Sukses

Top 3 Islami: Serangan Dahsyat Hamas ke Israel, Kisah Haru Jemaah Jalan Kaki Demi Hadiri Pengajian Gus Iqdam

Dua artikel lainnya yakni serangan Hamas ke Israel dan 4 sungai yang disebut bersumber dari surga oleh Nabi Muhammad SAW

Liputan6.com, Jakarta - Latar belakang jemaah Gus Iqdam sangat beragam. Ada pejabat, ada rakyat jelata, ada santri ada preman, ada yang kaya, banyak pula yang miskin atau biasa-biasa saja.

Latar belakang berbeda itu menjadi kisah tersendiri. Misalnya, cerita jemaah yang jalan kaki demi menghadiri pengajian Gus Iqdam. Usai capek jalan kaki, dia mencegat truk kontainer.

Kisah jemaah Gus Iqdam jalan kaki demi hadiri pengajian ini menjadi salah satu di antara tiga artikel paling menyita perhatian di kanal Islami Liputan6.com, Senin (9/10/2023).

Sementara, dua artikel lainnya yakni serangan Hamas ke Israel dan 4 sungai yang disebut bersumber dari surga oleh Nabi Muhammad SAW.

Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami.

 

Simak Video Pilihan Ini:

2 dari 4 halaman

1. Serangan Hamas ke Israel, Jusuf Kalla: Tindakan yang Luar Biasa

Wakil presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla (JK) menyatakan aksi serangan pasukan Hamas ke Israel merupakan bagian dari perjuangan untuk merebut kebebasan dan kemerdekaan.

"Itu suatu tindakan yang luar biasa untuk kebebasan dan sebuah kemerdekaan," kata JK dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu, dikutip Antara.

JK yang juga tokoh perdamaian Aceh, Poso, dan Ambon ini menilai serangan Hamas ke Israel merupakan serangan mendadak dan jarang terjadi.

"Ini adalah suatu serangan yang dilakukan kerahasiaan, perencanaan luar biasa dan jarang terjadi," kata Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia itu.

Serangan Hamas di Gaza secara mendadak pada hari Sabtu (7/10) menggempur Israel dari berbagai penjuru, baik udara, darat, maupun laut.

Kejutan yang dirasakan warga Israel itu bersamaan dengan perayaan Simchat Torah, salah satu hari paling menggembirakan dalam kalender Yahudi.

Selengkapnya baca di sini

3 dari 4 halaman

2. Kisah Mengharukan Jemaah Gus Iqdam, Rela Jalan Kaki hingga Numpang Truk Kontainer

Bukan jamaah Gus Iqdam kalau tidak berkelakuan unik dan aneh-aneh. Mereka berasal dari latar belakang yang tentu memiliki perilaku berbeda pula.

Keunikan itu misalnya, sAda yang setelah bertemu Gus Iqdam rasa laparnya mendadak hilang. Ada yang gemas hingga dagunya dipegang-pegang orang.

Namun, ada pula kisah mengharukan bagaimana perjuangan mereka menghadiri pengajian Gus Iqdam.

Hal ini yang dilakukan salah seorang jamaah bernama Bima asal Kediri. Ia rela jalan kaki hingga naik truk kontainer untuk mengikuti pengajian Gus Iqdam di Majelis Ta’lim Sabilu Taubah.

Bima mengisahkan perjalanannya hingga sampai akhirnya mampu bertemu Gus yang menjadi idolanya ini.

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

2. 4 Sungai Legendaris yang Disebut Nabi Bersumber dari Surga, Terpanjang di Dunia hingga Isyarat Kiamat

Dalam sejarah peradaban manusia, sungai menjadi salah satu faktor penentu. Banyak peradaban kuno yang lahir dan berkembang di delta-delta sungai raksasa.

Sungai menjadi sumber kehidupan. Maka tak aneh, perabadan-peradaban spektakuler kuno lahir di dekat sungai.

Ada sejumlah sungai legendaris. Misalnya, sungai Nil, Kongo, hingga Amazon.

Amazon bahkan disebut merupakan benteng terakhir hutan lindung tropis terakhir di muka bumi. Hutan Amazon juga penyuplai oksigen yang penting.

Dalam khazanah Islam, ada empat sungai dari surga. Keempat sungai tersebut yakni, Sungai Seihan, Jeihan, Nil, dan Eufrat.

Ada berbagai pengertian sungai surga. Dalam perspektif umum, sungai surga bermakna konotatif, karena saking indahnya atau ketergantungan manusia terhadap sungai tersebut.

Sementara, ada pula yang memaknainya denotatif, bahwa sungai tersebut memang bersumber dari surga.

Dari empat sungai surga itu, dua di antaranya sering diperbincangkan. Nil karena sungai terpanjang di dunia dan nilai histrois serta pariwisatanya.

Kedua, Sungai Eufrat, juga karena sejarah dan menjadi tanda-tanda kiamat yang disebut Rasulullah SAW.

Selengkapnya baca di sini