Sukses

8 Resep Pepes Ayam Kemangi yang Enak dan Gurih, Praktis untuk Sahur dan Buka

Resep pepes ayam kemangi terdiri dari olahan daging ayam yang empuk dipadukan dengan aroma harum kemangi.

Liputan6.com, Jakarta Resep pepes ayam kemangi terdiri dari olahan daging ayam yang empuk dipadukan dengan aroma harum kemangi, menciptakan hidangan yang menggugah selera. Tak hanya enak, pepes ayam kemangi juga menjadi pilihan praktis untuk hidangan sahur dan buka puasa.

Menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya, pepes ini dapat diolah dengan mudah di rumah, menjadikannya alternatif yang sempurna untuk menu berbuka dan sahur yang lezat.

Kemangi, sebagai bahan utama dalam hidangan ini, memberikan sentuhan segar dan aroma khas yang memperkaya cita rasa pepes ayam. Tak heran jika hidangan ini menjadi favorit banyak orang, karena tidak hanya memenuhi kebutuhan gizi, tetapi juga menggugah selera dengan keunikan rasanya.

Pastikan ayam dipotong dengan proporsional dan bumbu halus tercampur merata untuk memberikan kesan gurih yang khas. Selain itu, saat membungkus pepes, rapatkan menggunakan daun pisang agar aroma dan cita rasa bahan-bahan terjaga.

Jangan lupa menyesuaikan tingkat kepedasan dengan selera, dan nikmati sensasi lezatnya pepes ayam kemangi yang cocok untuk menyemarakkan hidangan sahur dan buka puasa di bulan Ramadan ini.

Berikut Liputan6.com ulas resep pepes ayam kemangi yang dimaksudkan, Selasa (5/3/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Resep Pepes Ayam Jamur Kemangi

Sebelum memulai memasak resep pepes ayam jamur kemangi, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Pertama, pastikan semua bahan dan bumbu yang diperlukan telah disiapkan dengan baik. Kedua, siapkan daun pisang dan tusuk gigi sebagai pembungkus pepes. Ketiga, siapkan wadah untuk mencampur bahan utama dan bumbu halus, serta siapkan kukusan untuk proses memasak.

Berikut adalah resep pepes ayam jamur kemangi:

Bahan utama:

  1. 500 gr ayam, potong sesuai selera
  2. 250 gr jamur jerami, cuci bersih
  3. 4 batang daun bawang, iris kasar
  4. 1 genggam daun kemangi
  5. 1 genggam cabai rawit merah utuh
  6. 5 batang serai bagian putihnya, potong 3 cm
  7. 1 butir telur ayam, kocok lepas
  8. Daun salamGaramKaldu jamur bubuk

Bahan pelengkap:

  1. Daun pisang
  2. Tusuk gigi

Bumbu halus:

  1. 8 cabai merah keriting
  2. 8 bawang merah6 bawang putih
  3. 3 butir kemiri utuh1 sdt merica bubuk
  4. 1 jempol jahe
  5. 3 cm kunyit

Cara membuat:

  1. Siapkan wadah besar, campurkan semua bahan utama dan bumbu halus ke dalamnya. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik. Tes rasa dan sesuaikan dengan preferensi masing-masing.
  2. Ambil selembar daun pisang, letakkan campuran ayam dan jamur di atasnya, tambahkan daun kemangi, potongan cabai rawit merah, dan serai. Bungkus rapat menggunakan daun pisang dan sematkan ujungnya dengan tusuk gigi agar pepes tidak terbuka saat proses pengukusan.
  3. Siapkan kukusan dan tata pepes yang sudah dibungkus dengan rapi di dalamnya. Kukus selama 30 menit setelah air mendidih.
  4. Setelah matang, angkat pepes ayam jamur kemangi dari kukusan dan biarkan sebentar sebelum dibuka.Sajikan pepes ayam jamur kemangi sebagai hidangan utama yang lezat dan sehat.

 

2. Resep Pepes Ayam Suwir Kemangi

Sebelum memulai memasak resep pepes ayam suwir kemangi, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Pertama, pastikan semua bahan dan bumbu yang diperlukan telah disiapkan dengan baik dan dalam jumlah yang sesuai.

Kedua, rebus dada ayam hingga empuk, lalu suwir-suwir dagingnya. Ketiga, siapkan bumbu halus dengan menggiling semua bahan hingga halus dan siap digunakan. Terakhir, persiapkan daun pisang untuk membungkus pepes dan lidi untuk menyematkan ujungnya.

Berikut adalah resep pepes ayam suwir kemangi:

Bahan:

  1. 750 gr dada ayam (rebus sampai empuk, suwir-suwir)
  2. 300 ml air rebusan ayam
  3. 1 ikat daun kemangi
  4. 4 lembar daun salam
  5. 1 ruas lengkuas (geprek)
  6. 2 buah tomat (iris tipis)
  7. Daun pisang untuk membungkus

Bumbu halus:

  1. 10 siung bawang merah
  2. 7 siung bawang putih
  3. 5 butir kemiri
  4. 7 cabai merah
  5. 5 cabai rawit merah (sesuai selera)
  6. 2 cm kunyit
  7. Garam
  8. Gula pasir

Cara membuat:

  1. Giling bumbu halus sampai halus dan lembut. Panaskan wajan dan tumis bumbu halus hingga harum dan berubah warna. Tambahkan daun salam, lengkuas, dan tomat iris, aduk rata.
  2. Tuangkan air rebusan ayam ke dalam tumisan bumbu. Setelah mendidih, masukkan ayam suwir ke dalam wajan. Masak dengan api sedang hingga air menyusut dan bumbu meresap ke dalam daging ayam.
  3. Tambahkan daun kemangi ke dalam wajan, aduk rata, dan masak sebentar hingga kemangi layu dan mengeluarkan aroma harum.
  4. Ambil selembar daun pisang, letakkan satu centong sayur ayam suwir yang sudah tercampur dengan bumbu di tengahnya. Gulung daun pisang seperti membuat lontong dan sematkan ujungnya dengan lidi.
  5. Lakukan langkah yang sama hingga semua ayam habis terbungkus dalam daun pisang.Kukus pepes ayam suwir selama kurang lebih 30 menit.
  6. Setelah matang, bakar pepes agar aroma daun pisang dan asap lebih terasa.
  7. Pepes ayam suwir kemangi siap disajikan sebagai hidangan utama yang lezat dan menyegarkan. 

Cara membuat:

  1. Panaskan sedikit minyak dalam wajan, tumis bawang merah dan cabai hingga harum.
  2. Masukkan daun jeruk, daun salam, dan sereh, tumis hingga harum.Tuangkan santan dan air ke dalam tumisan bumbu, biarkan mendidih.
  3. Masukkan tomat dan daun kemangi ke dalam tumisan, aduk hingga layu.Tambahkan garam dan gula secukupnya, koreksi rasa.
  4. Masukkan potongan ayam ke dalam tumisan, pastikan ayam terendam bumbu. Tutup wajan, biarkan ayam matang dan bumbu meresap, sekitar 15-20 menit dengan api kecil.
  5. Siapkan daun pisang, letakkan potongan ayam beserta bumbunya di atasnya, tambahkan cabai rawit di atasnya.Bungkus ayam dengan rapat menggunakan daun pisang, ikat dengan tusuk gigi agar pepes tidak terbuka saat dikukus.
  6. Kukus pepes ayam dalam daun pisang selama sekitar 30-40 menit hingga matang.
  7. Setelah matang, angkat pepes ayam dari kukusan, buka bungkus daun pisang, dan sajikan selagi hangat.
3 dari 5 halaman

3. Resep Pepes Ayam Kemangi ala Sunda

Sebelum memulai memasak resep pepes ayam kemangi ala Sunda, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Pertama, pastikan semua bahan dan bumbu yang diperlukan telah disiapkan dengan benar dan dalam jumlah yang cukup.

Kedua, siapkan bumbu halus dengan cara menghaluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, dan jahe. Pastikan semua bahan halus dan siap untuk digunakan. Ketiga, siapkan alat masak seperti panci atau presto serta daun pisang sebagai pembungkus pepes.

Berikut adalah resep pepes ayam kemangi ala Sunda:

Bahan:

1/2 kg ayam, potong sesuai selera

Serai, potong kecil

6 lembar daun salam

1 buah tomat, potong kecil

Cabai rawitCabai gendut

Kemangi secukupnya

1 ruas lengkuas, potong-potong

1 butir telur

Daun pisang

Bumbu halus:

6 bawang merah

4 bawang putih

4 butir kemiri matang

1 ruas kunyit

1/2 ruas jahe

Cara membuat:

Panaskan minyak dalam wajan, kemudian tumis bumbu halus hingga harum dan berubah warna. Tambahkan sedikit air agar tidak gosong.

Masukkan potongan ayam ke dalam tumisan bumbu, aduk rata hingga ayam terbalut dengan bumbu. Tambahkan garam, gula, dan penyedap rasa secukupnya. Ungkep ayam dengan api kecil hingga bumbu meresap dan ayam matang.

Setelah itu, pecahkan telur ayam ke dalam wajan dan aduk hingga mengental dan menyatu dengan ayam.

Siapkan daun pisang, letakkan potongan ayam yang telah dimasak di atasnya. Tambahkan cabai sesuai selera, daun salam, potongan lengkuas, serai, kemangi, dan potongan tomat di atasnya.

Setelah semua bahan terdistribusi dengan merata, bungkus pepes dengan rapat menggunakan daun pisang.Jika menggunakan panci presto, masukkan pepes ke dalamnya dan kukus selama 15 menit. Jika menggunakan panci kukusan biasa, pastikan air dalam kukusan telah mendidih sebelum memasukkan pepes, dan kukus selama 15 menit juga.

Setelah matang, angkat pepes ayam kemangi Sunda dari panci atau presto, dan sajikan selagi hangat sebagai hidangan utama yang lezat dan segar. 

4. Resep Pepes Ayam Tahu Kemangi 

Sebelum memulai memasak resep pepes ayam tahu kemangi, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Pertama, pastikan semua bahan dan bumbu yang diperlukan telah disiapkan dan dicuci bersih.

Berikut adalah resep pepes ayam tahu kemangi:

Bahan:

  1. 8 lembar daun salam
  2. 8 kerat lengkuas, geprek
  3. 4 buah tomat, potong kotak sedang
  4. 3 sdm minyak sayur
  5. 1 ikat besar kemangi segar
  6. Daun pisang secukupnya

Bumbu halus:

  1. 8 siung bawang putih
  2. 8 siung bawang merah
  3. 6 cabai merah
  4. 3 cabai keriting merah
  5. 15 cabai rawit merah
  6. 3 butir kemiri, sangrai
  7. 1 ruas kunyit besar, kupas bersih
  8. 1 sdm gula pasir
  9. Kaldu jamur
  10. Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Setelah bumbu halus siap, campur dengan minyak sayur agar bumbu dapat meresap sempurna ke dalam bahan pepes. Ini juga membantu mencegah hasil bakaran pepes menjadi terlalu kaku.Taruh ayam, tahu, tomat, dan kemangi dalam satu wadah besar.
  2. Campurkan bumbu yang telah dicampur dengan minyak ke dalam wadah yang berisi ayam, tahu, tomat, dan kemangi. Pastikan semua bahan tercampur merata.Tes rasa adonan dan diamkan selama 10 menit agar bumbu meresap sempurna ke dalam bahan pepes.
  3. Bungkus adonan pepes dengan menggunakan daun pisang. Letakkan daun salam dan lengkuas yang telah digeprek di dalam bungkusan pepes.
  4. Setelah semua adonan terbungkus, kukus pepes selama 45 menit hingga matang.Setelah matang, dinginkan pepes sebentar sebelum dibakar hingga tercium aroma wangi dari pepes dan daun.
  5. Setelah dibakar dengan sempurna, pepes ayam tahu kemangi siap untuk disajikan sebagai hidangan utama yang lezat dan menyegarkan. 
4 dari 5 halaman

5. Resep Pepes Ayam Daun Singkong Kemangi

Sebelum memulai memasak resep pepes ayam kemangi dan daun singkong, pastikan untuk menyiapkan semua bahan dan peralatan yang diperlukan. Hal ini termasuk mencuci bersih semua bahan, memotong ayam sesuai dengan kebutuhan, dan menyiapkan bumbu halus yang akan digunakan untuk memberi cita rasa pada pepes.

Selain itu, pastikan juga bahwa daun pisang untuk membungkus pepes dan wadah untuk proses pengukusan telah disiapkan dengan baik.

Berikut adalah resep pepes ayam kemangi dan daun singkong:

Bahan:

  1. Ayam potong sesuai selera
  2. Kemangi
  3. Daun singkong
  4. Sereh
  5. Daun salam
  6. Lengkuas
  7. Cabai rawit
  8. Cabai merah
  9. Bumbu halus:
  10. Bawang merah
  11. Bawang putih
  12. Kunyit
  13. Jahe
  14. Kemiri
  15. Gula
  16. Kaldu ayam

Cara membuat:

  1. Siapkan bumbu halus dan campurkan dengan potongan ayam dalam sebuah wadah. Aduk merata dan biarkan beberapa menit agar bumbu meresap ke dalam daging ayam.
  2. Setelah itu, tambahkan kemangi, daun singkong, sereh, daun salam, lengkuas, cabai rawit, dan cabai merah ke dalam campuran ayam dan bumbu halus. Pastikan semua bahan tercampur dengan baik.
  3. Selanjutnya, siapkan daun pisang untuk membungkus pepes. Letakkan campuran ayam dan bumbu di atas selembar daun pisang, lalu bungkus dengan rapat.
  4. Setelah semua pepes dibungkus, siapkan panci kukus dan kukus pepes ayam kemangi dan daun singkong selama kurang lebih 30-40 menit hingga matang.Setelah matang, angkat pepes dari panci kukus dan biarkan sebentar sebelum dibuka dan disajikan.
  5. Pepes ayam kemangi dan daun singkong siap disajikan sebagai hidangan utama yang lezat dan menyehatkan. Selamat menikmati! 

6. Resep Pepes Ayam Kemangi Tidak Pedas

Sebelum memulai memasak resep pepes ayam kemangi tidak pedas, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Pertama, siapkan semua bahan dan bumbu yang akan digunakan dengan mencuci bersih dan menyiapkan bumbu halus yang akan digunakan untuk mengungkep ayam.

Kedua, siapkan juga daun pisang dan bahan pelengkap seperti daun bawang, kemangi, dan cabai rawit untuk memperkaya cita rasa pepes. Terakhir, pastikan bahwa semua alat dan bahan yang akan digunakan dalam proses memasak telah siap digunakan.

Berikut adalah resep pepes ayam kemangi tidak pedas:

Bahan:

  1. Garam dan kaldu bubuk
  2. ayam
  3. 3 lembar daun salam
  4. Air secukupnya
  5. Bumbu halus:
  6. 6 siung bawang merah
  7. 4 siung bawang putih
  8. 4 butir kemiri
  9. 1 ruas jari jahe
  10. 1 ruas jari lengkuas1 1/2 ruas jari kunyit
  11. 1 batang serai
  12. Garam dan gula secukupnya
  13. Pelengkap:
  14. Daun bawang
  15. Kemangi
  16. Cabai rawit

Cara membuat:

  1. Haluskan semua bumbu halus yang telah disiapkan. Kemudian, ungkep ayam bersama dengan bumbu halus tersebut. Tambahkan daun salam, gula, garam, dan air secukupnya hingga air menyusut dan bumbu meresap ke dalam daging ayam.
  2. Siapkan daun pisang secukupnya, kemudian tata ayam yang telah diungkep di atasnya. Tambahkan kemangi, daun bawang, dan cabai rawit utuh untuk memberikan aroma dan rasa yang segar pada pepes.
  3. Bungkus ayam dan bahan pelengkap dengan rapi menggunakan daun pisang, pastikan semua bahan tertutup rapat.
  4. Kukus pepes dengan api sedang hingga matang. Semakin lama proses pengukusan, semakin meresap pula bumbu ke dalam daging ayam.
  5. Setelah matang, angkat pepes ayam kemangi tidak pedas dan sajikan selagi hangat untuk menikmati cita rasa yang lezat dan segar. 
5 dari 5 halaman

7. Resep Pepes Ayam Presto Kemangi

Sebelum memasak resep pepes ayam presto kemangi, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Pertama, cucilah ayam dengan bersih dan kucuri dengan air jeruk nipis untuk membersihkan dan memberikan aroma segar pada dagingnya.

Setelah itu, persiapkan bahan-bahan iris seperti sereh, cabai merah, dan bawang daun agar siap digunakan saat proses memasak. Terakhir, siapkan juga bahan-bahan lain seperti daun pisang dan bumbu halus untuk mempermudah proses memasak dan menyajikan hidangan.

Berikut adalah resep pepes ayam presto kemangi:

Bahan:

  1. 1 buah jeruk nipis, ambil airnya
  2. 2 ikat daun kemangi
  3. 6 lembar daun salam
  4. Bahan iris:
  5. 3 batang sereh
  6. 10 cabai merah
  7. 1 tangkai bawang daun iris halus
  8. Bumbu:
  9. Gula dan garam secukupnya
  10. Kaldu ayam bubuk
  11. Daun pisang
  12. Bumbu halus:
  13. 5 butir bawang merah
  14. 5 siung bawang putih
  15. 3 buah kemiri, sangrai
  16. 5 cabai merah
  17. 5 cabai rawit

Cara membuat:

  1. Cuci bersih ayam, kucuri dengan air jeruk nipis. Sisihkan.Ulek dan haluskan bumbu halus, masukkan ke dalam ayam. Tambahkan penyedap rasa garam, gula, dan kaldu ayam bubuk secukupnya. Aduk hingga merata, lalu masukkan ke dalam freezer selama 15 menit agar bumbu meresap.
  2. Siapkan daun pisang, tata daun pisang dan letakkan daun salam di atasnya. Kemudian, masukkan satu potong ayam, tambahkan irisan sereh, cabai merah, dan daun kemangi.
  3. Masukkan sisa bumbu ayam yang telah direndam sebelumnya, lalu lipat daun pisang untuk membungkus ayam.Masukkan paket ayam ke dalam presto dan kukus ayam selama 35 menit.
  4. Setelah itu, matikan presto dan bakar ayam di atas bara api hingga daun pisang agak sedikit gosong.Angkat, hidangkan pepes ayam presto kemangi selagi hangat.

8. Resep Pepes Ayam Tulang Lunak Kemangi

Sebelum memulai memasak resep pepes ayam tulang lunak daun kemangi, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Pertama, siapkan semua bahan-bahan yang diperlukan, termasuk ayam, bumbu, dan daun kemangi. Kedua, bersihkan dan potong semua bahan sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Ketiga, siapkan juga daun pisang dan tusuk gigi untuk membungkus dan mengikat pepes saat proses pengukusan.

Resep pepes ayam tulang lunak daun kemangi:

Bahan:

  1. 500 gram ayam, potong sesuai selera
  2. 2 ikat daun kemangi
  3. 5 siung bawang merah, iris tipis
  4. 3 buah cabai merah, potong serong
  5. 6 buah cabai rawit
  6. 1 buah tomat, potong panjang
  7. 2 lembar daun jeruk
  8. 2 lembar daun salam
  9. Sereh, geprek
  10. 50 gram santan
  11. Air, secukupnya
  12. Garam dan gula secukupnya
  13. Daun pisang untuk membungkus
  14. Tusuk gigi

Cara membuat:

  1. Panaskan sedikit minyak dalam wajan, tumis bawang merah dan cabai hingga harum.
  2. Masukkan daun jeruk, daun salam, dan sereh, tumis hingga harum.Tuangkan santan dan air ke dalam tumisan bumbu, biarkan mendidih.
  3. Masukkan tomat dan daun kemangi ke dalam tumisan, aduk hingga layu.Tambahkan garam dan gula secukupnya, koreksi rasa.
  4. Masukkan potongan ayam ke dalam tumisan, pastikan ayam terendam bumbu. Tutup wajan, biarkan ayam matang dan bumbu meresap, sekitar 15-20 menit dengan api kecil.
  5. Siapkan daun pisang, letakkan potongan ayam beserta bumbunya di atasnya, tambahkan cabai rawit di atasnya.Bungkus ayam dengan rapat menggunakan daun pisang, ikat dengan tusuk gigi agar pepes tidak terbuka saat dikukus.K
  6. ukus pepes ayam dalam daun pisang selama sekitar 30-40 menit hingga matang.
  7. Setelah matang, angkat pepes ayam dari kukusan, buka bungkus daun pisang, dan sajikan selagi hangat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.