Sukses

Geger Cek Khodam di Medsos, Buya Yahya Peringatkan Bahaya Berurusan dengan Jin

Fenomena cek khodam viral di media sosial, berikut ini kata Buya Yahya

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial (Medsos) masih saja geger soal cek khodam, sosok KH Yahya Zainul Ma'arif, yang lebih dikenal sebagai Buya Yahya, memberikan tanggapan tegas terkait fenomena khodam yang ramai diperbincangkan akhir-akhir ini.

Buya Yahya mengingatkan umat Muslim untuk tidak terjebak dalam permasalahan yang melibatkan jin atau khodam.

Buya Yahya menyampaikan bahwa melibatkan diri dengan jin, termasuk khodam, sangatlah berbahaya dan dapat menyesatkan akidah seseorang.

"Maka Anda jangan urusan dengan jin khodam. Kalau Anda baik tidak akan diganggu oleh siapapun, Allah yang menjaga anda," tegas Buya Yahya, dalam ceramahnya yang salah satunya diunggah di YouTube kanal @AlBahjahTv.

Ia menambahkan bahwa jin, seperti halnya manusia, memiliki akidah yang beragam, termasuk yang sesat dan dapat menjerumuskan.

Oleh karena itu, berurusan dengan jin sangatlah berisiko dan dapat menimbulkan banyak kebohongan.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sikap Tegas Buya Yahya

"Ini bahaya sekali urusan sama jin, kemudian nanti banyak bohongnya. Jadi enggak usah berurusan dengan yang demikian itu," lanjutnya.

Buya Yahya juga mengingatkan agar umat Muslim tidak mudah percaya dengan klaim-klaim orang yang mengaku bisa melihat jin.

Menurutnya, jika jin menjelma menjadi bentuk tertentu, seperti ular atau manusia, itu mungkin terjadi. Namun, dalam bentuk aslinya, jin tidak bisa dilihat oleh manusia.

"Kalau ada jin menjelma, jin itu akan tampak kalau dia menjelma menjadi ular masuk rumah kita, menjelma menjadi bentuk manusia atau apa, tapi kalau dalam bentuk aslinya, kita tidak akan bisa melihatnya," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Biasanya Berbohong dan Menipu

Lebih lanjut, Buya Yahya mengutip pendapat Imam Syafi'i mengenai klaim seseorang yang mengaku bisa melihat jin. "Kata Imam Syafi'i, jika ada orang mengatakan bahwa dia melihat jin maka ditolak kesaksiannya. Sebenarnya dia itu hanya ingin menakut-nakuti orang saja," ujarnya.

Ia menegaskan bahwa orang yang mengaku bisa melihat jin biasanya hanya ingin berbohong dan menipu orang lain. "Seperti orang ngomong aku punya pendekar 16 di belakangku, kayak ngomong gitu loh, ingin bohong," kata Buya Yahya dengan nada peringatan.

Dalam ceramah tersebut, Buya Yahya juga mengingatkan bahaya besar yang dapat timbul dari berurusan dengan jin. Menurutnya, jin dapat menyesatkan manusia dari jalan yang benar dan menimbulkan kerusakan dalam kehidupan.

"Hati-hati, bahayanya besar urusan dengan jin saudara," tegasnya lagi.

Buya Yahya mengajak umat Muslim untuk selalu mengandalkan Allah dalam segala hal dan tidak bergantung pada makhluk lain, termasuk jin.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.