Sukses

Dahsyatnya Fadhilah Wudhu, Dosa-dosa Luruh Bersama Tetesan Air

Wudhu adalah salah satu cara menyucikan anggota tubuh dengan air. Hal ini berkaitan dengan seorang muslim diwajibkan bersuci setiap akan melaksanakan sholat.

Liputan6.com, Jakarta - Sejatinya ajaran Islam sangat memberikan perhatian yang besar terhadap kebersihan dan kesucian. Melalui pensyariatan thaharah (bersuci) yang menjadi syarat sah sebelum menunaikan ibadah.

Sungguh Allah maha pengasih, Dialah yang memberikan banyak nikmat kepada kita. Salah satunya nikmat berwudhu.

Saat segarnya air mulai membasahi kulit, dosa-dosa yang pernah kita lakukan rontok bersamaan dengan tetesan-tetesan air yang jatuh ke tanah.

Rasulullah SAW bersabda, “jika seorang muslim atau mukmin itu berwudhu, maka ketika ia membasuh mukanya, keluarlah setiap dosa yang dilakukan oleh kedua matanya, karena melihat sesuatu yang diharamkan. Hilangnya bersama-sama dengan air itu atau bersama-sama dengan tetesan air terakhir, jika ia membasuh kakinya, maka keluarlah dosa-dosa yang diperbuat oleh kedua kakinya, karena digunakan berjalan pada jalan yang tidak benar, bersama-sama dengan air atau bersama-sama dengan tetesan air terakhir, sehingga ia bersih dari dosa.” (HR. Muslim)

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fadhilah Wudhu

Betapa dahsyatnya nikmat wudhu, diiringi hati yang ikhlas saat  membasuhnya, dosa-dosa yang kita lakukan pun berguguran. Maka, berwudhulah dengan tenang (tuma’ninah), jangan terburu-buru. Sempurnakan setiap sapuannya, rasakanlah setiap tetesan airnya seolah membasuh dosa-dosa yang pernah kita perbuat.

  1. Saat berkumur, rasakanlah seolah sedang mencuci dosa-dosa lisan yang pernah diperbuat. Lisan yang pernah berkata keji, kotor dan sia-sia.
  2. Saat memasukkan air ke hidung dan menghempaskannya, rasakanlah seolah sedang membersihkan kotoran dan menghempaskan dosa yang telah diperbuat oleh hidung.
  3. Saat membasuh muka, rasakanlah bahwa air yang menyentuh kening sedang mencuci otak atau pikiran yang barangkali suka berpikir kotor atau licik.
  4. Saat air itu melewati mata, rasakanlah seolah mata sedang dibersihkan lahir dan batinnya karena telah melihat hal-hal yg haram
  5. Saat membasuh tangan, rasakan bahwa dosa-dosa yang ada di tangan luruh bersamaan dengan tetesan air melalui sela-sela jari.
  6. Saat membasuh sebagian kepala dan telinga, rasakan bahwa pikiran-pikiran kotor dan buruk serta dosa telinga kita rontok bersamaan dengan tetesan air dari telinga.
  7. Selanjutnya saat membasuh kaki, kita pun berharap agar dosa yang diperbuat oleh kedua kaki juga berguguran bersamaan dengan tetesan air yang jatuh ke tanah.

Dalam hadis lain, Rasulullah SAW bersabda, “barang siapa berwudhu dan menyempurnakannya, maka keluarlah semua dosa dari tubuhnya hingga dari bawah kuku-kukunya.” (HR. Muslim)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.