Sukses

Jangan Balas Dendam, Baca Doa Ini ketika Hati Tersakiti, Dahsyat!

Tak ada manusia yang luput dari kesalahan. Seburuk apapun perlakuan orang lain terhadap kita baik disengaja ataupun tidak, seharusnya tetap mendoakan kebaikan untuk mereka. Berikut bacaan doanya.

Liputan6.com, Jakarta - Manusia adalah makhluk sosial sehingga saling membutuhkan satu dengan lainnya. Dalam kehidupan sosial sehari-hari tentunya tak ada yang terlepas dari salah dan khilaf.

Barangkali kita pernah merasa tersakiti oleh tindakan maupun ucapan orang lain sehingga berniat untuk balas dendam. Namun, Islam tidak mengajarkan hal demikian.

Ketika hati tersulut emosi maka dari sanalah sumber masalah sebenarnya yang membuat setan akan semakin mudah untuk menghasut pikiran. Sehingga berakibat pada hal yang lebih buruk lagi.

Rasulullah SAW telah menganjurkan kepada umatnya agar tetap mendoakan kebaikan untuk mereka. Melalui doa tersebut diharapkan akan menjadi pintu hidayah dan kesadaran bagi mereka yang telah menyakiti kita.

Jika Anda sedang merasa tersakiti atau bahkan tidak sengaja menyakiti hati orang lain, maka hendaknya dapat membaca doa-doa berikut ini sebagaimana dikutip dari laman dream.co.id.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Doa untuk Orang yang Menyakiti Hati

Doa untuk orang yang menyakiti hati kita dapat dilantunkan apabila kamu sedang merasa tersakiti oleh perilaku, sikap maupun ucapan orang lain. Saat berasa dalam kondisi tersakiti, berikut bacaan doa untuk orang yang menyakiti hati kita:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthmainnatan tu'minu biliqaa-ika wa tardha biqadha-ika wa taqna’u bi ‘athaika.

Artinya: "Ya Allah aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu yang yakin akan bertemu dengan-Mu, yang ridho dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu.”

3 dari 5 halaman

Doa Orang Tersakiti agar Diberi Ganti yang Lebih Baik

اللَّهُمَّ أجِرْنِي فِي مُصِيبَتي وأَخْلِفْ لِي خَيْراً مِنْها

Allahumma ajurni fi mushibati wa akhlifi khaira minha.

Artinya: "Ya Allah, berilah aku pahala dalam musibahku ini dan berilah ganti yang lebih baik daripadanya.”

4 dari 5 halaman

Doa Mohon Ampun Karena Khilaf telah Menyakiti Orang Lain

Tak hanya membaca doa untuk orang yang menyakiti hati kita, apabila Anda secara tak sengaja telah menyakiti orang lain, maka ada doa yang bisa kamu panjatkan. Begini bacaan doanya:

اَللَّهُمَّ اِنَّمَا اَنَا بَشَرٌ فَلاَ تُعَذِّبْنِيْ لِشَتْمِ رَجُلٍ شَتَمْتُهُ اَوْ اَذَيْتُهُ

Allahumma innama ana basyarun fala tu'adzdzibni lisyatmi rajulin syatamtuhu aw adzaituhu.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku hanya manusia, maka janan Engkau siksa aku karena mencela atau menyakiti seseorang."

5 dari 5 halaman

Doa Agar Lisan Terjaga dari Ucapan yang Menyakiti Hati

Penting bagi kita untuk menjaga lisan supaya tidak menyakiti hati orang lain. Sebagi Muslim perlu meminta pertolongan kepada Allah SWT supaya diberi hidayah dan kekuatan untuk menjaga lisan. Salah satunya dengan membaca doa supaya lisan terjaga dari ucapan yang menyakiti orang lain. Doa ini disebutkan oleh Syekh Abdul Fattah Abu Ghuddah dalam kitab Risâlah al-Mustarsyidîn.

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ صَمْتِي فِكْراً وَنُطْقِي ذِكْراً

Allâhumma-j‘al shamtî fikran wa nuthqî dzikran

Artinya: “Wahai Allah, jadikanlah diamku berpikir, dan bicaraku berdzkir.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.