Sukses

Matahari Terbit dari Barat Tanda Kiamat, NASA Ungkap Planet Venus Berputar ke Belakang

Dalam khazanah Islam, teori matahari terbit dari barat akan terjadi dan menjadi salah satu tanda kiamat yang nyata

Liputan6.com, Jakarta - Dalam khazanah Islam, teori matahari terbit dari barat akan terjadi dan menjadi salah satu tanda kiamat yang nyata.

Rasulullah SAW, dalam salah satu hadisnya menyebut peristiwa janggal ini sebagai salah satu dari 10 tanda kiamat. Hadis ini diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam Sahihnya dan juga diriwayatkan oleh beberapa perawi hadis serta diakui oleh para ulama.

Jelas disebut dalam hadis tersebut, kiamat tak akan terjadi jika belum muncul 10 tanda kiamat, yang salah satunya adalah matahari terbit dari barat, bukan lazimnya dari timur.

Banyak teori bertebaran bagaimana bisa matahari terbit dari barat. Salah satunya adalah pembalikan magnet, yang menyebabkan bumi berputar sebaliknya.

Pada 2023 lalu, teori pembalikan medan magnet ini sempat viral dan diklaim didukung oleh riset badan antariksa Amerika Serikat (AS) atau NASA.

Belakangan, NASA membantah klaim teori matahari terbit dari barat akibat perubahan medan magnet. Namun di sisi lain juga membenarkan ada fakta rotasi terbalik, yakni planet Venus. Berikut ulasannya.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

NASA Ungkap Planet Venus Rotasi Berputar ke Belakang

Mengutip CNBC Indonesia, Bettina Inclan, Associate Administrator for Communications NASA mengatakan pihaknya dan organisasi lain tidak mendukung teori tersebut. "Baik NASA maupun organisasi ilmiah lain tidak ada yang memprediksi Matahari akan terbit dari barat," kata Inclan.

Meski begitu, NASA mengakui, perubahan medan magnet itu memang ada dan pernah terjadi, serta sejumlah ilmuwan mempelajari hal itu. Tapi, Inclan membantah membuat Bumi berputar ke arah sebaliknya.

Dia menyebut fenomena pembalikan magnet memang benar terjadi dan nyata, bahkan sejumlah ilmuwan pernah mempelajarinya. Fenomena tersebut terdapat di planet tetangga Bumi, Venus yang melakukan rotasi dengan berputar ke belakang.

Sementara itu, lama Venus berotasi cukup lama yakni 243 hari dan waktu planet itu untuk mengitari Matahari setara dengan 225 hari di Bumi.

Ini membuat Matahari akan terlihat di permukaan di Venus hanya sebanyak dua kali selama setahun atau satu kali dalam 117 hari.

3 dari 4 halaman

Hadis Sahih Tanda Kiamat

Salah satu hadits sahih yang berkaitan dengan kiamat (as-sāʽah) yang pasti adalah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam Sahihnya dan juga diriwayatkan oleh beberapa perawi hadis serta diakui oleh para ulama adalah hadits berikut.

عَنْ حُذَيْفَةَ بْنِ أَسِيدٍ الْغِفَارِيِّ قَالَ اطَّلَعَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْنَا وَنَحْنُ نَتَذَاكَرُ فَقَالَ مَا تَذَاكَرُونَ قَالُوا نَذْكُرُ السَّاعَةَ قَالَ إِنَّهَا لَنْ تَقُومَ حَتَّى تَرَوْنَ قَبْلَهَا عَشْرَ آيَاتٍ فَذَكَرَ الدُّخَانَ وَالدَّجَّالَ وَالدَّابَّةَ وَطُلُوعَ الشَّمْسِ مِنْ مَغْرِبِهَا وَنُزُولَ عِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَيَأَجُوجَ وَمَأْجُوجَ وَثَلَاثَةَ خُسُوفٍ خَسْفٌ بِالْمَشْرِقِ وَخَسْفٌ بِالْمَغْرِبِ وَخَسْفٌ بِجَزِيرَةِ الْعَرَبِ وَآخِرُ ذَلِكَ نَارٌ تَخْرُجُ مِنْ الْيَمَنِ تَطْرُدُ النَّاسَ إِلَى مَحْشَرِهِمْ

Artinya, “Dari Hudzaifah bin Asid Al-Ghifari berkata, Rasulullah SAW menghampiri kami saat kami tengah membicarakan sesuatu. Ia bertanya, ‘Apa yang kalian bicarakan?’ Kami menjawab, ‘Kami membicarakan kiamat.’ Ia bersabda, ‘Kiamat tidaklah terjadi sehingga kalian melihat sepuluh tanda-tanda sebelumnya.’ Rasulullah menyebut kabut, Dajjal, binatang (ad-dābbah), terbitnya matahari dari barat, turunnya Isa bin Maryam AS, Ya'juj dan Ma'juj, tiga gerhana; gerhana di timur, gerhana di barat dan gerhana di jazirah Arab dan yang terakhir adalah api muncul dari Yaman menggiring manusia menuju tempat perkumpulan mereka,” (Lihat Abul Husain Muslim bin Hajjaj bin Muslim An-Naisaburi, Al-Jāmi’us Ṣaḥīḥ, [Beirut, Dārul Afaq Al-Jadidah: tanpa tahun], juz VIII, halaman 178).

4 dari 4 halaman

10 Tanda Kiamat Berdasar Hadis

Tanda-tanda kiamat dalam hadits ini disebut sebagai tanda-tanda kiamat kubra (hari akhir). Ada sepuluh tanda kiamat yang disebutkan dalam hadits ini. Namun yang disebutkan dalam hadits tersebut hanya ada delapan:

1. Munculnya kabut (dukhan)

2. Munculnya Dajjal

3. Munculnya Dabbah

4. Terbitnya matahari dari barat

5. Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj

6. Munculnya Isa bin Maryam

7. Adanya tiga gerhana, di timur; 

8. gerhana di barat;

9. gerhana di jazirah Arab

10. adanya api yang muncul dari Yaman kemudian menggiring manusia menuju tempat berkumpul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.