Sukses

Kisah Wanita Mualaf yang Mantan Suaminya Islam KTP, Ingin Dibimbing Gus Iqdam

Kisah Anita saat di Majelis Sabilu Taubah biisa menjadi inspirasi, dirinya tak mantap dan ingin ikrar syahadat ulang dan ingin dibimbing Gus Iqdam

Liputan6.com, Jakarta - Kisah menarik datang lagi dari Markas Sabilu Taubah (ST) Pusat, Kediri, yang diasuh Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam.

Kali ini cerita Anita, wanita asal Banyuwangi Jawa Timur yang mengaku sudah mualaf 10 tahun lalu. Namun dirinya tidak mantap dengan keislamannya.

Pasalnya ia tidak dibimbing oleh suaminya. Dia mengaku sebelumnya mendiang suaminya hanya Islam KTP.

Untuk memantapkan keislamnnya, dia ingin membaca dua kalimat syahadat serta dibimbing soal ibadah oleh Gus Iqdam langsung.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anita Anak Tokoh Agama Hindu

Mengawali pembicaraan keduanya, Gus Iqdam menanyakan apa agama sebelumnya.

"Gimana-gimana sebelumnya agamanya apa. Nita sebelumnya agamanya apa?," tanya Gus Iqdam.

"Agama saya sebelumnya Hindu, saya anak pemangku," kata Anita

"Apa itu," kata Gus Iqdam.

Nita menjelaskan jika pemangku adalah rohaniawan agama Hindu, jika dalam Islam adalah kiai.

 

3 dari 4 halaman

Tak Dibimbing Sebagaimana Mestinya

Ketika ditanya alasan masuk Islam, ia hanya menjawab ingin. Keinginan yang sudah lama terpendam.

Setelah memperhatikan pernyataan Anita, ternya sepuluh tahun lalu dirinya sudah mualaf, namun tak mendapatkan bimbingan seperti yang diharapkan.

Ia awalnya berharap jika suaminya mau membimbingnya. Namun ia tak mendapatkan yang ia harapkan dari suami yang dicintainya tersebut. Bahkan ia menyebut suaminya sebagai Islam KTP.

"Saya mualaf gus, tapi sama suami tidak dibimbing dengan baik, suami saya Islamnya Islam KTP," kata Anita.

4 dari 4 halaman

Islam KTP

Mendengar jawaban Islam KTP, Gus Iqdam dengan pelan menanyakan kepada seluruh jamaah yang hadir "wonge teko?," kata Gus Iqdam, yang artinya orangnya datang? Maksudnya ia menanyakan kepada jamaahn apakah orang yang Islam KTP datang di pengajiannya. 'Wonge teko' ini menjadi salah satu jargonnya.

Gus Iqdam melanjutkan, jika orang yang menikah sudah ada kewajiban menyelamatkan diri dan keluarga dari api neraka.

"Sudah jadi suami ga boleh pletra pletre. Islamnya harus tenanan, ga boleh cuma ngopa ngopi, istri harus dibimbing," ujar Gus Iqdam

Kemudian Nita juga menceritakan jika selama 10 tahun menjadi pemeluk agama Islam ia mengaku tidak pernah dibimbing oleh suaminya. Kedatangannya ke markas ST Pusat ini setelah peringatan 100 hari kepergian suaminya.

Suaminya meningga karena mengidap penyakit kanker paru-paru dan gagal ginjal.

Sebelum membaca syahadat yang dibimbing Gus Iqdam, untuk menambah semangat beribadah Anita diberikan alat sholat. Ia juga diminta untuk mencari jodoh agar ke depan ada yang membimbngnya.

Saat proses syahadat ulang tersebut, awalnya lancar tanpa ada sesenggukan. Namun diakhir syahadat, Anita sesenggukan namun masih bisa kontrol. Tapi tangisnya tak bisa ditahan ketika membaca arti dua kalimat syahadat.

Penulis: Nugroho Purbo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.