Sukses

Jika Ingin Allah Bereskan Segala Urusanmu, Cukup Lakukan Ini Kata Syekh Ali Jaber

Syekh Ali Jaber menuturkan, jika ingin Allah bereskan segala urusan setiap muslim, maka lakukanlah tugas seorang hamba yaitu beribadah kepada-Nya. Dengan demikian, niscaya Allah akan permudah segala urusannya.

Liputan6.com, Jakarta - Ulama asal Madinah yang sering berdakwah di Indonesia, Syekh Ali Jaber kerap memberi nasihat-nasihat penuh hikmah di setiap ceramahnya. Salah satunya adalah agar dimudahkan segala urusan dunia.

Syekh Ali Jaber mengatakan, sebenarnya mudah bagi Allah untuk membereskan segala urusan setiap hamba-Nya. Namun tanpa usaha, nihil terjadi. Ikhtiar tidak hanya soal bekerja, tapi juga dengan cara-cara spiritual.

Syekh Ali Jaber menuturkan, jika ingin Allah bereskan segala urusan setiap muslim, maka lakukanlah tugas seorang hamba yaitu beribadah kepada-Nya. Dengan demikian, niscaya Allah akan permudah segala urusannya.

“Kita hidup di dunia ini memiliki tugas mendekatkan diri kepada Allah (ibadah), tidak ada yang lain. Ini tugas utama. Fokus pada tugas utamamu, bereskan tugas utamamu, maka semua urusanmu beres,” tutur Syekh Ali Jaber, dikutip dari YouTube Muslim-Saluran Dakwah, Rabu (31/7/2024).

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cari Nafkah Hanya Tugas Sampingan

Menurut Syekh Ali Jaber, mencari nafkah, mencari rezeki, sampai mencari pekerjaan hanya tugas sampingan seorang manusia, bukan tugas utamanya.

“Tugas utama fokus ibadah kepada Allah. Tunaikan kewajibanmu kepada Allah,” katanya.

Syekh Ali Jaber memberi contoh seorang muslim yang bersungguh-sungguh dalam beribadah. Misalnya, saat waktu sholat tiba maka tinggalkan pekerjaan yang dilakukan, kemudian tunjukkan yang terbaik dalam sholat.

“Sekarang pertanyaan saya, kira-kira pernah gak berupaya, misal satu minggu lah, saya mau satu minggu ini mau datang ke masjid tapi sebelum adzan? Coba saja satu minggu,” tuturnya.

“Maksud saya apa, supaya bapak ibu kenal diri sejauh mana saya bisa melakukan yang terbaik. Paling tidak saya mau datang ke masjid tapi insya Allah tidak boleh terlewat takbir pertama sama imam, itu paling tidak,” jelas Syekh Ali Jaber.

Ia menambahkan, keutamaan sholat di shaf pertama dan mendapat takbir bersama imam sangat luar biasa. Bahkan, Rasulullah SAW mendoakan orang-orang di shaf pertama agar mendapat rahmat Allah SWT.

3 dari 3 halaman

Memberi yang Terbaik kepada Allah

“Makanya kalau kita ingin diberi oleh Allah yang terbaik, bahagia yang terbaik, sehat yang terbaik, berkah rezeki yang terbaik, keturunan yang terbaik, kita juga harus punya tugas memberi yang terbaik kepada Allah SWT,” kata Syekh Ali Jaber.

Tak hanya sholat fardhu tepat waktu berjemaah di masjid, tapi memberi yang terbaik kepada Allah SWT bisa ditambahkan dengan sholat-sholat sunnah seperti Tahajud, Rawatib, Dhuha, dan amalan sunnah lainnya.

“Supaya apa? Allah membalas yang lebih baik, dan kita yakini Allah tidak akan membalas yang sama, tapi justru Allah akan membalas yang lebih,” pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.