Sukses

Hadis Puasa Sunnah Muharram, Tasu'a dan Asyura serta Keutamaannya

Banyak hadis yang memiliki derajat shahih yang menerangkan perihal amalan di bulan Muharram

Liputan6.com, Cilacap - Penamaan Asyura sebagai hari di Bulan Muharram ini berasal dari bahasa Arab yakni ‘Asyr yang artinya sepuluh. Dengan demikian, hari Asyura merupakan hari kesepuluh di bulan Muharram.

Muharram sendiri merupakan salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Bahkan, bulan ini mendapatkan sebutan agung sebagai syahrullah atau bulannya Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda bahwa salah satu keutamaan bulan Muharram ialah bulan dilipatgandakan pahala. Demikian pula sebalikhnya dosa juga dilipatgandakan.

Oleh sebab itu pada bulan ini sangat baik untuk melaksanakan amalan-amalan tertentu yang bernilai ibadah. Berikut penjelasan tentang hadis shahih yang menerangkan tentang amalan puasa di bulan Muharram.

 

Simak Video Pilihan Ini:

2 dari 3 halaman

Hadis Sahih tentang Amalan di Hari Asyura

Ada hadis yang dinila shahih dalam kaitannya dengan puasa Asyura. Menukil NU Online, dari keshahihan hadits puasa Asyura, bahkan Imam Bukhari dalam kitabnya Shahih al-Bukhari sampai membuat satu bab khusus yang menyebutkan hadits-hadits puasa Asyura’ dengan judul Bab Shiyam Yaumi Asyura’.

Berarti puasa Asyura sunnahnya tidak perlu diperdebatkan lagi. Berikut contoh hadits di dalam shahih Bukhari dari Ibnu Abbas yang juga masyhur di tengah masyarakat:

قَدِمَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ المَدِينَةَ فَرَأَى اليَهُودَ تَصُومُ يَوْمَ عَاشُورَاءَ، فَقَالَ: «مَا هَذَا؟»، قَالُوا: هَذَا يَوْمٌ صَالِحٌ هَذَا يَوْمٌ نَجَّى اللَّهُ بَنِي إِسْرَائِيلَ مِنْ عَدُوِّهِمْ، فَصَامَهُ مُوسَى، قَالَ: «فَأَنَا أَحَقُّ بِمُوسَى مِنْكُمْ»، فَصَامَهُ، وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ

Artinya: “Nabi Muhammad ﷺ datang ke kota Madinah. Beliau kemudian melihat orang Yahudi puasa pada hari Asyura’. Lalu Rasul bertanya ‘Ada kegiatan apa ini?’ Para sahabat menjawab ‘Hari ini adalah hari baik yaitu hari di mana Allah menyelamatkan Bani Israil dari musuh mereka kemudian Nabi Musa melakukan puasa atas tersebut.’ Rasul lalu mengatakan ‘Saya lebih berhak dengan Musa daripada kalian’. Nabi kemudian berpuasa untuk Asyura’ tersebut dan menyuruh pada sahabat menjalankannya.” (HR Bukhari: 2004).

3 dari 3 halaman

Diperintahkan sebelum Ada Kewajiban Puasa Ramadhan

Puasa Asyura’ awalnya diperintahkan Nabi sebelum ada kewajiban puasa Ramadhan. Setelah disyariatkannya puasa Ramadhan, Nabi memberi kebabasan bagi siapa saja yang ingin menjalankan dan bagi siapa saja yang ingin meninggalkan.

Hadits ini diriwayatkan dari Aisyah, istri Nabi Muhammad ﷺ 

: كَانَ يَوْمُ عَاشُورَاءَ تَصُومُهُ قُرَيْشٌ فِي الجَاهِلِيَّةِ، وَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُهُ، فَلَمَّا قَدِمَ المَدِينَةَ صَامَهُ، وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ، فَلَمَّا فُرِضَ رَمَضَانُ تَرَكَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ، فَمَنْ شَاءَ صَامَهُ، وَمَنْ شَاءَ تَرَكَهُ

Artinya: “Puasa Asyura’ adalah puasa yang dilakukan oleh orang Quraisy pada zaman jahiliyyah dan Rasulullah ﷺ juga melakukan puasa pada hari itu. Ketika Nabi datang ke Madinah juga melakukan puasa dan menyuruh para sahabat menjalankan puasa Asyura’. Namun ketika puasa Ramadhan mulai diwajibkan, Nabi meninggalkan puasa Asyura’. Maka barangsiapa yang ingin berpuasa, silakan, dan siapa saja yang ingin meninggalkan, juga silakan,” (HR Bukhari: 2002).

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul