Sukses

UAH Ungkap Kunci Sederhana agar Dirawat Allah SWT, Insya Allah Tambah Berkah

Mengeluarkan sedekah adalah kunci untuk mendapatkan perawatan dan keberkahan dari Allah SWT. UAH menjelaskan begini

Liputan6.com, Jakarta - Pendakwah muda, Ustadz Adi Hidayat (UAH), yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua I Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2022-2027, memberikan kunci penting bagi umat Muslim dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Dikutip melalui saluran YouTube @hijrahbertasbih, UAH membagikan pandangannya tentang bagaimana cara agar dirawat oleh Allah SWT.

Dalam ceramahnya, Ustadz Adi Hidayat mengajak umat Muslim untuk kembali kepada kebiasaan yang diajarkan oleh para guru terdahulu, yang memiliki pengaruh sangat besar dalam kehidupan spiritual dan sosial.

"Biasakan kalau menerima pendapatan dari mana pun, walaupun bukan gaji, dan coba keluarkan sebagian sebagai sedekah," ujarnya.

UAH menegaskan pentingnya niat dalam beramal, bahwa setiap pendapatan yang diterima bisa menjadi amal ibadah dengan niat yang benar.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ini Kebiasaan yang Perlu Dipupuk

"Coba Anda keluarkan sebagai sedekah 2,5%, 5%, atau bagi siapa pun, demi Allah. Kerjakan itu karena Allah, maka Allah akan merawat Anda dan menjadikan dunia kecil bagi Anda," paparnya.

Ia menyarankan umat Islam untuk tidak terlalu terikat pada dunia dan harta benda, melainkan menjadikan kebiasaan memberikan sedekah sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.

"Jadikanlah dunia ini kecil di pandangan Anda, di mana apa yang Anda butuhkan akan tersedia dengan cukup, dan yang tidak lagi Anda perlukan, berikanlah kepada orang lain," kata UAH.

Menurut Ustadz Adi Hidayat, kebiasaan ini akan membentuk sikap yang lebih sederhana dan rendah hati, di mana umat Islam tidak terlalu terpaku pada keinginan materi dan keinginan duniawi yang tidak bermanfaat.

"Kalau ada pakaian yang sudah tidak dipakai, dan datang yang baru, yang lama berikanlah kepada yang membutuhkan," tambahnya.

UAH mengingatkan bahwa Allah akan memberikan perawatan dan keberkahan kepada mereka yang mempraktikkan kebiasaan berbagi ini dengan niat ikhlas.

3 dari 3 halaman

Jadikan Kebiasaan, Rasakan Berkahnya

"Jadikanlah kebiasaan ini sebagai bagian dari hidup Anda, dan Allah akan mengurniakan keberkahan dalam segala aspek kehidupan Anda," ucapnya dengan tegas.

Ia juga menekankan bahwa dunia ini hanya sementara dan tidak kekal, sehingga penting bagi umat Islam untuk mengendalikan nafsu terhadap harta dan dunia, serta lebih mengutamakan akhirat.

"Jangan terlalu terpaku pada nilai-nilai dunia yang fana ini, tapi jadikanlah amal ibadah dan sedekah sebagai bekal menuju kehidupan yang kekal di akhirat," saran UAH.

Dalam ceramahnya, Ustadz Adi Hidayat membagikan panduan praktis tentang bagaimana memperbaiki niat dan sikap terhadap harta benda dan dunia, dengan harapan umat Islam dapat mencontoh dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Semoga Allah senantiasa memberikan petunjuk kepada kita untuk selalu mengambil yang terbaik dalam menjalani kehidupan ini," tutupnya.

Melalui penjelasan ini, Ustadz Adi Hidayat berharap umat Islam dapat lebih memahami pentingnya bersedekah dan menjalani kehidupan dengan penuh kesederhanaan serta keikhlasan dalam meraih ridha Allah SWT.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.