Sukses

Fadilah Membaca Ayat Kursi Setelah Sholat, Salah Satunya Jadi Perantara Masuk Surga

Ayat kursi memiliki sejumlah keutamaan dan manfaat. Amalan ini dapat dikerjakan setiap hari terutama setelah melaksanakan sholat.

Liputan6.com, Jakarta - Ayat kursi merupakan salah satu ayat yang familiar bagi umat Islam. Ayat kursi terletak dalam surah Al Baqarah .

Seperti yang diketahui pada umumnya, bahwa ayat kursi memiliki banyak keutamaan dan mafaat. Sehingga, tak heran jika ayat ini sering dibaca dan dihafal oleh banyak orang. 

Keistimewaan ayat kursi ini dijelaskan dalam sebuah tafsir dari Ibnu Katsir yaitu;

“Ayat kursi memiliki kedudukan yang sangat agung. Dalam hadis shahih dari Rasulullah saw disebutkan bahwa ia merupakan ayat teragung yang terdapat dalam Al-Quran.” (Tafsir Al-Qur'an Al-Azhim).

Oleh karena keagungan surah ini, maka umat Islam dianjurkan untuk membacanya di waktu-waktu tertentu terutama setelah sholat. Menukil dari laman merdeka.com, berikut adalah tiga fadilah utama membaca ayat kursi setelah sholat.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bacaan Ayat Kursi

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Alloohu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.

 Artinya: Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mahahidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Mahatinggi, Mahabesar. (QS. Al-Baqarah: 255)

3 dari 3 halaman

Manfaat Membaca Ayat Kursi Setelah Sholat 

Selanjutnya, ini dia beberapa manfaat membaca ayat kuris setelah sholat yang paling utama;

1. Sebagai Perantara Masuk Surga

Manfaat membaca ayat kursi setelah sholat yang pertama adalah sebagai perantara untuk masuk surga. Sangat dianjurkan bagi seluruh umat muslim untuk mengisi hari-hari dengan membaca ayat yang agung ini, terutama setelah sholat.

Hal ini seperti yang dijelaskan dalam sabda Nabi Muhammad saw berikut: “Barangsiapa yang membaca ayat kursi setelah selesai sholat, maka tidak akan ada yang menghalanginya masuk ke surga kecuali kematian.” (HR. An-Nasai dinilai shahih oleh Syaikh Al-Abani).

2. Ayat Paling Agung

Manfaat membaca ayat kursi setelah sholat yang kedua adalah sebab ayat ini merupakan ayat yang paling agung dalam kitab suci Al-Quran. Ayat Kursi dikategorikan sebagai ayat paling agung oleh karena di dalamnya terdapat nama Allah yang paling agung, yaitu Al Hayyu dan Al Qayyum.

Sebagaimana dalam pertanyaan yang diajukan oleh Rasulullah kepada Ubay bin Ka’ab; “Ayat mana yang paling agung dalam kitabullah?” Ubay menjawab, “Ayat kursi.” Maka beliau Shallallahu ‘alaihi wasallam menepuk dada Ubay kemudian berkata, “Wahai Abu Mundzir, semoga engkau berbahagia dengan ilmu yang engkau miliki.” (HR. Muslim).

3. Keagungan di Atas Langit dan Bumi

Manfaat membaca ayat kursi setelah sholat yang ketiga adalah sebab ayat ini memiliki keagungan yang lebih tinggi di atas langit dan bumi. Rasulullah bersabda; “Tidaklah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya Ayat Kursi (karena di dalam ayat tersebut telah mencakup Nama dan Sifat Allah).”

Sufyan ats-Tsauri juga berkata, “Sebab ayat kursi merupakan (salah satu) kalamullah (perkataan Allah), sedangkan kalamullah itu lebih agung dari ciptaan Allah yang berupa langit dan bumi” (HR. At-Tirmidzi).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.