Sukses

3 Golongan Orang yang Berbahagia dengan Wajah Berseri di Hari Kiamat, Siapakah Mereka?

Di antara golongan yang nantinya dibangkitkan pada hari kiamat adalah orang-orang yang berbahagia dengan raut wajah berseri-seri. Golongan seperti apakah mereka?

Liputan6.com, Jakarta - Kiamat pasti akan datang tanpa seorang pun tau kapan waktu terjadinya. Namun, akan ada pertanda yang muncul sebelum datangnya kiamat itu.

Setelah terjadinya kiamat, manusia akan dibangkitkan dari alam kubur untuk dikumpulkan di Padang Mahsyar. Sesuai dengan firman Allah dalam surah Al-Mukminun ayat 15-16, yang artinya:

“Kemudian, sesudah itu, Sesungguhnya kamu sekalian benar-benar akan mati. Kemudian, Sesungguhnya kamu sekalian akan dibangkitkan (dari kuburmu) di hari kiamat.” (QS. Al-Mukminun: 15-16).

Dalam surah lainnya juga disebutkan bahwa manusia akan dibangkitkan dengan keadaan kondisi wajah yang berbeda-beda tergantung amal perbuatan mereka. 

Beruntunglah bagi orang-orang yang muncul dengan perasaan gembira dan wajah tampak berseri-seri karena perbuatan amal shalehnya. Lantas siapakah mereka? Berikut ulasannya mengutip dari laman daaruttauhiid.org.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Golongan Orang yang Berbahagia di Hari Kiamat

Pertama, bertaqwa kepada Allah. Sebagaimana Allah berfirman dalam Al Quran: “Dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, mereka itu penghuni surga. Mereka kekal di dalamnya.” (QS. Al-Baqarah: 82)

Kedua, orang yang selalu mengingat Allah. Orang-orang yang selalu mengingat Allah Ta’ala dalam keadaan baik maupun susah.

Orang-orang yang hatinya selalu terhubung ke Allah Ta’ala dengan cara tidak lupa bersyukur, beristighfar, dan berdoa kepada Allah. Hal tersebut pernah diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam suatu hadis.

“Barangsiapa mengucapkan Subhanallah wabihamdihi Maha suci Allah dan segala pujian hanya untuk-Nya sehari seratus kali, maka kesalahan-kesalahannya akan terampuni walaupun sebanyak buih di lautan.” (HR. Bukhari)

Ketiga, orang yang berjihad di jalan Allah. Orang-orang yang berjihad di jalan Allah akan dibangkitkan di hari kiamat dengan wajah yang berseri, karena orang yang berjihad telah mengorbankan segala sesuatu untuk membela agama Allah dan akan mendapatkan pahala yang besar dari sisi Allah Ta’ala.

Orang yang meninggal dalam kondisi syahid, nanti akan dikumpulkan bersama para Nabi, para shiddiqin, para shalihin, dan para syuhada.

Orang-orang syahid juga akan mendapatkan syafaat dari baginda Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam. Semoga kita termasuk golongan orang yang diselamatkan di hari kiamat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.