi haji. Yaitu Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Kualanamu (Deli Serdang), Bandara Kertajati (Majalengka), Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh), Bandara Minangkabau (Padang) dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang).

“Bandara Soekarno-Hatta menjadi paling banyak melayani keberangkatan calon jemaah haji, yakni sebanyak 54.992 orang,” ungkap Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, Jumat (23/6/2023).

Kemudian, calon jemaah haji yang berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta dapat menggunakan fasilitas pre-clearance keimigrasian Arab Saudi yang dikenal dengan fast track Makkah Road. Sehingga, bisa mempersingkat waktu pengecekan paspor.

Adapun total penerbangan haji di 6 bandara AP II mencapai 236 penerbangan yang dioperasikan oleh maskapai Garuda Indonesia dan Saudia.

“Jumlah penerbangan haji di 6 bandara AP II sebanyak 236 penerbangan itu juga sebesar 44% dari total penerbangan haji di Indonesia sebanyak 537 penerbangan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Total Jemaah Haji yang Berangkat

Menurutnya, berdasarkan rencana, calon jemaah haji yang berangkat dari 6 bandara AP II mencapai 91.358 orang atau sekitar 44 persen dari total jemaah haji asal Indonesia yang sebanyak 205.980 orang.

Menurutnya, keberhasilan keberangkatan haji ditahun ini pun tak lepas dari peran semua stake holder terkait.

“Bandara AP II sukses melayani keberangkatan calon jemaah haji. Kami berterima kasih atas dukungan dari Kementerian BUMN, Kementerian Agama dan Kementerian Perhubungan, serta maskapai, ground handling, TNI, Polri dan seluruh stakeholder sehingga bandara AP II dapat dengan baik mengantar calon jemaah haji ke Tanah Suci,”katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.