Sukses

Bacaan Doa Menyembelih Hewan Kurban Idul Adha dan Urutannya

Seseorang yang hendak menyembelih hewan kurban Idul Adha dianjurkan untuk berdoa. Berikut ini adalah doa sesaat sebelum hewan kurban disembelih.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang Islam yang baligh, berakal, dan mampu dianjurkan menyembelih hewan kurban Idul Adha. Hukum melaksanakan jenis ibadah ini adalah sunnah muakkad atau sunnah yang dikuatkan.

Menyembelih hewan kurban Idul Adha merupakan ibadah yang sarat dengan hikmah dan keutamaan. Hal ini sebagaimana diterangkan dalam beberapa hadis nabi, di antaranya hadis riwayat Tirmidzi dan Ibn Majah berikut.

عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا عَمِلَ آدَمِيٌّ مِنْ عَمَلٍ يَوْمَ النَّحْرِ أَحَبَّ إِلَى اللَّهِ مِنْ إِهْرَاقِ الدَّمِ إِنَّهَا لَتَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِقُرُونِهَا وَأَشْعَارِهَا وَأَظْلَافِهَا وَأَنَّ الدَّمَ لَيَقَعُ مِنْ اللَّهِ بِمَكَانٍ قَبْلَ أَنْ يَقَعَ مِنْ الْأَرْضِ فَطِيبُوا بِهَا نَفْسًا

Artinya: “Aisyah menuturkan dari Rasulullah Shallallâhu Alaihi Wasallam bahwa beliau bersabda: Tidak ada suatu amalan yang dikerjakan anak Adam (manusia) pada hari raya Idul Adha yang lebih dicintai oleh Allah dari menyembelih hewan. 

Karena hewan itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya, dan kuku-kuku kakinya. Darah hewan itu akan sampai di sisi Allah sebelum menetes ke tanah. Karenanya, lapangkanlah jiwamu untuk melakukannya.” (Hadits Hasan, riwayat Al-Tirmidzi: 1413 dan Ibn Majah: 3117)   

Seseorang yang hendak menyembelih hewan kurban Idul Adha dianjurkan untuk berdoa. Berikut ini adalah doa sesaat sebelum hewan kurban disembelih.

اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ 

Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm  

Artinya: “Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku.” 

Mengutip NU Online, doa menyembelih hewan kurban tersebut dapat ditemukan dalam Irsyadul Anam fi Tarjamati Arkanil Islam karya Sayid Utsman bin Yahya atau Tausyih ala Ibni Qasim karya Syekh M Nawawi bin Umar Banten.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Urutan Doa Menyembelih Hewan Kurban

Sebelum doa tersebut dibaca, ada sejumlah doa yang dibaca ketika mengambil ancang-ancang untuk menyembelih hewan kurban. Berikut ini urutan bacaan doa lengkap sebelum menyembelih hewan kurban Idul Adha sebagaimana termaktub dalam Tausyih ala Ibn Qasim.

1. Baca “Bismillâh”   بِسْمِ اللهِ

Artinya: “Dengan nama Allah.” 

Lebih sempurna membaca:

 بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ 

Bismillâhir rahmânir rahîm  

Artinya: “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, lagi Maha Penyayang.” 

2. Baca Sholawat kepada Nabi Muhammad SAW

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ 

Allâhumma shalli alâ sayyidinâ muhammad, wa alâ âli sayyidinâ muhammad. 

Artinya: “Tuhanku, limpahkan rahmat untuk Nabi Muhammad SAW dan keluarganya.” 

3. Baca Takbir Tiga Kali dan Tahmid Sekali

اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلهِ الْحَمْدُ 

Allâhu akbar, Allâhu akbar, Allâhu akbar, walillâhil hamd.

Artinya: “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji bagi-Mu.”

Takbir tersebut juga dapat dibaca sebelum bismillah pada poin pertama.

4. Baca Doa Menyembelih Hewan Kurban

 اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ

Allâhumma hâdzihî minka wa ilaika, fataqabbal minnî yâ karîm. 

Artinya: “Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya hai Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku.” 

Demikian doa sebelum menyembelih hewan kurban Idul Adha lengkap urutannya. Semoga hewan yang dikurbankan diterima Allah SWT dan menjadi pahala bagi orang yang berkurbannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.