Sukses

Luhut Prediksi Mudik Lebaran 2024 Paling Ramai Sepanjang Sejarah

Luhut mengajak semua pihak yang terlibat dalam proses mudik untuk bekerja sama menjaga kelancaran perjalanan selama perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyatakan bahwa pemerintah telah menyusun berbagai strategi dan fasilitas untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para pemudik selama perjalanan mereka.

"Dalam pemerintahan, kami telah melakukan persiapan yang terbaik dan mengantisipasi segala kemungkinan. Bahkan sampai menyediakan fasilitas seperti charger mobil listrik," ujar Luhut melalui akun Instagram resminya, @luhut.pandjaitan, di Jakarta, Jumat (5/4/2024), seperti dilansir Antara.

Luhut menyebutkan bahwa mudik Lebaran 2024 diprediksi menjadi yang paling ramai sepanjang sejarah. Berdasarkan survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kementerian Perhubungan, diperkirakan jumlah pemudik mencapai 193,6 juta orang, meningkat dari 123,8 juta orang pada tahun 2023.

Ia mengajak semua pihak yang terlibat dalam proses mudik untuk bekerja sama menjaga kelancaran perjalanan selama perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024.

"Dari lubuk hati yang paling dalam, kami dari kementerian mengucapkan selamat jalan kepada semua pemudik, hati-hati di jalan, dan selamat bertemu keluarga," kata Luhut.

Terkait charger mobil listrik atau Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi menyebutkan telah dibangun 175 SPKLU tipe "fast charging" atau isi cepat sepanjang ruas Tol Trans Sumatera-Jawa.

Penambahan 175 SPKLU tersebut membuat jumlah SPKLU di sepanjang ruas Tol Trans Sumatera-Jawa mencapai 239 unit dan tersebar di 104 lokasi, dari yang sebelumnya hanya berjumlah 64 unit SPKLU.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puncak Arus Mudik H-4

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, memprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada H-4 hingga H-2 Lebaran. Kementerian telah melakukan berbagai langkah dan upaya maksimal untuk melayani masyarakat selama angkutan arus mudik dan balik Lebaran di semua moda transportasi.

Kementerian Perhubungan telah menyiapkan segala sesuatu dengan sebaik mungkin untuk menghadapi arus mudik Lebaran, termasuk pemeriksaan kelaikan operasi kendaraan angkutan dan penyediaan sarana serta prasarana lainnya.

Kementerian juga berkoordinasi dengan sektor lain, termasuk menyiapkan posko mudik yang akan beroperasi dari tanggal 3 hingga 18 April, sehingga pemudik dapat sampai ke kampung halaman dengan aman dan nyaman, bahkan saat kembali ke tempat asal.  

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini