Sukses

10 Hewan yang Diizinkan oleh Allah Masuk Surga, Apa Saja?

Sebagaimana disebutkan dalam berbagai kisah, terdapat beberapa hewan yang dijamin akan masuk surga. Hewan-hewan tersebut memiliki peran penting dalam perjalanan hidup para nabi dan rasul.

Liputan6.com, Jakarta - Surga adalah alam yang penuh kenikmatan dimana orang-orang baik berkumpul di dalamnya. Surga menjadi tempat yang sangat diidamkan oleh semua orang.

Namun, ternyata surga bukan hanya menjadi tempat bagi manusia. Ada sejumlah hewan yang disebut bakal turut menempati surga.

Sebagaimana yang kerap kali dipertanyakan tentang nasib hewan di akhirat kelak, dan benar di antaranya ada yang akan masuk ke dalam surga Allah.

Disebutkan dalam berbagai kisah, bahwa terdapat beberapa hewan yang dijamin akan masuk surga. Hewan-hewan ini memiliki peran penting dalam perjalanan hidup para nabi dan rasul.

Lalu, sebenarnya hewan apa saja yang diizinkan oleh Allah untuk memasuki surga? Berikut ulasannya mengutip dari laman merdeka.com.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Buraq Rasulullah SAW 

Hewan yang pertama yakni buraq Rasulullah yang dijadikan kendaraan saat momen Isra' Miraj. Dalam sejumlah hadis riwayat, buraq digambarkan sebagai hewan selayaknya kuda putih bersayap.

Hewan yang terpilih oleh malaikat Jibril ini disebut buraq lantaran kecepatan kilatnya yang dapat mengantarkan Rasulullah menempuh perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa serta Sidratul Muntaha dalam waktu satu malam saja.

2. Anak Sapi Nabi Ibrahim

Sementara itu, hewan yang kedua adalah anak sapi Nabi Ibrahim yang disembelih serta disajikannya kepada tiga tamu istimewa. Usut punya usut, tamu tersebut enggan menikmatinya lantaran merupakan jelmaan malaikat yang tak menyantap makan atau minum.

Jelmaan malaikat menjadi ketiga tamu tersebut tak lain membawa kabar jika Nabi Ibrahim bakal segera mendapatkan putra salih bersama sang istri Sarah.

Sebagai balasannya, anak sapi Nabi Ibrahim yang disuguhkan tersebut bakal mendapatkan surga di hari akhir nanti. Hal tersebut pun sesuai dengan QS. adz-Dzariyat ayat 24-30. 

3. Hudhud Ratu Bilqis 

Hewan yang dijanjikan surga selanjutnya adalah burung hudhud yang diutus Nabi Sulaiman. Sesuai dengan QS. an-Naml ayat 20-40, hudhud merupakan burung yang memiliki kemampuan istimewa.

Dia mampu terbang mengitari istana Saba' milik Ratu Bilqis dan mengabarkannya kepada Nabi Sulaiman. Setelah memberi dakwah kepada Ratu Bilqis melalui perantara burung hudhud, Nabi Sulaiman lantas kian yakin terhadap kemampuan ajaib burung hudhud tersebut.

Berkat jasanya yang dapat menghubungkan Nabi Sulaiman dan Ratu Bilqis, burung hudhud pun diketahui bakal diganjar surga.

3 dari 4 halaman

4. Unta Nabi Shaleh AS

Allah memberi mukjizat kepada Nabi Shaleh berupa unta hamil yang keluar dari batu. Unta itu menghasilkan susu segar yang dapat dinikmati masyarakat di kampungnya. Tak terduga, di antara penduduk Tsamud justru terdapat yang jahat hingga tega membunuh unta.

Akibat perbuatan kaum Tsamud tersebut, Allah menurunkan Azab hujan batu kepada mereka. Nabi Shaleh dan orang-orang beriman selamat, sementara mereka binasa. Dikabarkan, unta ini diizinkan untuk masuk surga sesuai firman Allah pada QS. al-A'raf ayat 73. 

5. Kambing Nabi Ismail AS 

Kambing pengganti Nabi Ismail as juga menjadi salah satu hewan yang diperkenankan Allah masuk surga. Diceritakan, hewan penyelamat Nabi Ismail as tersebut dalam kondisi gemuk dan sehat.

Cerita dramatis ini pun dimuat dalam Al-Quran, tepatnya dalam surah Ash-Shaffat ayat 102-107. Melalui kisah tersebut, umat Islam lantas diperintahkan untuk menyembelih hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha.

6. Anjing Ashabul Kahfi

Anjing yang turut mendampingi sekelompok pemuda yang tertidur d dalam gua selama tiga abad diketahui diperkenankan Allah untuk masuk surga. Tujuan awal mereka masuk ke dalam gua adalah melarikan diri dari kekejaman Raja Decyanus yang dikenal pemimpin yang ingkar.

Setelah masuk gua, pemuda Ashabul Kahfi yang terdiri dari tujuh orang dan ditemani seekor anjing itu dibuat tertidur oleh Allah selama ratusan tahun. Begitu terbangun dari tidur, mereka berhasil selamat dan memiliki kehidupan lebih baik dari zaman sebelumnya.

4 dari 4 halaman

7. Semut Nabi Sulaiman AS

Semut yang berbincang dengan Nabi Sulaiman juga turut diizinkan masuk surga. Diketahui, raja semut memerintahkan rakyatnya untuk segera memasuki sarang saat Nabi Sulaiman beserta pasukan melintas.

Setelah berbincang dengan raja semut, Nabi Sulaiman mengetahui bahwa mereka takut merasa takjub terhadap pasukan melebihi rasa taat kepada Allah SWT.

8. Ikan Nabi Yunus AS

Ikan paus yang menelan Nabi Yunus as selama 40 hari juga diizinkan Allah untuk masuk surga. Diketahui selama di dalam perut ikan tersebut, Nabi Yunus senantiasa berdoa dan meminta ampun kepada Allah SWT lantaran meninggalkan kaumnya.

Setelah dirinya berhasil keluar dari perut ikan, Nabi Yunus kembali menemui kaumnya dan cukup terkejut lantaran mereka telah beriman kepada Allah SWT. Sejak ditinggalkan, ternyata kaumnya menyadari kebenaran perkataan dari Nabi Yunus. 

9. Keledai Nabi Uzair 

Kekuasaan Allah dibuktikan pada seekor keledai yang disaksikan langsung oleh Nabi Uzair as. Keledai tersebut diutus Allah untuk menjawab pertanyaan Nabi Uzair saat melintasi sebuah desa yang hancur dengan tulang manusia berserakan.

Nabi Uzair penasaran dengan kekuasaan Allah yang dapat menghidupkan tubuh-tubuh hancur. Seketika, dia beserta keledainya ditidurkan selama 100 tahun hingga hancur. Saat terbangun, tubuhnya serta keledai dapat kembali utuh.

10. Sapi Betina Bani Israil

Hewan terakhir yang dijamin masuk surga adalah sapi betina Bani Israil. Sapi betina tersebut menjadi utusan Allah saat Nabi Musa mendapatkan pertanyaan dari Bani Israil mengenai pria kaya yang dibunuh misterius.

Sapi betina tersebut disembelih lalu dipukulkan ke jenazah. Akhirnya, jenazah tersebut dapat menjawab pembunuhnya hingga menjadi titik terang. Hasilnya, sapi betina tersebut diganjar Allah bakal masuk surga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.