Sukses

Benarkah Perang Dunia 3 Jadi Perang Akhir Zaman dan Tanda Kiamat? Buya Yahya Menjawab

Soal Perang Dunia III dan hari kiamat, salah satu jemaah Al Bahjah bertanya kepada KH Yahya Zainul Ma’arif alias Buya Yahya. Jemaah itu bertanya, apakah Perang Dunia III akan menjadi Malhamah Kubra atau peperangan akhir zaman salah satu tanda kiamat akan datang?

Liputan6.com, Jakarta - Pernyataan seorang peramal India bernama Kushal Kumar beberapa waktu lalu sempat bikin heboh jagat maya. Tukang ramal yang dijuluki New Nostradamus itu memprediksi Perang Dunia 3 akan pecah tak lama lagi.

“Sekarang, Selasa, 18 Juni 2024 mempunyai stimulus planet terkuat yang memicu WW3," kata Kushal Kumar kepada The Daily Star.

Kumar menyebut akan ada peningkatan ketegangan di berbagai wilayah seperti antara Israel dan Hamas, Rusia dan NATO, Korea Utara dan Korea Selatan, serta China dan Taiwan. 

Tak hanya memprediksi pecahnya Perang Dunia 3, Kumar juga memperkirakan hari kiamat mungkin terjadi pada 29 Juni 2024. Namun, dalam Islam waktu terjadinya kiamat tidak tahu selain Allah SWT. Bahkan, Rasulullah SAW juga tidak diberi tahu pasti kapan kiamat terjadi. 

Soal Perang Dunia 3 dan hari kiamat, salah satu jemaah Al Bahjah bertanya kepada KH Yahya Zainul Ma’arif alias Buya Yahya. Jemaah itu bertanya, apakah Perang Dunia III akan menjadi Malhamah Kubra atau peperangan akhir zaman salah satu tanda kiamat akan datang?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jawaban Buya Yahya

Menjawab pertanyaan tersebut, Buya Yahya mengatakan bahwa perang seperti Perang Dunia III bisa terjadi kapan saja. Namun, untuk dijadikan itu sebagai Malhamah Kubra tidak bisa. 

“Terjadinya Malhamah Kubra itu nanti ada,” katanya, dikutip dari YouTube Buya Yahya, Kamis (27/6/2024).

Menurut Buya Yahya, tidak semuanya bisa dihubungkan dengan kiamat. Sebab, tanda-tanda kiamat sudah jelas diterangkan dalam Al-Qur’an dan hadis nabi seperti munculnya Dajjal, matahari terbit dari barat, dan sebagainya.

“Tidak semua tanda kiamat kita akan menemuinya. Kewajiban kita adalah meyakini itu semua. Dan tolong jangan menghubungkan kejadian hari ini langsung kepada ayat (tentang kiamat)," ujar Buya Yahya.

"Kalau menduga mungkin iya, tapi jangan dipastikan oh itu ayat ini-ini, mengilmiah-ilmiahkan, menghubung-hubungkan tapi kita bukan ahlinya itu bermasalah. semoga Allah jaga iman kita. Wallahu a’lam,” pungkas Buya Yahya.

3 dari 4 halaman

Tanda Kiamat dalam Hadis Nabi

Mengutip situs Keislaman NU, salah satu hadis nabi yang sahih tentang tanda-tanda kiamat adalah hadis yang diriwayatkan Imam Muslim, diriwayatkan oleh beberapa perawi hadis, dan diakui oleh para ulama. Berikut adalah redaksi hadisnya.

عَنْ حُذَيْفَةَ بْنِ أَسِيدٍ الْغِفَارِيِّ قَالَ اطَّلَعَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْنَا وَنَحْنُ نَتَذَاكَرُ فَقَالَ مَا تَذَاكَرُونَ قَالُوا نَذْكُرُ السَّاعَةَ قَالَ إِنَّهَا لَنْ تَقُومَ حَتَّى تَرَوْنَ قَبْلَهَا عَشْرَ آيَاتٍ فَذَكَرَ الدُّخَانَ وَالدَّجَّالَ وَالدَّابَّةَ وَطُلُوعَ الشَّمْسِ مِنْ مَغْرِبِهَا وَنُزُولَ عِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَيَأَجُوجَ وَمَأْجُوجَ وَثَلَاثَةَ خُسُوفٍ خَسْفٌ بِالْمَشْرِقِ وَخَسْفٌ بِالْمَغْرِبِ وَخَسْفٌ بِجَزِيرَةِ الْعَرَبِ وَآخِرُ ذَلِكَ نَارٌ تَخْرُجُ مِنْ الْيَمَنِ تَطْرُدُ النَّاسَ إِلَى مَحْشَرِهِمْ   

Artinya, “Dari Hudzaifah bin Asid Al Ghifari berkata, Rasulullah SAW menghampiri kami saat kami tengah membicarakan sesuatu. Ia bertanya, ‘Apa yang kalian bicarakan?’ Kami menjawab, ‘Kami membicarakan kiamat.’ Ia bersabda, ‘Kiamat tidaklah terjadi sehingga kalian melihat sepuluh tanda-tanda sebelumnya.’ Rasulullah menyebut kabut, Dajjal, binatang (ad-dābbah), terbitnya matahari dari barat, turunnya Isa bin Maryam AS, Ya'juj dan Ma'juj, tiga gerhana; gerhana di timur, gerhana di barat dan gerhana di jazirah Arab dan yang terakhir adalah api muncul dari Yaman menggiring manusia menuju tempat perkumpulan mereka.” (Lihat Abul Husain Muslim bin Hajjaj bin Muslim An-Naisaburi, Al-Jāmi’us Ṣaḥīḥ, [Beirut, Dārul Afaq Al-Jadidah: tanpa tahun], juz VIII, halaman 178).

Dari hadis tersebut dapat kita ketahui bahwa tanda-tanda kiamat kubra adalah sebagai berikut.

1. Munculnya kabut (dukhan) 

2. Munculnya Dajjal 

3. Munculnya Dabbah 

4. Terbitnya matahari dari barat. 

5. Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj

6. MUnculnya Isa bin Maryam 

7. Adanya tiga gerhana, di timur;  

8. Gerhana di barat

9. Gerhana di jazirah Arab. 

10. Adanya api yang muncul dari Yaman kemudian menggiring manusia menuju tempat berkumpul.

Wallahu a’lam.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.