Sukses

Mau Sukses Dunia dan Akhirat? Lakukan 5 Hal Ini Kata Ustadz Das’ad Latif

Bagi muslim, kesuksesan tidak hanya berlangsung di dunia, tapi harus sampai akhirat. Lalu apa kunci sukses dunia dan akhirat?

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi sukses adalah dambaan setiap orang. Untuk menggapai kesuksesan, orang kerap mencari tahu apa saja yang menjadi kuncinya.

Kesuksesan bisa memudahkan seorang muslim dalam berbuat kebaikan. Kesempatan bersedekah dan menolong orang lain kian terbuka.

Menurut hasil survei Thomas J. Stanley, beberapa kunci yang bisa menentukan kesuksesan seseorang yaitu kejujuran, disiplin keras, mudah bergaul, dan dukungan pendamping.

Kemudian kerja keras, kecintaan pada pekerjaan, kepemimpinan, kepribadian kompetitif, hidup teratur, dan kemampuan menjual ide juga menjadi faktor kesuksesan menurut Thomas J. Stanley.

Bagi muslim, kesuksesan tidak hanya berlangsung di dunia, tapi harus sampai akhirat. Lalu apa kunci sukses dunia dan akhirat?

Ada beberapa faktor yang bisa menjadikan muslim sukses dunia dan akhirat. Menurut pendakwah kondang Ustadz Das’ad Latif, setidaknya ada lima kunci sukses dunia dan akhirat yang dapat dilakukan oleh setiap muslim.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Menuntut Ilmu

Kunci sukses yang pertama adalah “uthlubul ilma" atau menuntut ilmu. “Kalau kalian mau sukses, maka jangan jadi umat yang bodoh," tegas Ustad Das'ad Latif, dikutip dari YouTube Cahaya Al-Hikmah, Senin (29/7/2024).

Ustadz Das'ad Latif kemudian mengisahkan Sahabat Ali bin Abi Thalib ketika ditanya Rasulullah SAW. 

"Ya Ali, kalau kamu diberikan pilihan antara ilmu dan harta, kamu pilih mana?" tanya Rasulullah SAW, dikisahkan Ustadz Das'ad Latif.

Sayyidina Ali bin Abi Thalib memilih ilmu. Sebab, ada tiga kelebihan ilmu dibanding harta.

"Yang pertama kata (Sayyidina) Ali, harta setengah mati kamu jaga, sementara ilmu dia yang menjaga kamu. Kedua, dengan ilmu kau akan mendapatkan harta, dengan harta kamu belum tentu mendapatkan ilmu,” terangnya. 

Ketiga, lanjutnya, harta jika dikasih ke orang akan berkurang, sedangkan ilmu dibagikan ke orang lain malah bertambah.

Kemudian Ustadz Das’ad Latif mengutip potongan ayat ke- 11 surah Al Mujadalah.

...Yarfa‘illâhulladzîna âmanû mingkum walladzîna ûtul-‘ilma darajât…

Artinya: "...Allah niscaya akan mengangkat orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat…”

Nabi SAW menjelaskan dalam hadis berikut.

مَنْ أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِاْلعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَ الآخِرَهَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ باِلعِلْمِ

Artinya: “Barang siapa menginginkan kebaikan di dunia ini, hendaklah ia mencapainya dengan ilmu. Barang siapa menginginkan kebaikan di akhirat, maka ia harus mencapainya dengan ilmu. Dan barangsiapa menginginkan keduanya, hendaklah mencari ilmu.” (HR Thabrani).

3 dari 4 halaman

2. Berbuat Baik kepada Orang Tua

Kunci sukses yang kedua menurut Ustadz Das'ad Latif adalah "birrul walidain" yaitu berbuat baik kepada orang tua.

"Kalau kalian mau sukses, maka muliakan orang tuamu. Demi Allah tidak ada orang yang sengsara kalau dia memuliakan orang tuanya," katanya.

Kemudian Ustadz Das'ad Latif mengutip hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan At-Tirmidzi.

رِضَا اللَّهِ فِي رِضَا الْوَالِدَيْنِ، وَسَخَطُ اللَّهِ فِي سَخَطِ الْوَالِدَيْنِ

Artinya: “Ridha Allah ada pada ridha kedua orang tua dan murka Allah ada  pada murka kedua orang tua.”

4 dari 4 halaman

3. Menyambung Silaturahmi

Kunci sukses yang ketiga ialah menyambung silaturahmi. Ia mengutip perkataan Nabi SAW, “Siilu arham” yang artinya sambungkan persaudaraan.

Ustad Das'ad Latif juga mengutip firman Allah dalam potongan ayat 103 surah Ali Imran.

وَاعْتَصِمُوْا بِحَبْلِ اللّٰهِ جَمِيْعًا وَّلَا تَفَرَّقُوْاۖ 

Artinya: "Berpegangteguhlah kamu semuanya pada tali (agama) Allah, janganlah bercerai berai…"

4. Bersedekah

"Kunci sukses yang keempat  ialah memberi makan kepada orang fakir miskin (bersedekah)," lanjut Ustadz Das'ad Latif.

5. Sholat Tahajud

Kunci sukses yang kelima adalah sholat tahajud. “Bangunlah sepertiga malammu untuk sholat tahajud,” pesan Ustadz Das'ad Latif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.