Sukses

Top 3 Islami: Di Balik Hadis Wanita Diciptakan dari Tulang Rusuk Pria Menurut Gus Baha, Sholawat Penarik Rezeki Pelunas Utang

Ulasan Gus Baha mengenai hadis wanita diciptakan dari tulang rusuk pria ini menjadi artikel terpopuler di kanal Islami Liputan6.com, Jumat (28/6/2024)

Liputan6.com, Jakarta - Rais Syuriyah PBNU KH Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha) menjelaskan makna mendalam dan hikmah di balik hadis wanita diciptakan dari tulang rusuk laki-laki. Menurut dia, ada berbagai hal yang tersurat dan tersirat.

Salah satunya adalah kesetaraan dan kerja sama. Lantas apa yang mesti dilakukan seorang laki-laki terhadap wanita?

Ulasan Gus Baha mengenai hadis wanita diciptakan dari tulang rusuk pria ini menjadi artikel terpopuler di kanal Islami Liputan6.com, Jumat (28/6/2024).

Artikel kedua terpopuler kedua adalah sholawat dengan fadhilah agar rezeki lancar dan utang lunas.

Sementara, artikel ketiga yaitu peringatan Gus Baha mengenai bahaya maksiat hati dan cara menjadi orang bai.

Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami. 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Gus Baha Beberkan Makna Perempuan Diciptakan dari Tulang Rusuk yang Bengkok, Ini Hikmahnya

Perempuan adalah makhluk yang istimewa dari sisi penciptannya. Proses penciptaan perempuan sering kali dirujuk dalam kisah penciptaan manusia pertama, Adam dan Hawa.

Menurut narasi Islam, Allah menciptakan Hawa dari bagian tubuh Adam. Meskipun Al-Qur'an tidak secara eksplisit menyebutkan bahwa Hawa diciptakan dari tulang rusuk Adam, hadis menyatakan hal tersebut.

Hadis ini mengilustrasikan bahwa Hawa diciptakan untuk menjadi pendamping dan pasangan hidup bagi Adam, menekankan pentingnya hubungan dan kerja sama antara laki-laki dan perempuan.

KH Ahmad Bahauddin Nursalim, yang akrab disapa Gus Baha, dalam sebuah ceamah membahas soal perempuan dan penciptaanya.

Mengutip kanal YouTube @AlGhifari27, Gus Baha menjelaskan bagaimana memahami dan menerapkan hikmah dari hadis soal perempuan dalam kehidupan sehari-hari.

Selengkapnya baca di sini

3 dari 4 halaman

2. Agar Rezeki Lancar dan Utang Lunas, Rutin Baca Sholawat Ini

Utang merupakan salah satu dari sekian banyak persoalan yang menimpa banyak manusia. Perihal utang Islam secara tegas melaknat pelakunya yang tidak mau melunasinya.

Tak tanggung-tanggung, dosa tidak membayar utang ini tidak akan terhapus meskipun yang bersangkutan meninggal dalam kondisi syahid sekalipun. Maka hukumnya wajib membayarnya.

Namun, pernah kita mendengar seseorang yang tidak bisa membayar utang-utangnya. Penyebabnya bisa bermacam-macam.

Sebenarnya, jika kita berniat ingin membayar utang, maka Allah SWT akan memberikan jalan keluarnya. Salah satu upaya, selain upaya lahir ialah membaca amalan tertentu sebagai pelunas utang dan pelancar rezeki.

Salah satu amalannya ialah membaca sholawat.

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

3. Hati-Hati Maksiat Hati, Gus Baha Ungkap Cara Sederhana Agar Jadi Orang Baik

Maksiat hati sering kali muncul dalam bentuk pemikiran atau perasaan yang tidak kita sadari, seperti ketika kita bergumam bahwa menjadi koruptor itu menggiurkan karena tampak mudah mendapatkan kekayaan dengan cepat.

Pemikiran semacam ini adalah bentuk dari maksiat hati yang berbahaya, karena mengabaikan dampak negatif yang ditimbulkan oleh korupsi, baik bagi diri sendiri maupun masyarakat.

Korupsi merusak integritas, keadilan, dan kesejahteraan sosial, serta membawa dampak buruk jangka panjang.

KH Ahmad Bahauddin Nursalim, yang akrab disapa Gus Baha, mengupas tentang maksiat hati yang sring dilakukan tanpa disadari. Hal ini tentu berkaitan dengan bagaimana hati dan cara pandang kita terhadap nikmat dan maksiat,

Gus Baha menjelaskan betapa pentingnya memiliki pandangan yang benar dalam menilai perbuatan manusia.

Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.