Sukses

Tanda-tanda Kiamat yang Sedang dan Akan Terjadi, Penjelasan Ustadz Khalid Basalamah

Tanda-tanda kiamat yang kini sudah berlangsung dan belum terjadi, apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Hari kiamat atau yaumul qiyamah merupakan hari kehancuran alam semesta beserta segala isinya. Kelak, orang-orang yang telah meninggal dunia akan dibangkitkan kembali untuk dihisab dan mempertanggungjawabkan amal perbuatannya selama hidup. Allah SWT berfirman dalam QS. Ghafir ayat 16:

يَوۡمَ هُمۡ بَارِزُوۡنَۖ لَا يَخۡفٰى عَلَى اللّٰهِ مِنۡهُمۡ شَىۡءٌ ؕ لِمَنِ الۡمُلۡكُ الۡيَوۡمَ ؕ لِلّٰهِ الۡوَاحِدِ الۡقَهَّارِ

Artinya: “(Yaitu) hari (ketika) mereka keluar (dari kubur); tiada sesuatu pun dari keadaan mereka yang tersembunyi bagi Allah. (Lalu Allah berfirman):“Kepunyaan siapakah kerajaan pada hari ini?” Kepunyaan Allah Yang Maha Esa lagi Maha Mengalahkan.” 

Kiamat merupakan misteri yang sudah menjadi suatu kepastian. Namun sedikitnya kita dapat mengetahui kapan datangnya kiamat dari tanda-tanda yang ditunjukan dan terlihat di lingkungan sekitar.

Lantas apa saja tanda-tanda kiamat yang sudah terjadi saat ini dan yang akan terjadi nantinya?

Melansir dari salah satu kajian yang dibawakan oleh Ustadz Khalid Basalamah dalam kanal youtube SAP channel, beliau membacakan sebuah hadis riwayat muslim yang menyebutkan bahwa tanda-tanda kiamat itu terbagi menjadi 2 yaitu tanda kiamat besar dan tanda kiamat kecil.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanda-Tanda Terjadinya Kiamat

Lebih lanjut beliau menjelaskan mengenai enam tanda-tanda kiamat yang sudah terlihat dan terjadi pada masa lampau.

Nabi SAW berkata bahwa kiamat tidak akan terjadi hingga beliau lahir, diutus dan meninggal dunia. Kemudian tanda-tanda kiamat tersebut menyusul muncul pada masa Khalifah Umar yaitu tersebarnya suatu penyakit, terbebasnya Palestina, dan pembebasan negeri Persia.

Selain itu ternyata ada beberapa tanda-tanda kiamat kecil yang sedang dan akan terjadi nantinya. Tanda-tanda kiamat yang sedang terjadi disebutkan sebagaimana dalam beberapa kajian hadis, bahwasanya tidak akan terjadi kiamat sampai orang-orang mengganti minuman keras dengan nama-nama lain yang juga dianggap sebagai minuman biasa, tersebarnya zina, dan banyaknya laki-laki menyerupai perempuan.

Sementara, kelak tanda-tanda kiamat kecil yang belum terjadi yaitu malhamah kubra. Merupakan sebuah peperangan besar yang terjadi antara kaum muslimin dengan orang-orang nasrani sebelum terjadinya kiamat besar. Wallahualam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.