Sukses

Habib Novel Bagikan Amalan Pelunas Utang Setinggi Gunung, Diajarkan Rasulullah

Ulama asal Surakarta, Jawa Tengah, Habib Novel bin Muhammad Alaydrus membagikan amalan pelunas utang yang diajarkan Rasulullah SAW melalui Sayyidina Ali bin Abi Thalib. Amalan ini dibagikan ketika ia mendapat pertanyaan dari salah satu jemaahnya.

Liputan6.com, Surakarta - Utang piutang sudah menjadi realitas sosial yang sering ditemukan di berbagai level masyarakat, baik golongan menengah ke atas maupun menengah ke bawah. Utang akan menjadi masalah jika tidak segera dilunasi.

Berbagai cara dilakukan agar bisa melunasi utang. Selain bekerja untuk menghasilkan uang, ikhtiar untuk melunasi utang juga sering dilakukan dengan melakukan amalan tertentu.

Ulama asal Surakarta, Jawa Tengah, Habib Novel bin Muhammad Alaydrus membagikan amalan pelunas utang yang diajarkan Rasulullah SAW melalui Sayyidina Ali bin Abi Thalib. Amalan ini dibagikan ketika ia mendapat pertanyaan dari salah satu jemaahnya. 

“Saya beri amalan pelunas utang, tapi diamalkan. Kalau gak diamalkan, jadinya (utang lunas) cuma mimpi. Diamalkan betul,” kata Habib Novel seperti dikutip dari tayangan YouTube Novel Muhammad Alaydrus, Kamis (20/6/2024).

Habib Novel juga berpesan agar orang yang punya utang betul-betul memiliki niat melunasi utangnya. Sebab, katanya, siapa yang berniat melunasi utang maka Allah akan melunaskan utangnya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ini Riwayat Amalan Pelunas Utang

Habib Novel kemudian membagikan amalan pelunas utang yang diriwayatkan langsung oleh Sayyidina Ali dari Rasulullah SAW. 

Diriwayatkan bahwa suatu ketika ada budak mukatab (budak yang dijanjikan oleh tuannya untuk dimerdekakan apabila dia telah membayar sejumlah uang). Kepada Sayyidina Ali ia berkata, “Saya tidak mampu membayar nilai untuk membebaskan diri saya. Tolong bantu saya.

Habib Novel mengatakan, saat itu Khalifah Ali sedang tidak punya uang untuk membantu, tapi ia punya sesuatu yang lebih dari uang dan harta. Apa itu? Adalah ilmu dari Nabi Muhammad SAW.

“Kadang kita kalau datang ke satu orang sholeh minta bantuan dikasih ilmu kita jawab butuhnya duit bukan ilmu. Ilmu itu di atas semuanya. Duit bisa habis, kalau ilmu gak akan bisa habis. Semakin diamalkan semakin ditambah,” tutur Habib Novel.

Melanjutkan riwayat tadi, Habib Novel menyampaikan bahwa Rasulullah SAW telah mengajarkan beberapa kalimat untuk melunasi utang. Jika membaca kalimat tersebut, utang setinggi gunung Shobir (salah satu nama gunung di Yaman) pun akan dilunasi oleh Allah.

3 dari 3 halaman

Bacaan Amalannya

Adapun bacaan doa pelunas utang yang diajarkan Rasulullah ke Sayyidina Ali adalah sebagai berikut.

اللَّهُمَّ اكْفِنِي بِحَلالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِي بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahummak fini bi halalika ‘an haramika wa aghnini bifadhlika ‘aman siwaka.

Artinya: "Ya Allah! Cukupilah aku dengan rezekiMu yang halal (hingga aku terhindar) dari yang haram. Perkayalah aku dengan karunia-Mu (hingga aku tidak minta) kepada selain-Mu.”

“Ini hadis riwayat Imam Tirmidzi. Hadis hasan. Dan juga diriwayatkan Imam Al-Hakim. Sanadnya shohih,” tutup Habib Novel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.