Sukses

Gus Baha Ungkap Cara Mudah Meredam Kemarahan Para Malaikat, Apa Itu?

Gus Baha ijazahkan amalan untuk meredam kemarahan malakat.

Liputan6.com, Cilacap - Malaikat adalah makhluk Allah SWT yang terbuat dari nur atau cahaya yang memiliki kedudukan dan tugas-tugas tertentu sesuai perintah Allah SWT.

Perihal malaikat, terdapat ulasan Gus Baha, ulama asal Rembang yang sangat menarik untuk disimak, yakni cara meredam kemarahan malaikat.

Murid Mbah Moen ini membeberkan amalan yang tergolong cukup mudah jika seseorang memiliki keinginan yang kuat untuk melakukannya.

Lantas, amalan apa yang diijazahkan Gus Baha yang faidahnya untuk meredam kemarahan malaikat ini?

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Amalan untuk Meredam Kemarahan Malaikat

Amalan yang diijazahkan Gus Baha untuk meredam kemarahan para Malaikat ialah surah Tabaraq (Al-Mulk--pen) Utamanya ialah hafal seluruh surah-surah Al-Qur'an yang jumlahnya 144 Surah.

“Untuk meredam kemarahan Malaikat, niku hafal surah Tabarak, syukur-syukur hafal 114 surat, itu berlaku untuk semua malaikat” katanya dikutip dari tayangan YouTube @alqolbumutayyam89, Selasa (30/07/2024).

Gus Baha juga membeberkan penyebab mengapa surah-surah Al-Qur'an mampu meredam kemarahan malaikat. Alasannya ialah karena malaikat juga terkena hukum fikih sebagaimana manusia.

Saat manusia diharamkan berbuat dzolim kepada para penghafal Al-Qur'an, demikian juga dengan para Malaikat.

“Cukup hafal Tabaraq. Adatnya orang-orang Jawa, selain hafal Yasin itu hafal Surah Tabarok. Nah saya itu lama sekali mempelajari bab ini, ternyata di antara pokoknya itu satu, karena malaikat itu kena aturan fikih,” paparnya.

“Jika orang hafal Al-Quran itu haram didzalimi, kita haram menghinakan, maka malaikat juga kena aturan tidak boleh menghinakan orang yang hafal Quran,"sambungnya.

3 dari 3 halaman

Tidak Harus Hafal Seuruh Surah-surah Al-Qur'an

Alumnus Ponpes Al-Anwar Sarang, Rembang ini menjelaskan perihal hadis-hadis yang terkait hal ini bahwa yang dimaksud ialah tidak harus hafal seluruh surah-surah Al-Qur'an. Namun cukup hafal beberapa surah Al-Qur'an saja seperti surah Tabarok (Al-Mulk), Waqi'ah dan lain sebagainya.

“Dan Alhamdulillah di banyak surahul hadis, hafal Quran itu maknanya tidak harus hafal semuanya, orang boleh hanya hafal Tabarok, boleh hanya hafal Waqiah,” jelasnya.

“Itu kalau kamu hafal betul surat ini, juga bisa berdiri sendiri mensyafaati anda," Sambungnya

"Makanya akhirnya semua ulama ijmak yang bisa mensyafaati itu adalah satu Quran, dua Rasulullah SAW, ketiga orang-orang sholeh," tandasnya.

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.