Sukses

Kata Ustadz Khalid Basalamah soal Prediksi Kiamat Terjadi Sebelum 1500 H

Namun prediksi tersebut dibantah oleh banyak ulama. Menurut Ustadz Khalid Basalamah, penentuan kiamat terjadi sebelum 1500 H hanya hitung-hitungan dan ijtihad sebagian ulama.

Liputan6.com, Jakarta - Waktu terjadinya kiamat masih misteri. Sebab, Allah SWT tidak memberi tahu waktu rinci kapan kiamat terjadi. Bahkan, Rasulullah SAW pun tidak diberitahu soal waktu tepat kiamat.

Meskipun begitu, ada saja orang yang memprediksi terjadinya kiamat berdasarkan hitung-hitungannya. Ulama yang pernah memprediksi waktu kiamat adalah Jalaluddin as-Suyuthi atau Imam Suyuthi.

Imam Suyuthi dalam kumpulan riwayat berjudul “Al-Kasyaf” menyimpulkan bahwa kiamat akan terjadi di awal abad 15 Hijriyah atau sebelum 1500 Hijriyah. (Lawami’ Al-Anwar Al-Bahiyah, 2/66. Dinukil dari Al-Qiyamah Al-Kubro, Dr. Umar Al-Asyqar, hlm. 122).

Namun prediksi tersebut dibantah oleh banyak ulama. Menurut Ustadz Khalid Basalamah, penentuan kiamat terjadi sebelum 1500 H hanya hitung-hitungan dan ijtihad sebagian ulama. 

“Kalau lafadz hadis khusus menyebutkan 1500 tahun tidak ada itu,” kata Ustadz Khalid, dikutip dari tayangan YouTube PemudaHijrah19, Selasa (3/10/2023).

Ustadz Khalid mengatakan, tanda-tanda kiamat sangat banyak dan sudah jelas diterangkan dalam Al-Qur’an maupun hadis nabi. Kiamat akan terjadi jika tanda-tanda tersebut telah bermunculan.

“Kalau dilihat dengan tanda-tanda kiamat yang sekarang, tanda-tanda kiamat kecil saja masih banyak belum terjadi, masih banyak belum terlihat,” katanya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ibadah Saja

Ia mengimbau, daripada sibuk mencari tahu waktu kiamat lebih baik mempersiapkan diri sebelum kiamat itu terjadi dengan memperbanyak ibadah. 

“Menurut saya jangan lihat di situ (waktu kiamat). Karena ada hadis nabi begini, kalau di tangan kalian ada bibit pohon dan kalian tau besok akan kiamat apa yang dikerjakan? Tanam,” tutur ustadz Khalid.

“Artinya, makna hadis ini gak usah sibuk dengan itu (mencari waktu kiamat). Ibadah saja karena bukan dengan cara ini, akhirnya kita menakut-nakuti orang,” jelasnya.

Prediksi kiamat terjadi sebelum 1500 H juga dibantah oleh Pengasuh LPD Al Bahjah KH Yahya Zainul Ma’arif alias Buya Yahya. Ia mengatakan, waktu kiamat hanya Allah SWT yang mengetahui.

“Tidak boleh ada yang sok tahu (soal waktu kiamat). Memang itu pernah dinukil dari Imam Suyuthi rahimahullahu ta'ala, akan tetapi ditolak oleh yang lainnya,” kata Buya Yahya dikutip dari tayangan YouTube Al Bahjah TV.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.