Sukses

7 Lapis Langit yang Dilalui Rasulullah saat Isra Mi'raj, Begini Gambarannya Menurut Al-Quran

Langit merupakan ciptaan Allah yang masih menjadi misteri. Sang Maha Pencipta secara tegas menginformasikan bahwa langit berjumlah tujuh. Begini gambaran tujuh lapis langit yang dilalui Rasulullah saat peristiwa Isra Mi'raj tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Allah SWT telah menciptakan langit yang terdiri dari tujuh lapisan, sebagaimana disebutkan dalam firman-Nya:

هُوَ الَّذِيْ خَلَقَ لَكُمْ مَّا فِى الْاَرْضِ جَمِيْعًا ثُمَّ اسْتَوٰٓى اِلَى السَّمَاۤءِ فَسَوّٰىهُنَّ سَبْعَ سَمٰوٰتٍ ۗ وَهُوَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ ࣖ

Artinya: "Dialah (Allah) yang menciptakan segala apa yang ada di bumi untukmu kemudian Dia menuju ke langit, lalu Dia menyempurnakannya menjadi tujuh langit. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu." (QS. Al-Baqarah: 29)

Dalam surah lain juga menerangkan bahwa tujuh langit tersebut diciptakan dalam dua masa dan Allah mewayuhkan pada tiap-tiap langit urusannya (QS. Fushshilat: 12).

Langit itu sangatlah luas dan mengandung misteri. Hanya Rasullulah SAW yang telah menyaksikan keagungan ciptaan Allah SWT yang satu ini yaitu pada peristiwa Isra Mi’raj.

Atas izin-Nya, Rasulullah telah melakukan sebuah perjalanan spiritual lintas langit yang menakjubkan, dari bumi menembus tujuh lapis langit. Lantas, bagaimanakah gambaran 7 lapisan langit yang dilalui oleh Rasulullah tersebut?

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gambaran 7 Lapis Langit yang Disebutkan oleh Allah SWT

Sang Maha Pencipta secara tegas menginformasikan bahwa langit berjumlah tujuh. Adapun langit versi pertama (Langit sughro) adalah langit atmosfer, maka jelas bahwa yang dimaksud tujuh langit adalah lapisan-lapisan atmosfer yang berjumlah tujuh buah itu.

Bagaimana dengan tujuh langit kubro? Inilah yang masih menjadi misteri besar bagi manusia. Ada beberapa pemahaman tentang ini. Ada yang memahami bahwa langit kubro ini juga secara fisik berlapis-lapis, sebagaimana langit sughro.

Ada juga yang memahaminya bukan sebagai lapisan fisik, tapi lapisan dimensi sebagaimana terdapat dalam buku “Terpesona di Sidratul Muntaha,” karya Agus Mustofa. Jika langit kubro pertama yang kita tempati berdimensi tiga, maka langit kedua, ketiga, keempat dan seterusnya adalah alam berdimensi empat, lima, enam dan seterusnya.

Pemahaman versi ini mengatakan bahwa manusia hidup di langit dimensi tiga, jin hidup di alam langit dimensi empat, arwah orang awam hidup di alam langit dimensi lima, arwah para aulia, syuhada, malaikat, dan para nabi hidup di alam langit dimensi yang lebih tinggi tergantung kedudukannya.

3 dari 3 halaman

Pertemuan Nabi ketika Isra Mi’raj

Ketika peristiwa Isra Mi’raj, Nabi bertemu dengan beberapa nabi di berbagai lapisan langit. Nabi Muhammad bertemu Nabi Ibrahim di langit ke tujuh, bertemu Nabi Musa di langit ke enam. Juga bertemu dengan Nabi Adam, Nabi Yusuf di lapisan langit-langit lainnya. 

Penghuni langit berdimensi lebih rendah tidak dapat melihat penghuni langit berdimensi lebih tinggi. Tapi penghuni langit berdimensi lebih tinggi dapat melihat penghuni langit yang berdimensi lebih rendah. Itulah sebabnya:

  • Manusia tidak dapat melihat jin, tapi jin dapat melihat manusia
  • Manusia tidak bisa mendengar rintihan arwah yang sedang disiksa, tapi arwah dapat mendengar bunyi alas kaki para pengantar jenazahnya

Bagaimanapun tentang tujuh langit adalah misteri. Hanya Sang Khalik yang tahu pasti. Wallahu alam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.