Liputan6.com, Jakarta - Waliyullah atau wali Allah merujuk kepada individu yang memiliki kedekatan spiritual yang tinggi dengan Allah SWT.
Waliyullah dikenal karena keimanannya yang kuat dan amal ibadah yang konsisten. Meskipun waliyullah sering kali dikaitkan dengan karomah, yaitu keajaiban atau kejadian luar biasa yang diberikan oleh Allah sebagai bukti keistimewaan mereka.
Apakah setiap wali harus menunjukkan karomahnya?
Advertisement
Benarkah karomah bukan syarat atau tujuan dari kewalian, melainkan bentuk kehendak Allah yang dapat terjadi sebagai tanda penghormatan terhadap keimanan dan ketakwaan wali tersebut.
Sebenarnya, tujuan utama dari seorang waliyullah adalah mendekatkan diri kepada Allah dan menjalankan perintah-perintah-Nya dengan ikhlas, tanpa mencari pengakuan atau pujian dari manusia.
Banyak wali yang bahkan menyembunyikan karomah mereka untuk menghindari fitnah, ujub (perasaan bangga diri), atau riya (pamer ibadah).
Dalam Islam, penekanan utama adalah pada keikhlasan dan kerendahan hati, bukan pada pencapaian karomah. Sebagai contoh, para sahabat Nabi Muhammad SAW dan ulama besar sering kali dikenal bukan karena karomah yang mereka tunjukkan, melainkan karena keilmuan, ketakwaan, dan pengabdian mereka kepada Islam.
Baca Juga
Simak Video Pilihan Ini:
Ini Penjelasan Waliyullah
Mengutip alif.id, di berbagai kitab tasawwuf kita sering menemukan istilah waliyullah atau kekasih Allah, mereka adalah orang-orang yang dekat atau dicintai oleh Allah. Namun perlu kita diketahui bahwa waliyullah atau kekasih Allah terbagi menjadi dua bagian.
Pertama, kekasih Allah yang bersifat umum. Kekasih Allah yang bersifat umum ini, seperti yang telah dijelaskan dalam Al-Qur’an. Allah berfirman:
ٱللَّهُ وَلِىُّ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ يُخْرِجُهُم مِّنَ ٱلظُّلُمَٰتِ إِلَى ٱلنُّورِ
Artinya: “Allah Pelindung orang-orang yang beriman; Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan (kekafiran) kepada cahaya (iman)” (QS. Al-Baqarah: 257)
Syekh Muhammad Al-Khalili dalam Fatwanya, Fatawa Al-Khalili Alal Madzahib As-Syafii (Juz, 2 Hlm. 268) menegaskan kekasih Allah yang bersifat umum, adalah setiap orang yang beriman kepada Allah, dan beriman kepada perkara yang datang dari Nabi Muhahammad SAW.
Kedua, kekasih Allah yang bersifat khusus, yaitu, kekasih Allah yang wushul (sampai kepada Allah atau dekat dengan Allah) biasanya kekasih Allah yang bersifat khusus ini, disandang oleh para salik (orang yang berjalan menuju Allah) Kekasih Allah diibaratkan seseorang yang fana’ ( leburnya hati seorang hamba dengan tuhannya ) dan baqo’ (menetapnya hati hamba bersama tuhannya) Dan para kekasih Allah itu, identik dengan karomah (kemampuan diluar nalar manusia pada umumnya)
Advertisement
Karomah Harus Dipertontonkan atau Cukup Samar?
Dan para kekasih Allah tidak disyaratkan mempunyai karomah yang harus ditampakan, atau dipertontonkan di khalayak umum, akan tetapi syarat kewalian itu harus mempunyai karomah yang bersifat batiniyyah (samar) karomah yang bersifat batiniyyah dimiliki seorang hamba Allah yang benar-benar bersih hatinya dari segala sifat-sifat tercela. Sehingga dengan kebersihan hatinya ia dapat mengetahui berbagai pengetahuan.
Karomah dzahiriyyah (tampak) dan karomah batiniyyah (samar) terkadang dua-dunya dimiliki oleh para kekasih Allah, seperti, Syekh Abdul Qadir Al-Jilani dan Syekh Abi Madyan Al-Maghribi.
Syekh Abdul Qadir Al-Jilani koromahnya masyhur dikalangan Masyriq (Irak) sedangkan Syekh Abi Madyan karomahnya masyhur dikalangan Maqhrib (Maroko)
Adapun Karomah yang bersifat dzahiriyyah (tampak) seperti bisa berjalan di atas air, terbang ke angkasa, dan melipat bumi, karomah semacam itu, terkadang juga bisa dipraktekkan oleh orang diluar agama Islam, seperti, para pendeta dan ahli filsafat dimasa lampau. Oleh karena itu, kita jangan sampai tertipu oleh Khariqul Adat (kebiasaan di luar kemampuan manusia) karena terkadang kemampuan itu bersifat istidraj dari Allah SWT.
Kemampuan di luar kebiasaan manusia, tanpa di dasari keimanan dan ketaqwaan, pada dasarnya bukan karomah yang sesungguhnya, akan tetapi kemampuan itu adalah tipu daya syaitan untuk menyesatkan manusia. Al-Imam Al-Kabir Syekh Ahmad Ar-Rifai dalam karyanya Halatu Ahli Al-Haqiqati Ma’allahi Ta’ala (Juz, 1 Hlm. 75) mengutip tentang karomah Syekh Abu Yazid Al-Bustami:
وقيل لأبي يزيد: سمعنا أنك تمرُّ على الماء وتطيرُ في الهواء، فقال: المؤمن أعزُّ على الله من السماوات السبع، فأي عجبٍ أن يبلغ مقام طير أو حوت
Dikatakan kepada Abu Yazid : “Kami telah mendengar bahwasanya anda berjalan diatas air dan terbang di udara” Kemudian Abu Yazid berkata, seorang mukmin itu lebih mulia dari tujuh langit, maka apanya yang menakjubkan seseorang yang sampai pada tingkatan burung dan ikan.
Kenyataannya tidak semua para kekasih Allah dianugerahi koromah yang ditampakkan dan disaksikan oleh seseorang. Dan yang pasti orang yang menyandang gelar sebagai kekasih Allah hatinya bersih dan terhindar dari sifat yang tercela. Wallahu A’lam.
Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul