Sukses

Ciri-Ciri Sholat Diterima Allah, Perhatikan 4 Tanda Ini

Tak ada yang dapat menjamin apakah sholat yang dikerjakan setiap harinya diterima atau tidak oleh Allah SWT. Namun, beberapa tanda ini dapat menjadi isyarat diterimanya sholat.

Liputan6.com, Jakarta - Sesungguhnya tugas manusia di muka bumi tidak lain hanyalah untuk beribadah kepada Allah. Salah satunya dengan menunaikan sholat.

Sholat merupakan tiang agama dalam rukun Islam setelah syahadat. Sholat terbagi menjadi dua macam yaitu sholat wajib atau fardhu dan sholat sunnah.

Sholat fardhu dilaksanakan setiap harinya. Sholat ini terdiri dari sholat subuh, zuhur, asar, maghrib dan isya. Sementara sholat sunnah juga ada banyak jenisnya.

Tak ada yang bisa menjamin dan tahu dengan pasti apakah sholat yang kita lakukan setiap hari diterima atau tidak. Namun tahukah Anda?

Ternyata ada beberapa tanda yang mengisyaratkan diterimanya sholat seseorang oleh Allah SWT. Berikut ulasannya merangkum dari laman dream.co.id.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Merendahkan diri

Tanda pertama sholat yang diterima Allah SWT adalah sholat yang dilakukan dengan merendahkan diri. Maksudnya, sholat yang dilakukan dengan khusyuk, menjiwai, takut dan merendahkan diri di hadapan Allah.

Contohnya seperti Ali bin Abi Thalib yang setiap akan melaksanakan sholat, tubuhnya gemetar dan wajahnya pucat pasi. Seseorang pun bertanya pada beliau, "Ada apa dengan Engkau, wahai Amirul Mu'minin?" Ali menjawab, " Engkau tidak tahu bahwa sebentar lagi aku akan menghadapi waktu amanah." Beliau melanjutkan, " Sholat adalah suatu amanah Allah yang pernah ditawarkan kepada langit, bumi, dan bukit untuk memikulnya. Tetapi, mereka menolaknya karena khawatir akan mengkhianatinya, dan sekarang aku mengembannya."

Tak jauh berbeda dengan Ali, Khalifah Umar bin Khattab yang dikenal sangat gagah berani bahkan ditakuti setan pun senantiasa bercucuran air mata setiap melaksanakan sholat.

3 dari 4 halaman

Menahan Nafsu

Tanda kedua yang menunjukkan diterimanya sholat seseorang adalah apabila sholatnya tersebut mampu menjadi alat kontrol untuk mengendalikan hawa nafsunya. 

Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang sholatnya tidak mencegah dari kejelekan dan kemungkaran, maka salatnya hanya akan menjauhkan dirinya dari Allah SWT."

Dalam hadis lain, Rasulullah bersabda, " Nanti, pada hari kiamat, ada orang yang membawa sholatnya di hadapan Allah SWT. Kemudian sholatnya diterima dan dilipat-lipat seperti dilipat-lipatnya pakaian yang kotor dan usang. Lalu salat itu dilemparkan ke wajahnya."

4 dari 4 halaman

Banyak Berzikir

Tanda ketiga diterimanya sholat seseorang adalah apabila sholat tersebut menjadi motivasi baginya untuk semakin banyak berzikir mengingat Allah serta menambah amal ibadah lagi dan lagi.

Seperti yang Allah SWT firmankan dalam surah Al-Mulk ayat 2, "Allah akan menguji kamu siapa yang paling baik amalannya."

Kesalehan Sosial

Orang yang sholatnya diterima tidak hanya akan beramal untuk mensalehkan diri sendiri. Namun juga saleh secara sosial. Hal ini antara lain ditunjukkan dengan kepeduliannya pada kondisi orang-orang di sekitarnya. Peduli pada anak yatim, fakir miskin, pada orang-orang yang terkena musibah dan pada orang lain yang membutuhkan pertolongan.

Rasulullah SAW bersabda, ”Orang yang dermawan dekat dengan Allah, dekat dengan manusia, dan dekat dengan surga, sedangkan orang yang bakhil atau pelit, jauh dari Allah, jauh dari manusia, dan dekat dengan neraka.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.