Sukses

Doa Rasulullah di Jumat Pagi, Diampuni Dosa Meski Banyaknya Seperti Buih di Lautan

Doa jumat pagi untuk memohon rahmat dan ampunan Allah sesuai anjuran Rasulullah SAW.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam Islam, hari Jumat merupakan hari yang istimewa dan mulia. Hari Jumat dianggap sebagai hari yang penuh dengan keberkahan.

Hari Jumat disebut juga sebagai sayyidul ayyam atau penghulu hari. Pada hari mulia itu, pintu rahmat dan ampunan Allah terbuka luas. 

Oleh karena itu, selayaknyalah kita dapat mengoptimalkan amal ibadah pada hari tersebut. Sebagaimana Rasulullah SAW menganjurkan untuk membaca doa di pagi hari Jumat.

Doa Jumat pagi merupakan salah satu ibadah yang penting. Sehingga kita dapat memohon ampunan dan rahmat dari Allah SWT.

Dilansir dari laman NU Online tentang Doa Rasulullah SAW pada Jumat Pagi,  salah satu doa yang dianjurkan untuk dibaca adalah sebagai berikut:

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa Jumat Pagi

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الحَيُّ القَيُّومُ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullāhalladzī lā ilāha illā huwal hayyul qayyūmu, wa atūbu ilaihi.

Artinya: Aku memohon ampun kepada Allah, Zat yang tiada tuhan selain Dia yang maha hidup, lagi maha tegak. Aku bertobat kepada-Nya.

Doa ini dapat ditemukan pada Kitab Al-Azkar karya Imam An-Nawawi. Doa ini sebaiknya dibaca sebanyak tiga kali.  

3 dari 3 halaman

Keutamaan Doa Jumat Pagi

Ini merupakan amalan yang tidak berat tetapi memiliki keutamaan yang luar biasa sebagai riwayat hadis berikut ini: 

وروينا في كتاب ابن السني، عن أنس رضي الله عنه، عن النبي صلى الله عليه وسلم قال من قال صبيحة يوم الجمعة قبل صلاة الغداة : أستغفر الله الذي لا إله إلا هو الحي القيوم وأتوب إليه ثلاث مرات غفر الله ذنوبه ولو كانت مثل زبد البحر

Artinya: Diriwayatkan kepada kami dari Ibnu Sinni dari Anas ra, dari Nabi Muhammad saw bahwa ia bersabda, "Siapa saja yang berdoa di pagi hari Jumat sebelum shalat pagi dengan ‘Astaghfirullāhalladzī lā ilāha illā huwal hayyul qayyūmu, wa atūbu ilaihi’ sebanyak tiga kali, niscaya Allah mengampuni dosanya meski sebanyak buih di lautan" ( Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 71). 

Dengan demikian, alangkah baiknya bila kita dapat mengamalkan doa yang dianjurkan Rasulullah tersebut. Semoga kita termasuk orang mendapatkan rahmat dan ampunan Allah swt berkat kemuliaan di hari Jumat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.