Sukses

Belajar Tajwid Hukum Ikhfa Syafawi, Contoh Ayat dan Cara Membacanya

Ikhfa Syafawi adalah hukum bacaan ketika mim sukun bertemu dengan huruf ba yang berharakat. Bisa berharakat fathah, kasrah, ataupun dommah.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu hukum bacaan dalam ilmu tajwid adalah Ikhfa Syafawi. Ikhfa Syafawi berasal dari kata Ikhfa dan Syafawi. Ikhfa secara bahasa artinya adalah samar, sedangkan menurut istilah mengucapkan mim sukun antara idzhar dan idgham.

Syafawi berasal dari syafatain, artinya dua bibir. Hal ini karena huruf Ikhfa Syafawi hanya satu yaitu ba yang secara makharijul hurufnya keluar dari bibir. 

Lantas, apa itu Ikhfa Syafawi? Ikhfa Syafawi adalah hukum bacaan ketika mim sukun bertemu dengan huruf ba yang berharakat. Bisa berharakat fathah, kasrah, ataupun dommah.

Sesuai dengan pengertiannya, maka cara membaca Ikhfa Syafawi adalah menyamarkan bunyi mimnya kemudian mendengungkan atau mengghunnahkan sebanyak dua atau tiga harakat.

Untuk memudahkan memahami hukum bacaan Ikhfa Syafawi, mari simak beberapa contoh ayat Al-Qur’an berikut ini. Semoga setelah memahami hukum tajwid ini Anda dapat mengamalkannya saat membaca Al-Qur’an.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

2 dari 2 halaman

Contoh Bacaan Ikhfa Syafawi

دَخَلْتُمْ بِهِنَّۖ

Dibaca: dakhaltummng bihinna. (QS: An-Nisa: 23).

تَرْمِيْهِمْ بِحِجَارَةٍ مِّنْ سِجِّيْلٍۙ

Dibaca: tarmiihimmng bihijaaratimm ming sijjiil. (QS. Al-Fil: 4).

فَاِذَا هُمْ بِالسَّاهِرَةِۗ

Dibaca: faidzaa hummng bissaahirah. (QS. An-Naziat: 14).

وَمَا هُمْ بِمُؤْمِنِيْنَۘ

Dibaca: wa maa hummng bimu'miniin. (QS. Al-Baqarah: 8).

وَهُمْ بِالْاٰخِرَةِ كٰفِرُوْنَۘ

Dibaca: wa hummng bil akhirati kaafiruun. (QS. Al-A’raf: 45).

رَبُّهُمْ بِذَنْۢبِهِمْ فَسَوّٰىهَاۖ

Dibaca: rabbuhum bidzammng bihim fasawwaahaa. (QS. Asy-Syam: 14).

Nah, itulah penjelasan mengenai hukum bacaan Ikhfa Syafawi dan contoh bacaannya dalam Al-Qur’an. Semoga bisa belajar tajwid kali ini diamalkan. Wallahu'alam.