Sukses

Benarkah Doa Bersama dengan Ulama Lebih Mudah Terkabul? Simak Penjelasan Buya Yahya

Jangan sepelekan doa bersama, Buya Yahya buka persoalan doa bareng-bareng alasannya masuk akal banget.

Liputan6.com, Jakarta - Kita mungkin sering melakukan doa bersama, namun tidak selalu menyadari keutamaan dan makna yang mendalam di balik itu.

Doa bersama, terutama ketika dipimpin oleh seorang ulama, sebenarnya hal ini membawa banyak keberkahan.

Ulama, dengan ilmu dan kedekatan spiritualnya, dapat memanjatkan doa-doa yang penuh keikhlasan dan keyakinan, sehingga memperbesar peluang doa tersebut dikabulkan oleh Allah SWT.

Buya Yahya dalam sebuah majelisnya, menyarankan agar umat Islam melakukan doa bersama dengan ulama. Menurutnya, ada keutamaan khusus dalam doa yang dilakukan bersama-sama, terutama saat doa dipimpin oleh seorang ulama.

"Dianjurkan doa bersama seperti itu, satu berdoa dan yang lain mengamini," ujar Buya Yahya, dikutip laman Youtube kanal @buyayahyaofficial.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa Kita Sempit Banget

Ia menambahkan bahwa sering kali doa yang kita panjatkan bersifat sempit dan kurang lengkap. "Kadang-kadang kita ini doanya sempit, dari kemarin minta fulus tok, lupa anaknya agak bandel," katanya sambil tersenyum

Buya Yahya menjelaskan bahwa doa dari ulama sering kali lebih lengkap dan menyeluruh. "Doanya orang alim lebih lengkap, doanya Nabi lengkap, doanya orang-orang yang cerdas lengkap," jelasnya.

Ini menunjukkan bahwa ulama memiliki kepekaan dan pemahaman yang lebih mendalam tentang kebutuhan dan permasalahan umat.

Dalam ceramahnya, Buya Yahya mencontohkan bahwa doa yang dilakukan oleh banyak orang biasanya hanya fokus pada satu masalah saja. "Doa kita ya Allah utang-utang, utang ya habis bayar utang sakit pinggang nanti," ujarnya setengah bercanda.

Menurutnya hal ini menunjukkan bahwa kita sering kali lupa meminta hal-hal lain yang juga jauh lebih penting.

3 dari 3 halaman

Doanya Ulama Lengkap Banget

Menurut Buya Yahya, doa dari ulama lebih komprehensif dan mencakup berbagai aspek kehidupan. "Berdoa para ulama kadang lengkap, apapun diminta," ujarnya.

Oleh karena itu, berdoa bersama ulama bisa memberikan manfaat lebih besar karena doa yang dipanjatkan lebih menyeluruh.

Buya Yahya juga menekankan pentingnya mengamini doa yang dipanjatkan oleh orang lain.

"Jika ada yang berdoa kemudian yang lain mengamini, ternyata ini menjadi sebab dikabulkannya doa untuk yang berdoa dan untuk yang mengamininya," tegasnya.

Mengamini doa orang lain juga bisa membawa berkah dan kebaikan bagi diri kita sendiri. Selain itu, Buya Yahya menyebutkan bahwa berdoa bersama ulama bisa membantu kita menyadari hal-hal penting yang mungkin kita lewatkan dalam doa kita.

"Doa bersama ulama membuat kita ingat akan hal-hal yang sering kali kita lupakan," jelasnya. Ini karena ulama biasanya memiliki wawasan yang lebih luas dan mendalam tentang apa yang perlu kita mintakan kepada Allah.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.