Sukses

9 Doa Subuh Pagi, Penting Diamalkan Setiap Hari Agar Senantiasa Diberkahi

Salah satu amalan yang dianjurkan sebelum memulai aktivitas adalah dengan membaca doa subuh pagi. Melalui doa ini, semoga Allah senantiasa melimpahkan keberkahan dan perlindungan dalam menjalani setiap pekerjaan.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu amalan sunnah yang dianjurkan untuk diamalkan setiap hari adalah doa subuh pagi. Setelah mengerjakan sholat wajib, kita dapat membaca doa-doa subuh pagi agar diberikan petunjuk, perlindungan, dan rahmat Allah SWT. 

Banyak sekali keutamaan dan manfaat dengan mengamalkan doa subuh pagi. Dalam kesibukan dan hiruk-pikuk kehidupan, maka mengawali hari dengan mengucapkan doa merupakan suatu keharusan bagi setiap muslim. Nabi SAW bersabda, 

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {لَيْسَ شَيْءٌ أَكْرَمَ عَلَى اللهِ تَعَالَى مِنَ الدُّعَاءِ}.

“Tidak ada sesuatu pun yang lebih mulia di sisi Allah ta’ala dari pada doa.” (HR. Ahmad, Al-Bukhari, At-Tirmidzi, An-Nasa’i dari sahabat Abu Hurairah r.a. dengan sanad-sanad yang shahih)

Dengan harapan agar doa yang dipanjatkan dapat membawa pada keberkahan dan kekuatan dalam menghadapi setiap rintangan hidup. Segala keutamaan di balik doa subuh pagi ini akan mendatangkan manfaat apabila dapat mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Mengutip dari laman dream.co.id berikut merupakan kumpulan doa subuh pagi yang dapat dibaca setiap hari. Semoga dapat diamalkan bersama.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

1. Doa Subuh Pagi 

Doa subuh pagi adalah salah satu doa yang dapat dibaca saat bangun tidur atau sebelum menjalani aktivitas pada pagi hari.

Berikut ini adalah bacaan doa subuh pagi dalam bahasa Arab, Latin, dan artinya:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِيمَا رَزَقْتَنِي، وَاقِنِي شَرَّ مَا قَضَيْتَ وَبَارِكْ لِي فِي الأََرْضِ وَفِي السَمَاءِ.

Allahumma barikli fiima razaqtani, waqini syarra ma qadhaita wabarikli fil-ardhi wa fi as-sama.

Artinya: "Ya Allah, berkahilah rezeki yang Engkau berikan kepadaku, lindungilah aku dari keburukan yang Engkau takdirkan, dan berkahilah untukku di bumi dan di langit."

Doa subuh pagi ini adalah salah satu doa yang dianjurkan untuk dibaca sebelum memulai aktivitas pada pagi hari. Melalui doa ini, umat Muslim memohon keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

3 dari 10 halaman

2. Doa Subuh Pagi Memohon Kesehatan

Doa subuh pagi adalah doa yang sangat penting untuk memohon kesehatan dan perlindungan dari Allah SWT.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَصْبَحْتُ مُثْنِيَكَ، وَعَلَى سُنَّةِ نَبِيِّكَ، صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ وَرَحْمَتِكَأَلَاهُمَّ اصْٓلِ عَلَيْنَا سُحَّمَكَ وَعَافِيَهَ، وُفَرِجَ كُرْبَنَا وَصَدِّقَ دُعَائِي. بِحَقِّ مُحَمَّدٍ وَّآ لِ مُحَمَّدٍ وَإِجَازٍ وَجَمِيعِ الأَنْبِيآءِ وَالْمُرُسَلِينَأعُوذُ بِكَلِمَاتِكَ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنِ لامَّةٍ

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku bangun dalam keadaan berserah diri kepada-Mu dan mengikuti sunnah Nabi-Mu, yang memiliki keistimewaan dan rahmat. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dari limpahan karunia dan rahmat-Mu. Ya Allah, berikanlah kesehatan kepada kami, selesaikanlah segala kesulitan kami, dan kabulkanlah doaku. Demi keagungan Muhammad, keluarga Muhammad, semua Nabi dan Rasul. Aku berlindung dengan kalimat-kalimat-Mu yang sempurna dari segala setan dan binatang yang merayap, dan dari segala pandangan mata yang jahat."

4 dari 10 halaman

3. Doa Subuh Pagi Sesuai Hadis Nabi Muhammad SAW

Doa subuh pagi berikut ini mengajarkan untuk memohon ampunan dan perlindungan dari Allah SWT di pagi hari setelah subuh agar terhindar dari dosa-dosa. Hal ini sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW dalam haditsnya yang mengajarkan umat Islam untuk senantiasa berdoa dan memohon ampunan kepada Allah.

اللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِي وَبَيْنَ خَطَايَايَ كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ، اللَّهُمَّ نَقِّنِي مِنْ خَطَايَايَ كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنْ الدَّنَسِ، اللَّهُمَّ اغْسِلْنِي مِنْ خَطَايَايَ بِالثَّلْجِ وَالْمَاءِ وَالْبَرَدِ

Allahumma baa’id bainii wa baina khathaayaaya kamaa baa’adta bainal masyriqi walmaghribi, Allahumma naqqinii min khathaayaaya kamaa yunaqqats tsauubul abyadu minad danasi, Allahummaghsilnii min khathaayaaya bits-tsalji walmaai walbaradi.

Artinya: “Ya Allah, jauhkanlah antara aku dan dosa-dosaku sebagaimana Engkau menjauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, bersihkanlah aku dari dosa-dosaku sebagaimana kain putih dibersihkan dari kotoran. Ya Allah, cucilah aku dari dosaku dengan salju, air, dan air es.”

5 dari 10 halaman

4. Doa Subuh Pagi agar Sejahtera Dunia Akhirat

اللهم بارك لي في أمري وسهل لي أمري واجعل خيراً فيمن أعانني وقني شر ما قضيت إنك تقضي ولا يقضى عليك وإنه لا يذل من واليت ولا يعز من عاديت تباركت ربنا وتعاليت

Allahumma barikli fi amri wa sahhilli amri waj'al khairan fii man a'anani waqini sharra ma qadayta, innaka taqdi wa la yuqdha 'alayka, wa innahu la yadhillu man walayta, wa la ya'izzu man 'adaita, tabarakta rabbana wa ta'alayta

Artinya: "Ya Allah, berkahilah urusanku, mudahkanlah urusanku dan jadikanlah kebaikan di antara orang yang membantuku, lindungilah aku dari keburukan apa yang Engkau takdirkan, karena Engkau yang menakdirkan dan tidak ada yang bisa menakdirkan atas-Mu, dan sungguh tidak hina orang yang Engkau bantu, dan tidak mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Suci Engkau, ya Tuhan kami, dan Maha Tinggi Engkau."

6 dari 10 halaman

5. Doa Subuh Pagi ketika Mengawali Pekerjaan

اللّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي صَبَحِي وَفِي عَنْدِي

Allahumma bariklii fii shobahi wa fii 'andii

Artinya: "Ya Allah, berkahilah waktu pagiku dan waktu di depanku."

Dengan membiasakan diri membaca doa ini sebelum berangkat kerja, diharapkan kita akan selalu dilindungi dan diberkahi oleh Allah dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Semoga dengan keberkahan dari doa ini, kita dapat menjalani pekerjaan dengan baik, sukses, dan mendapatkan ridha dari-Nya.

7 dari 10 halaman

6. Doa Subuh Pagi Memohon Petunjuk Jalan yang Lurus

Doa berikut ini dipanjatkan agar diberikan petunjuk jalan yang lurus dan agar hati kita tetap teguh dalam mengikuti petunjuk yang telah diberikan oleh Allah.

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Rabbanaa laa tuzigh qulubanaa ba'da idz hadaytanaa wa hablanaa milladunka rahmah innaka antal Wahhaabu

Artinya: "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau berikan petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu. Sungguh, Engkaulah Maha Pemberi (karunia)."

8 dari 10 halaman

7. Doa Subuh Pagi agar Diringankan Beban Hidupnya

Doa subuh pagi berikut ini adalah doa untuk memohon agar Allah SWT meringankan beban hidup seseorang, mempermudah urusan, dan memberikan kejelasan dalam berkomunikasi. Dengan mengucapkan doa ini setiap pagi, seorang muslim berharap agar Allah SWT memberkati dan melancarkan segala urusannya, sehingga hidupnya menjadi lebih ringan dan mudah.

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي ، وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِّن لِّسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbi ishrah li sadri wa yassir li amri, wah lul 'uqdatan min lisaani yafqahu qawli.

Artinya: "Ya Allah, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah urusanku, lepaskanlah kekakuan dari lidahku agar mereka mengerti perkataanku".

9 dari 10 halaman

8. Doa Subuh Pagi Mohon Perlindungan

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِ

اَللّٰهُمَّ بِكَ اَصْبَحْنَا وَبِكَ اَمْسَيْنَا وَبِكَ نَحْيَا وَبِكَ نَمُوتُ وَاِلَيْكَ النُّشُوْرُ

اَللّٰهُمَّ مَا اَصْبَحَ بِيْ مِنْ نِعْمَةٍ اَوْ بِاَحَدٍ مِنْ خَلْقِكَ فَمِنْكَ وَحْدَكَ لَا شَرِيْكَ لَكَ فَلَكَ الْحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْرُ

اَللّٰهُمَّ اَصْلِحْ لِيْ دِيْنِيَ الَّذِيْ هُوَ عِصْمَةُ اَمْرِيْ وَاَصْلِحْ لِيْ دُنْيَايَ الَّتِيْ فِيْهَا مَعَاشِيْ وَاَصْلِحْ لِيْ آخِرَتِيَ الَّتِيْ فِيْهَا مَعَادِيْ وَاجْعَلِ الْحَيَاةَ زِيَادَةً لِيْ فِيْ كُلِّ خَيْرٍ وَاجْعَلِ الْمَوْتَ رَاحَةً لِيْ مِنْ كُلِّ شَرٍّ

Bismillahirrahmanirrahim. Allahumma bika ashbahna wa bika amsaina wa bika nahya wa bika namutu wa ilaikan-nushuur

Allahumma ma ashbaha bi min ni'matin aw bi ahadin min khalqika faminka wahdaka la syarika laka falakalhamdu walakashsyukr

Allahumma ashlih li diiniyal ladzi huwa 'ismat amri wa ashlih li dunyaya allati fiha ma'asyi wa ashlih li akhirati allati fiha ma'adi wa ja'alil hayata ziyadatan li fi kulli khairin wa ja'alil mauta rahatan li min kulli syarrin

Artinya: "Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Ya Allah, dengan-Mu kami memasuki waktu pagi, dengan-Mu kami memasuki waktu petang, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati, dan kepada-Mu (pula) tempat kembali (bagi semua makhluk).

Ya Allah, segala nikmat yang aku miliki ketika pagi ini, atau salah satu dari ciptaan-Mu, maka semuanya berasal dari-Mu sendiri, tidak ada sekutu bagi-Mu. Maka bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu segala syukur.

Ya Allah, perbaikilah agamaku yang menjadi benteng pertahanan dalam segala urusanku; perbaikilah urusanku di dunia di dalamnya berada kehidupanku; perbaikilah urusanku di akhirat kelak di dalamnya kembali kehidupanku, jadikanlah hidup ini sebagai tambahan kebaikan bagiku, dan jadikanlah kematian sebagai kebebasan bagiku dari segala keburukan."

10 dari 10 halaman

9. Doa Subuh Pagi Mohon Kebaikan

Doa subuh pagi merupakan doa yang sangat penting untuk memohon kebaikan dari Allah SWT pada saat memulai hari. Berikut adalah bacaan doa subuh pagi yang perlu diamalkan:

اللَّهُمَّ بارِكْ لي في صَباحي وَبارِكْ لي في أمْوالي

Allahumma baariklii fii shabahii wa bariklii fii amwalii

Artinya: "Ya Allah, berkahilah pagiku dan berkahilah rezekiku"

Sebagai umat Muslim, deretan doa subuh pagi di atas mengingatkan untuk selalu berserah diri kepada Allah SWT dan berharap atas segala kebaikan serta perlindungan-Nya dalam menghadapi setiap hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.