Sukses

Tak Usah Risau, Ini 8 Cara Ampuh Mendapatkan Rezeki Perspektif Al-Qur’an

Masalah rezeki tidak perlu dirisaukan. kewajiban kita hanya berikhtiar dan berdoa. Tak lupa juga mengetahui cara mendapatkannya sebagaimana keterangan Al-Qur'an

Liputan6.com, Cilacap - Risau akan masalah rezeki kerap menghinggapi banyak orang. Perasaan was-was akan masa depannya membuat kehidupan jadi tidak nyaman.

Sejatinya, masalah rezeki itu merupakan salah satu hal yang telah ditetapkan oleh Allah SWT, di samping masalah jodoh dan batas umur. Rasulullah SAW bersabda:

عَنْ أَبِيْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَبْدِ الله ابْنِ مَسْعُوْدٍ رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ حَدَّثَنَا رَسُوْلُ الله صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الصَّادِقُ الْمَصْدُوْقُ: إِنَّ أَحَدَكُمْ يُجْمَعُ خَلْقُهُ فِيْ بَطْنِ أُمِّهِ أَرْبَعِيْنَ يَوْمًا نُطْفَةً ثُمَّ يَكُوْنُ عَلَقَةً مِثْلَ ذَلِكَ ثُمَّ يَكُوْنُ مُضْغَةً مِثْلَ ذَلِكَ ثُمّ يُرْسَلُ إِلَيْهِ الْمَلَكُ فَيَنْفُخُ فِيْهِ الرُّوْحَ وَيُؤْمَرُ بِأَرْبَعِ كَلِمَاتٍ بِكَتْبِ رِزْقِهِ وَأَجَلِهِ وَعَمَلِهِ وَشَقِيٌّ أَوْ سَعِيْدٌ

Diriwayatkan dari bapak Abdir Rahman, yaitu Abdullah bin Mas'ud ra. Katanya: Telah menceriterakan kepada kami Rasulullah saw. orang yang selalu benar dan dibenar kan, sesungguhnya salah seorang dari kamu sekalian dikumpulkan kejadiannya dalam perut ibunya selama empat pulah hari berupa air mani. Kemudian menjadi segumpal darah dalam waktu empat puluh hari. Kemudian menjadi segumpal daging dalam waktu empat puluh hari. Lalu diutus seorang malaikat kepada janin tersebut dan ditiupkan ruh kepadanya dan malaikat tersebut diperintahkan untuk menuliskan empat perkara, yaitu: menulis rizkinya, batas umur-nya, pekerjaannya dan kecelakaan atau kebahagiaan hidupnya.

Dengan demikian tentu saja kita tidak perlu merasa risau akan rezeki. Meski demikian diperlukan juga ikhtiar untuk mencari rezeki seperti bekerja dan berdoa. Selain itu perlu juga mengetahui 8 cara mendapatkan rezeki berdasarkan keterangan Al-Qur’an.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Mendapatkan Rezeki (1-4)

Menukil laman alazharpeduli.or.id, mendapatkan rezeki bisa dengan berbagai cara. Bahkan Allah memiliki banyak sekali pintu rezeki. Semua tergantung bagaimana cara kita mampu membuka pintu rezeki tersebut. Inilah delapan jalan rezeki yan ada dalam Al-Qur’an, simak penjelasannya!

1. Rezeki yang telah dijamin

Jangan takut untuk tidak mendapatkan rezeki, karena Allah sudah berjanji bahwa setiap makhluk yang ada di bumi sudah dijamin rezekinya. Sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an surah Hud ayat 6, “Dan tidak satupun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya.” (Q.S Hud: 6).

2. Rezeki karena rasa syukur

Sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an surah Ibrahim ayat 7, “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” (Q.S Ibrahim: 7).

3. Rezeki karena menikah

Sebagaimana yang dijelaskan dalam Al-Qur’an surah An-Nur ayat 32, “Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Mahaluas (pemberian-Nya), Maha Mengetahui.” (Q.S An-Nur: 32).

4. Rezeki karena anak

Setiap anak membawa rezekinya masing-masing, maka jangan takut miskin karena hadirnya seorang anak. Sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an surah Al-Isra ayat 31, “Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin. Kamilah yang memberi rezeki kepada mereka dan kepadamu. Membunuh mereka itu sungguh suatu dosa yang besar.” (Q.S Al-Isra: 31).

3 dari 3 halaman

Cara Mendapatkan Rezeki (5-8)

5. Rezeki karena istigfar

Banyak istigfar, banyak rezeki. Sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an surah Nuh ayat 10-12, “Maka Aku berkata (kepada mereka), ‘Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, sungguh Dia Maha Pengampun, niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu, dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu dan mengadakan kebun-kebun untukmu dan mengadakan sungai-sungai untukmu.”(Q.S Nuh: 10-12).

6. Rezeki karena usaha

Sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an surah An-Najm ayat 39-41, “Dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya, dan sesungguhnya usahanya itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya), kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna.” (Q.S An-Najm: 39-41).

7. Rezeki karena sedekah

Sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 245, “Barangsiapa meminjami Allah dengan pinjaman yang baik, maka Allah melipatgandakan ganti kepadanya dengan banyak. Allah menahan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan.” (Q.S Al-Baqarah: 245).

8. Rezeki karena bertakwa

Sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an surah At-Talaq ayat 2-3, “Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya, dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.” (Q.S At-Talaq: 2-3).

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.