Sukses

3 Macam Orang yang Tak Dipandang Allah di Hari Kiamat, Naudzubillah!

Beruntunglah bagi mereka yang dipandang Allah saat hari kiamat. Sebab, ada di antara kelompok manusia yang tak akan dipandang Allah saat hari kiamat. Lantas, siapa saja golongan yang tak akan dipandang Allah di hari kiamat?

Liputan6.com, Jakarta - Peristiwa hari kiamat merupakan suatu keniscayaan. Kepastian datangnya hari akhir sudah menjadi janji Allah SWT yang termaktub dalam Al-Qur’an, sebagaimana dalam surah Al-Hajj ayat 7.

وَّاَنَّ السَّاعَةَ اٰتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيْهَاۙ وَاَنَّ اللّٰهَ يَبْعَثُ مَنْ فِى الْقُبُوْرِ 

Artinya: “Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur.”  

Waktu kiamat tidak begitu dijelaskan secara rinci kapan terjadinya. Hanya Allah SWT yang mengetahui kapan kiamat terjadi. Yang pasti, kiamat akan terjadi setelah tanda-tandanya mulai terlihat.

Beberapa tanda kiamat besar yang akan muncul sebelum hari akhir antara lain munculnya Dajjal, terbitnya matahari dari barat, turunnya Nabi Isa AS, munculnya Ya’juj dan Ma’juj, dan tanda-tanda lainnya sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadis.

Selain tanda-tanda kiamat, Al-Qur’an maupun hadis nabi juga banyak menggambarkan tentang peristiwa kiamat. Pada intinya, pada hari kiamat alam semesta beserta isinya hancur. Rugilah bagi mereka yang selama hidupnya tidak beriman kepada Allah dan rasul-Nya.

Pada hari kiamat manusia akan mengurusi dirinya masing-masing. Anak dan orangtua tidak saling peduli, pun suami dengan istri yang berusaha menyelamatkan dirinya.

Beruntunglah bagi mereka yang dipandang Allah saat hari kiamat. Sebab, ada di antara kelompok manusia yang tak akan dipandang Allah saat hari kiamat. Lantas, siapa saja golongan yang tak akan dipandang Allah di hari kiamat?

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mereka yang Tak Dipandang Allah di Hari Kiamat

Tiga macam orang yang tak akan dipandang Allah di hari kiamat pernah diungkap Rasulullah SAW dalam hadis. Siapa saja tiga macam orang itu?

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثَلاَثَةٌ لاَ يَنْظُرُ اللهُ إِلَيْهِمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ الْعَاقُّ لِوَالِدَيْهِ وَمُدْمِنُ الْخَمْرِ وَالْمَنَّانُ بِمَا أَعْطَى

Artinya: “Dari Abdullah bin Umar, Rasulullah Saw. bersabda, ‘Tiga macam orang, Allah tidak mau memandang kepada mereka di hari kiamat, yaitu orang yang menyakiti kedua orangtuanya, orang yang gemar minum khamr (minuman keras), dan orang yang suka menyebut-nyebut apa yang telah diberikannya’." (HR. Baihaqi nomor 17805, Ibnu Hibban nomor 7340, dan lainnya)

Berdasarkan hadis tersebut bahwa orang yang tak akan dipandang Allah di hari kiamat adalah orang yang menyakiti kedua orangtuanya, orang yang gemar minuman keras, dan orang yang suka menyebut kembali apa yang telah diberikannya.

Semoga kita termasuk orang yang dipandang Allah SWT di hari kiamat dan termasuk orang yang mendapat syafaat dari Rasulullah SAW. Aamiin. Wallahu’alam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.