Sukses

Top 3 Islami: Kisah Karomah Mbah Kholil Bangkalan yang Bikin Takjub Gurunya, Doa Syaikh Abdul Qadir al-Jilani Bikin Iblis Terbakar

Kisah karomah Mbah Kholil Bangkalan yang membuat gurunya takjub ini menjadi artikel terpopuler di kanal Islami Liputan6.com, Kamis (4/7/2024)

Liputan6.com, Jakarta - Syaikhona Kholil Bangkalan bukan ulama biasa. Masyarakat meyakini, Mbah Kholil adalah waliyullah atau wali Allah.

Lazimnya wali, Mbah Kholil Bangkalan juga dianugerahi berbagai karomah. Bahkan, keistimewaan Mbah Kholil sudah tampak sejak masih muda, tatkala nyantri.

Kisah karomah Mbah Kholil Bangkalan yang membuat gurunya takjub ini menjadi artikel terpopuler di kanal Islami Liputan6.com, Kamis (4/7/2024).

Artikel kedua yang tak kalah menyita perhatian adalah kisah iblis yang terbakar oleh doa Syaikh Abdul Qadir al-Jilani.

Sementara, artikel ketiga terpopuler yaitu kisah ibunda Syaikh Abdul Qadir yang mengandung di usia senja, 60 tahun.

Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Gula Madura dan Kisah Karomah Mbah Kholil Bangkalan yang Bikin Bingung Gurunya

Sudah bukan rahasia lagi jika seorang wali Allah melakukan hal-hal yang di luar nalar manusia biasa. Itu bisa termasuk karomah-nya yang dianugerahkan Allah kepada hamba-hamba pilihan.

Karomah khusus diberikan Allah kepada hamba-hamba-Nya yang bukan nabi dan rasul. Karomah yang diberikan beda-beda. Menilik kisah, ada karomah wali yang bisa menyembuhkan orang sakit luar biasa, berpindah tempat dalam sekejap, dan masih banyak lagi jenis karomah lain.

Salah satu wali Allah yang diyakini memiliki karomah adalah Syaikhona Kholil Bangkalan. Dzurriyah dan santri-santrinya dalam berbagai kesempatan kerap membagikan kisah karomah yang pernah dialami Mbah Kholil semasa hidupnya.

Dari sekian karomah Mbah Kholil, salah satu kisah yang dibagikan di laman resmi Pesantren Syaichona Moh Cholil adalah ketika dirinya masih menjadi santri KH Asyik. 

Kala itu, sang guru minta Mbah Kholil membawa gula madura untuk acara di pesantrennya. Namun, keanehan terjadi dan sempat membuat KH Asyik bingung. 

Apa yang terjadi? Berikut kisah selengkapnya, semoga dapat mengambil hikmahnya.

Selengkapnya baca di sini

3 dari 4 halaman

2. Kisah Iblis Terbakar oleh Kekuatan Doa Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani

Tak ada seorang manusia pun yang luput dari cobaan dan godaan iblis laknatullah. Termasuk manusia yang memiliki derajat waliyullah seperti halnya Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani.

Sebagai sosok wali Allah atau kekasihnya Allah SWT, iblis tidak segan-segan untuk menggoda Syekh Abdul Qadir Al-Jailani dan ingin menyesatkannya.

Namun, Syaikh Abdul Qadir al-Jilani tak mempan dengan tipu daya iblis yang berusaha menjauhkan dari Rabbnya.

Dengan kekuatan doa, wali yang memiliki segudang julukan agung ini berhasil mengalahkan iblis dan selamat dari tipu dayanya. Berikut ini kisahnya.

Selengkapnya baca di sini

4 dari 4 halaman

3. Kisah Ibunda Syaikh Abdul Qadir al-Jilani Mengandung di Usia 60 Tahun

Syaikh Abdul Qadir Al-Jilani merupakan sosok ulama besar yang memiliki derajat waliyullah. Beliau lahir dari seorang ibunda yang merupakan putri seorang sufi ternama di zamannya yaitu Sayyid Abdullah Sauma’i.

Kepopuleran namanya pun diakui pada ilmuwan Barat yang menjulukinya sebagai seorang wali yang paling tersohor di dunia. Ada pula yang menyebut, beliau merupakan orang suci terbesar dalam dunia Islam.

Lepas dari kepopuleran namanya yang diakui oleh para ilmuwan tersebut, terdapat kisah yang aneh seputar ibunda Syaikh Abdul Qadir al-Jilani.

Ibunda Abdul Qadir al-Jilani sewaktu mengandung ternyata saat usianya sudah tidak muda lagi. Boleh dibilang usianya terkategori sudah sangat tua.

Selengkapnya baca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.