Sukses

7 Tanda Sholat-mu Diganggu Setan, Waspada agar Ibadah Tak Sia-sia

Mencapai khusyuk dalam sholat bukanlah hal yang mudah, sebab ada saja tipu daya setan yang akan menghampiri. Ini tandanya.

Liputan6.com, Jakarta - Sholat merupakan kewajiban setiap muslim. Sholat harus dikerjakan sesuai dengan rukun dan waktu yang telah ditetapkan syariat.

Selain itu, khusyuk juga menjadi bagian yang penting dalam sholat. Akan tetapi, untuk mencapai sholat khusyuk bukan perkara mudah.

Mengapa demikian? Sebab, akan ada saja tindakan atau pikiran yang pada akhirnya mengganggu konsentrasi ketika sholat.

Jika merasakan kesulitan untuk khusyuk dalam sholat, waspadalah sebab hal tersebut merupakan ulah dan tipu daya setan yang hendak menyesatkan.

Lantas, apa saja tanda-tanda sholat diganggu oleh setan? Berikut ulasannya merangkum dari laman merdeka.com.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Was-Was dalam Niat

Tanda sholat diganggu setan yang pertama adalah perasaan was-was dalam niat. Dikutip dari buku Awas, Ada Setan di Rumah Anda! karya Ustaz Ahmad Zacky el-Syafa, perasaan was-was saat sholat adalah tipu daya setan.

Disebutkan, setan akan meniup-niupkan gangguan kepada orang yang tengah takbiratul ihram dan membuatnya merasa ragu.

Biasanya perasaan waswas ini akan muncul dan berlangsung hingga saat sholat. Hal itu membuat orang menjadi ragu terkait dengan ibadahnya yang sedang dijalankan, semisal saja lupa dengan jumlah rakaat dan juga bacaan. Jika mengalami hal ini kamu harus waspada, karena sebenarnya setan tengah bersamamu dan sedang menggoda.

2. Tidak menghayati bacaan sholat

Tanda sholat diganggu setan yang kedua adalah tidak bisa menghayati bacaannya. Menurut Ahmad Zacky el-Syafa, kondisi ini diibaratkan seperti orang yang mengigau ketika tidur. Di mana ia memang berkata-kata, berteriak-teriak, namun ketika bangun dan ditanya tentang apa saja yang dibacanya jawabannya adalah tidak tahu.

3 dari 4 halaman

3. Ragu Ingin Buang Angin atau Kentut

Tanda sholat diganggu setan yang ketiga adalah perasaan ingin buang angin atau kentut. Saat berada di tengah sholat tiba-tiba terasa seperti ingin buang angin, akan muncul sebuah perasaan ragu apakah ingin buang angin atau tidak. Hal itu merupakan sebuah gangguan yang dilakukan oleh setan untuk mengacaukan ibadah sholat seseorang.

4. Suka menoleh saat sholat

Suka menoleh saat sedang sholat juga merupakan tanda digangguu setan. Menurut Imam Abu Wafa dalam buku Panduan Sholat Rosulullah 2, menoleh saat sholat juga termasuk dalam gangguan setan. Menoleh yang dimaksud seperti melihat-lihat ke atasp masjid atau menoleh ke kanan dan ke kiri.

Rasulullah SAW dalam hadisnya menyebut bahwa sholat yang seperti ini sudah dicuri oleh setan,

هُوَ اخْتِلَاسُ يَخْتَلِسُهُ الشَّيْطَانُ مِنْ صَلَاةِ الْعَبْدِ

Artinya: "Ini adalah hasil curian yang dicuri oleh setan dari sholat seorang hamba." (HR. Bukhari)

4 dari 4 halaman

5. Sholat Tergesa-gesa

Tanda sholat diganggu setan yang kelima adalah melaksanakannya dengan tergesa-gesa. Biasanya karena ingin mengerjakan hal yang lain, seseorang lantas menunaikan salatnya dengan cepat dan tergesa-gesa. Hal ini sebaiknya harus diwaspadai dan dihindari, karena sebenarnya tanda ini memberitahukan jika setan sedang bersama Anda.

6. Lupa jumlah rakaat

Tanda salat diganggu setan yang lainnya adalah membuat seseorang tidak ingat jumlah rakaat sholat yang telah atau sedang dikerjakan.

Kondisi semacam ini umum terjadi ketika seseorang mengerjakan salat munfarid, terlebih ketika sholat Zuhur dan Ashar.

7. Tidak fokus pada sholatnya

Tidak fokus dalam melaksanakan sholat juga menjadi salah satu tanda salat diganggu setan. Contohnya handphone berbunyi, melihat ke sana kemari, memikirkan kendaraan yang sedang diparkir karena takut hilang, dan masih banyak lagi hal lainnya.

Tidak fokus dapat mencuri perhatian seseorang saat sholat sehingga ibadahnya tidak menjadi khusyuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.