Sukses

Perangi Dajjal, Berapa Lama Imam Mahdi Jadi Pelindung Umat Akhir Zaman?

Kedatangan Imam Mahdi menjadi kebangkitan bagi umat islam. Ia menjadi sosok yang akan menegakkan keadilan di akhir zaman. Lantas, berapa lamakah masa pemerintahannya selama di dunia?

Liputan6.com, Jakarta - Kelak di akhir zaman, sosok Imam Mahdi akan turun ke muka bumi untuk memerangi dajjal. Dajjal merupakan musuh terbesar bagi umat manusia.

Kemunculan Imam Mahdi juga menjadi salah satu pertanda kiamat. Ia akan datang untuk mendukung agama yang benar, menampakkan keadilan, serta menjadi penguasa kerajaan-kerajaan Islam.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda dalam hadis yang diriwayatkan Abu Said RA;

 “Tidak terjadi hari kiamat kecuali bumi dipenuhi dengan kezaliman dan kesewenang-wenangan, kemudian keluar seorang lelaki dari Ahli Baitku yang memenuhinya dengan keadilan sebagaimana sebelumnya telah dipenuhi kezaliman dan kesewenang-wenangan.” (HR Ibnu Hibban)

Lantas, berapa lamakah Imam Mahdi menjadi pemimpin dan pelindung umat di dunia? Berikut ulasannya melansir dari laman islampos.com.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kisah Imam Mahdi akan Menetap di Dunia 7 Tahun

Imam Mahdi yang bernama lengkap Muhammad bin Abdillah adalah keturunan Fatimah RA. Ia dijuluki Al-Jabir atau penambal kekurangan karena ia kelak menambal kekurangan hati umat Rasulullah SAW.

Adapun Imam Mahdi atau Al-Mahdi adalah bentuk isim ma’ful dari hadaa, hudan, hadyan wa hidaayatan. Ibnu al-Atsir dalam An-Nihayah fi Gharib Al-Hadits berkata, “Al-Mahdi adalah orang yang ditunjukkan Allah SWT pada kebenaran. Kata Al-Mahdi sering digunakan untuk nama sehingga ia seperti sudah menjadi nama yang umum.”

Dikutip dari buku Kemunculan Dajjal & Imam Mahdi Semakin Dekat karya Khalillurahman El-Mahfani, kisah pengangkatan Imam Mahdi dimulai dari perselisihan umat Islam setelah seorang khalifah meninggal. Hal ini dikisahkan dalam sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan Ummu Salamah.

“Akan terjadi perselisihan ketika seorang khalifah meninggal. Lalu keluarlah seorang laki-laki dari penduduk Madinah pergi ke Makkah. Maka, orang-orang Makkah menemuinya dan membawa laki-laki tersebut dengan paksa. Kemudian mereka membaiatnya antara rukun Ka’bah dan Maqam Ibrahim.” (HR. Ahmad dan Abu Dawud)

Pertanda yang paling penting untuk mengetahui pembaiatan Imam Mahdi adalah terbenamnya pasukan musuh umat Islam di Baida’.

Imam Mahdi akan menguasai pemerintahan di dunia selama tujuh tahun. Hal ini bersandar pada sabda Rasulullah SAW, “Dan ia (Imam Mahdi) menetap selama tujuh tahun.” (HR. Abu Dawud)

 

3 dari 3 halaman

Masa Kepemimpinan dan Wafatnya Imam Mahdi

Keadilan pada masa kepemimpinan Imam Mahdi dikisahkan dalam sebuah hadis. Diriwayatkan dari Abu Said RA, Rasulullah SAW bersabda,

“Keluar di akhir umatku Al-Mahdi, pada saat itu Allah mencurahkan hujan padanya, bumi mengeluarkan tumbuh-tumbuhannya, harta dibagikan secara sehat, hewan ternak menjadi melimpah ruah dan umat manusia menjadi banyak. Al-Mahdi hidup selama tujuh atau delapan tahun.” (HR Hakim)

Dinukil dari buku Fitnah Dajjal & Ya’juj dan Ma’juj karya Lilik Agus Saputro, diriwayatkan pula bahwa Nabi Isa AS akan turun pada masa kepemimpinan Imam Mahdi. Beliau akan menunaikan salat berjamaah di belakang Imam Mahdi, sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan Jabir bin Abdillah RA,

“Isa bin Maryam turun, lalu pemimpin kaum mukminin berkata kepadanya, ‘Marilah kamu mengimami salat kami,’ Nabi Isa AS menjawab, ‘Tidak, sesungguhnya sebagian umat mukmin adalah pemimpin bagi sebagian yang lain sebagai bentuk penghormatan Allah terhadap umat ini,’ kata Nabi Isa AS.” (HR Al-Harits bin Abi Usamah)

Kelak, Imam Mahdi akan dipanggil (diwafatkan) oleh Allah SWT di Kufah setelah pertempuran dengan Dajjal. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW,

“Dan setelah itu turunlah Dajjal, kemudian turunlah Nabi Isa AS. Lalu Nabi Isa AS dan Imam Mahdi saling tolong-menolong untuk membunuh Dajjal. Lalu, Imam Mahdi meninggal dunia dan orang-orang Islam menyalatkan jenazahnya.”

Wallahu a’lam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.